Ketahui 5 Bahasa Tubuh yang Dapat Bantu Tingkatkan Rasa Percaya Dirimu!

Ketahui 5 Bahasa Tubuh yang Dapat Bantu Tingkatkan Rasa Percaya Dirimu!

font size A Ǎ

Sebagian dari kamu mungkin seringkali merasa kurang percaya diri. Bahkan, mungkin saja ada yang sangat pemalu, terutama jika berada di tempat umum. Sebenarnya, ada berbagai penyebab mengapa kamu merasa kurang percaya diri, seperti kuranginya mengapresiasi diri sendiri, terlalu sering berpikiran negatif, pengaruh dari lingkungan sekitar, hingga adanya pengalaman hidup tertentu yang membuat percaya diri menurun.

Tapi, kamu tak usah khawatir! Ada lho sejumlah bahasa tubuh yang dapat membantumu terlihat lebih percaya diri. Apa saja bahasa tubuh tersebut? Berikut ulasannya.

 

Ketahui 5 Bahasa Tubuh yang Dapat Bantu Tingkatkan Rasa Percaya Dirimu!

Credit: accountingweb.co.uk

Usahakan Untuk Murah Senyum

Saat kamu lebih sering tersenyum, orang di sekitarmu akan merasa lebih nyaman untuk bergaul denganmu. Sehingga, kamu jadi lebih mudah akrab dengan banyak orang dan membantumu merasa lebih percaya diri karena punya banyak relasi.

Selain dengan orang yang ada di sekitarmu, murah senyum saat sedang public speaking juga dapat membuatmu dinilai sebagai individu yang ceria dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Berdiri Tegak

Berdiri tegak seringkali jadi salah satu indikasi orang yang memiliki rasa percaya diri. Dengan berdiri tegak, kamu bisa terlihat sebagai seseorang yang berwibawa dan percaya diri. Dan orang- orang juga bisa menganggapmu demikian.

Berdiri tegak boleh saja, tapi jangan sampai terlalu kaku ya! Lakukan langkah ini senatural mungkin.

Hindari Berbicara Terlalu Cepat

Nah, poin yang satu ini wajib kamu perhatikan ya. Berbicara terlalu cepat dapat membingungkan lawan bicaramu dan membuatmu terlihat terlalu memikirkan kalimat yang akan kamu ucapkan. Kalau sudah begini, orang pasti mengira kamu kurang percaya diri!

Coba deh untuk berbicara dengan ritme yang santai dan tegas, sehingga lawan bicara juga senang dengan pembawaanmu.

Ketahui 5 Bahasa Tubuh yang Dapat Bantu Tingkatkan Rasa Percaya Dirimu!

Credit: themuse.com

Gunakan Gestur Tangan

Ketika sedang berbicara di depan publik, kamu dapat menggunakan gestur atau gerakan tangan sederhana. Ketika kamu menggerakkan tangamu, orang- orang akan lebih tertarik dengan hal yang kamu bicarakan, ketimbang ketika kamu berdiam diri. Tak hanya itu, kamu juga bisa terlihat lebih percaya diri.

Melakukan gerakan tangan saat public speaking memang sih tidak mudah. Untuk itu, kamu bisa mulai latihan sendiri di rumah. Meskipun awalnya terasa tak nyaman, tapi hal ini akan berubah saat kamu sudah terbiasa kok.

Hindari Mengangkat Dagu Terlalu Tinggi

Usahakan untuk tidak mengangkat dagumu terlalu tinggi saat berbicara. Karena, hal ini dapat membuatmu terlihat angkuh dan seperti kurang percaya diri.

Bahkan, lawan bicaramu merasa kamu sombong jika kamu terlalu sering mengangkat dagu ketika berbicara dengan mereka. Jadi, usahakan untuk rileks ya, apalagi ketika kamu berbicara dengan orang yang kamu segani.

Nah, itu dia kelima bahasa tubuh yang dapat membantumu merasa lebih percaya diri. Selain bahasa tubuh, kamu juga bisa lho melakukan evaluasi diri, memberi apresiasi pada diri sendiri, berpikir positif, berani mengambil risiko, hingga selalu bersyukur agar kamu dapat merasa semakin percaya diri.

 

Featured Image - thebalancecareers.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!