Era New Normal, Kombinasi Makanan Sehat Ini Dapat Tingkatkan Imunitas Anak!

Era New Normal, Kombinasi Makanan Sehat Ini Dapat Tingkatkan Imunitas Anak!

Sistem imunitas tubuh merupakan sistem pertahanan atau kekebalan tubuh yang memiliki peran dalam melawan sel- sel asing yang masuk ke dalam tubuh dan dapat menyebabkan penyakit. Imunitas tubuh wajib dijaga, terutama selama pandemi Covid-19, karena imunitas merupakan perlindungan utama bagi tubuh.

Di fase new normal ini, anak- anak juga harus dijaga daya tahan tubuhnya. Apalagi, imunitas anak masih belum terbentuk secara sempurna, sehingga mereka lebih rentan terserang penyakit.

Untuk memiliki sistem imunitas yang baik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Bahkan, kandungan gizi dan nutrisi dalam makanan sehat untuk anak sudah terbukti lho dapat memberikan manfaat lebih optimal jika dikombinasikan dengan makanan lainnya.

Kombinasi yang tepat antara dua makanan sehat dapat saling melengkapi dan meningkatkan penyerapan nutrisi, meningkatkan daya tahan tubuh, mengoptimalkan metabolisme tubuh si kecil, serta membantu proses pertumbuhan anak.

Kira- kira, kombinasi makanan sehat apa saja yang dapat meningkatkan imunitas anak terutama di fase new normal? Berikut ini ulasannya.

 

Era New Normal, Kombinasi Makanan Sehat Ini Dapat Tingkatkan Imunitas Anak!

Credit: 3wnews.org

Minyak Zaitun dan Sayuran

Sayuran yang mengandung berbagai jenis vitamin mulai dari vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K, termasuk dalam jenis vitamin larut lemak. Artinya, sayuran ini perlu dikonsumsi bersamaan dengan lemak sehingga dapat diserap lebih baik.

Kamu dapat mengombinasikan sayuran yang mengandung berbagai vitamin tersebut dengan minyak zaitun. Selain dapat mengoptimalkan penyerapan vitamin, minyak zaitun juga dapat memberikan asupan lemak sehat bagi si kecil.

Rosemary dan Daging

Daging merupakan sumber protein dan zat besi yang dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dipanggang dan dibakar. Tetapi, memasak daging dengan dipanggang atau dibakar pada suhu tinggi dapat mengakibatkan terbentuknya senyawa pemicu kanker atau heterocyclic amines (HCAs).

Namun, sebuah studi dari National Institutes of Health mengungkapkan bahwa jika daging dimarinasi dengan rosemary setidaknya satu jam sebelum dipanggang, maka pembentukan senyawa tersebut dapat berkurang hingga 88%.

Telur dan Sayuran

Salah satu makanan sehat sederhana yang dapat menjaga daya tahan tubuh si kecil adalah kombinasi telur dan sayuran.

Menurut penelitian yang dirilis oleh The American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa jika lemak yang ada dalam kuning telur dapat meningkatkan penyerapakan karotenoid yang terkandung dalam sayuran berwarna.

Karotenoid merupakan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Era New Normal, Kombinasi Makanan Sehat Ini Dapat Tingkatkan Imunitas Anak!

Credit: soscuisine.com

Sarden dan Bayam

Sarden adalah ikan berlemak yang kaya akan kandungan vitamin D, sementara bayam mengandung magnesium. Kombinasi makanan sehat ini dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh, serta dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker usus besar.

Alpukat dan Roti Gandum

Rasa yang nikmat dari perpaduan roti gandum dan alpukat memang bisa jadi pilihan makanan atau camilan sehat untuk si kecil.

Lemak sehat yang ada dalam alpukat dapat membantu proses metabolisme karbohidrat dari roti gandum, sehingga kandungan gulanya dapat diserap oleh tubuh. Ini artinya, anak dapat merasa kenyang lebih lama dan mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah.

Apel dan Selai Kacang

Kombinasi apel dan selai kacang memang cocok disajikan sebagai makanan ringan sehat untuk anak, apalagi setelah ia beraktivitas seharian. Kombinasi makanan sehat ini dapat membantu mengganjal perut serta memberikan energi ekstra.

Selain apel dan selai kacang, kamu juga bisa kombinasikan yogurt dan buah, keju dan biscuit gandum, serta wortel dan hummus. Kombinasi makanan ini juga memiliki manfaat yang sama, lho.

Nah, selain dari kombinasi makanan sehat di atas, agar daya tahan tubuh si kecil dapat terjaga secara optimal, kamu bisa melengkapi gizi dan nutrisinya dengan memberikan Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup mengandung vitamin lengkap seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12) Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide dan Panthenol.

Sejumlah kandungan tersebut dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan si kecil, membantunya tetap aktif, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta menjaga daya tahan tubuh anak biar ngga gampang sakit!

 

Featured Image - schaer.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!