Kenali 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Networking dan Cara Menghindarinya!

Kenali 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Networking dan Cara Menghindarinya!

Tidak hanya membutuhkan keterbukaan dan cara-cara sosialisasi yang baik, ada beberapa hal yang mesti kamu hindari dalam membangun networking di dunia pekerjaan. Hal ini agar kamu menjalin relasi yang sama-sama menguntungkan.

Dinamika dunia pekerjaan adalah sebuah hal yang memerlukan pemahaman yang komprehensif. Terlebih jika sudah termasuk dengan networking, kamu mesti memerhatikan beberapa hal ini karena dinilai menjadi kesalahan umum yang sering dilakukan.

 

 

Agar tidak terjadi kesalahpahaman di dunia kerja yang kompleks ini, kamu mesti mengetahui beberapa hal ini termasuk bagaimana cara menghindarinya. Penasaran apa saja kesalahan umum tersebut dan bagaimana cara menghindarinya? Sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

5 Kesalahan Umum di Networking

Kenali 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Networking dan Cara Menghindarinya!

credit image: theladders.com

 

Menyapa Jika Hanya Butuh Bantuan

Tidak bisa sih kamu selalu bersikap oportunis yang hanya menyapa jika memerlukan bantuan. Hal ini tidak baik, karena relasi mu bisa jadi tidak bertahan lama. Hal ini dikarenakan orang yang kamu mintai tolong tentu akan merasa jengkel karena kamu menyapa jika hanya butuh bantuan saja.

Hasilnya, orang-orang yang kamu perlakukan seperti itu tentu akan membuat mereka enggan untuk bekerja sama dengan mu lagi. Kamu juga bisa dinilai sebagai orang yang menyebalkan. Oleh karena itu, butuh atau tidak butuh bantuan, kamu bisa menyapa, mengajak ngobrol sampai diskusi agar orang tersebut merasa dihargai dan dihormati.

 

Tidak Aktif di Media Sosial

Tapi tidak jadi akun yang rewel, sih. Dunia maya, internet dan media sosial menjadi berbagai hal yang penting untuk networking yang kamu bangun. Di media sosial, tidak apa-apa, lho untuk sesekali meninggalkan komentar di laman profil kolega atau klien.

Hal ini menunjukan kalau kamu peduli dengan mereka. Jika mereka melihat mu jarang aktif, kamu akan dinilai sebagai orang yang tidak aktif untuk memelihara networking walau di internet atau media sosial sekali pun.

 

Menolak Untuk Membantu

Membantu tidak hanya karena diiming-imingi balasan saja, ya. Kamu juga mesti peka untuk membantu secara sukarela. Dalam dunia networking, saling tolong-menolong adalah hal yang wajib kamu lakukan jika ingin relasi kamu kuat.

Jangan berpura-pura untuk tidak tahu atau berpura-pura sibuk ketika dimintai pertolongan. Kalau kamu bisa, kamu mesti tolong tanpa pamrih.

 

Hanya Bantu yang Kenal Saja

Sebaiknya sih jika ingin membantu, kamu bisa bantu siapapun yang memerlukan bantuan. Jangan hanya yang dikenal saja kamu bantu, jika kamu bisa bantu mereka yang tidak kamu kenal, bisa jadi malah jadi kenalan baru dan menjadi teman baru yang menguatkan relasi kamu.

 

Melupakan Atasan dan Kawan Lama

Walau kamu sudah pindah ke kantor baru – tidak mesti atasan dan kawan lama kamu dilupakan begitu saja ya. Kamu tetap bisa menjalin silahturahmi di luar hubungan kolega kantor seperti teman main atau teman tongkrongan. Siapa tahu tetap ada proyek bisa kamu kerjakan bersama, nih!

 

 

Nah dari lima hal di atas – apakah kamu sudah paham semua? Jika iya, jangan lupa kamu hindari lima hal di atas ya. Jika kamu tetap lakukan, dikhawatirkan relasi yang sudah kamu bangun dan jaga malah nanti tidak karuan.

 

Feature Image – forbes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!