Selama pandemi Covid-19, ada banyak rencana yang akhirnya harus ditunda, mulai dari rencana liburan, pulang kampung saat lebaran, dan rencana berkumpul dengan teman- teman. Kegiatan tersebut terpaksa ditunda untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Namun, saat ini kita sedang menjalani masa transisi new normal, berbagai aktivitas dan kegiatan sudah boleh kembali dilakukan, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan.

Di new normal ini, apakah kamu termasuk yang sudah tidak sabar ingin bertemu dan berkumpul dengan keluarga atau teman? Dilansir dari popmama.com, berikut ini 6 hal yang wajib kamu perhatikan saat akan berkumpul dengan teman.

Credit: recorder.com

Pilih Teman yang Bisa Kamu Anggap Aman

Jika kamu ingin berkumpul dengan teman, pilihlah yang terlihat dan bisa menerapkan protokol kesehatan secara maksimal. Terutama, ketika mereka terus berada di rumah selama masa PSBB, maka kemungkinan terpapar kecil lebih rendah.

Pilih Tempat yang Tidak Begitu Ramai

Meskipun mall dan beberapa restoran sudah mulai dibuka, tapi kamu tetap harus menghindari bertemu di tempat yang ramai.

Usahakan bertemu di tempat yang tidak begitu ramai, sehingga kamu bisa tetap menerapkan physical distancing. Misalnya, kamu bisa mengusulkan piknik di lokasi outdoor seperti taman yang tidak begitu ramai.

Dengan begitu, momen bertemu dengan teman bisa tetap asyik dan aman.

Hindari Bertemu Di Rumah yang Ada Orang Tua atau Anak Kecil

Salah satu alternatif tempat berkumpul yang dinilai lebih aman adalah di rumah. Namun, perhatikan kembali ya siapa saja yang tinggal di rumah tersebut. Hindari mengunjungi rumah yang ada orang tua atau anak kecil.

Agar lebih aman, kamu bisa memilih rumah yang memiliki area halaman luas, atau yang dekat dengan taman komplek. Jadi, kamu bisa bertemu di area taman dan tetap menerapkan physical distancing.

Terapkan Physical Distancing

Penularan Covid-19 dapat dikurangi dengan menerapkan physical distancing atau jarak aman minimal 1 meter dari orang lain.

Mungkin, kamu ingin memeluk atau berdekatan dengan teman- temanmu. Tapi, percayalah kalau kamu menahan keinginan tersebut, ini dapat tetap menjaga keamanan dan kesehatanmu. Mengobrol dengan jarak aman bisa tetap terasa menyenangkan dan mengobati kerinduan setelah berbulan- bulan tidak bertemu kok!

Credit: utoronto.ca

Hindari Melakukan Kontak Fisik

Seperti yang sudah diketahui, virus corona menular melalui droplets yang dikeluarkan ketika seseorang yang sudah terinfeksi bersin atau batuk. Selain dari batuk dan bersin, droplets yang mengandung virus juga bisa menempel pada benda yang kemudian dipegang oleh orang lain.

Oleh karena itu, penting sekali untuk meminimalisir sentuhan langsung saat ingin bertemu dengan teman di masa new normal ini. Kamu bisa mengganti pelukan atau ciuman pipi dengan lambaian tangan.

Hindari Berbagi Makanan dan Minuman

Dan yang paling penting adalah hindari berbagi makanan dan minuman. Covid-19 dapat masuk melalui hidung, mulut, dan mata. Dengan berbagi makanan dan minuman, ini dapat meningkatkan risiko penularan.

Jika kamu bertemu di tempat umum seperti kafe, kamu bisa memesan makanan dan minuman masing- masing. Sedangkan jika bertemu di rumah, pastikan kamu memegang gelas atau alat makan sendiri ya. Jangan sampai tertukar.

Itu dia keenam cara aman jika ingin bertemu teman di masa new normal ini. Coba terapkan kiat- kiat di atas ya agar kesehatanmu dan orang- orang terdekatmu dapat tetap terjaga!

 

Featured Image - thenewdaily.com.au

Source - popmama.com