Beberapa Hal yang Mesti Diperhatikan Sebelum Staycation di Fase New Normal

Beberapa Hal yang Mesti Diperhatikan Sebelum Staycation di Fase New Normal

font size A Ǎ

Saat ini, pemerintah sudah mulai membuka kembali perjalanan wisata, sehingga kamu sudah bisa kembali traveling, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Meskipun kamu sangat penat dan merasa stres setelah hampir tiga bulan karantina mandiri, tapi sebaiknya kamu tak melakukan perjalanan yang kurang penting sebelum pandemi Covid-19 benar- benar berakhir.

Kamu tak perlu ke luar kota atau ke luar negeri untuk melepas penat, karena di dalam kota kamu masih bisa berwisata dengan cara staycation atau bermalam singkat di penginapan.

Untuk kamu yang ingin melakukan staycation selama pandemi, berikut sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan:

 

Beberapa Hal yang Mesti Diperhatikan Sebelum Staycation di Fase New Normal

Credit: travel.tribunnews.com

Cari Informasi Mengenai Layanan Kesehatan

Menginap di perkemahan, hostel, hotel, atau villa saja bukan berarti kamu 100% aman dan bakal terbebas dari virus. Namun, ada banyak cara untuk membuat kegiatan staycation kamu tetap terasa aman dan nyaman.

Apapun jenis penginapannya, cobalah untuk cari tahu informasi penginapan melalui situs resmi, untuk bertanya tentang protokol kesehatan yang diterapkan.

Pastikan kamu bertanya mengenai kualitas udara, ventilasi, jadwal disinfeksi, fasilitas cuci tangan, hingga protokol mengenakan masker, jarak sosial, dan pemeriksaan suhu tubuh bagi tamu dan karyawan.

Hindari Keramaian

Jika kamu ingin staycation selama pandemi, sebaiknya hindari pergi pada akhir pekan atau tanggalan merah, karena risiko terjadinya keramaian cukup tinggi. Tapi, kalau kamu tetap ingin staycation saat weekend, usahakan untuk memilih hotel yang berada di zona hijau atau berada jauh dari rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

Beberapa Hal yang Mesti Diperhatikan Sebelum Staycation di Fase New Normal

Credit: vantiq.com

Jaga Kesehatan

Sebagai tamu, kamu juga harus tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan tamu lainnya. Gunakan masker dan hindari keramaian, seperti di lift atau kolam renang.

Sebelum melakukan kontak dengan permukaan yang sering disentuh, seperti tombol lift, gagang pintu, dan kursi makan, bersihkan permukaan tersebut terlebih dahulu dengan tisu beralkohol dan setelah itu segera cuci tangan.

Lalu, selalu terapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sehat, rutin melakukan aktivitas fisik, tidur yang cukup, dan penuhi kebutuhi cairan tubuh. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin untuk bantu jaga daya tahan tubuh, terutama yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks.

Reservasi Restoran Hotel atau Pilih Hotel Dekat Pusat Kuliner

Banyak hotel yang tidak lagi menyediakan menu prasmanan. Sebagai gantinya, mereka menyediakan menu a la carte seperti restoran pada umumnya. Sebelum pergi makan ke restoran hotel, pastikan dahulu apakah ada tempat yang tersedia, sehingga kamu tak perlu antre dan berada di kerumunan bersama tamu lainnya.

Namun, jika kamu tidak ingin makan di restoran hotel, pilihlah hotel yang dekat dengan pusat kuliner sehingga pilihan makanannya lebih banyak.

Cek Kesehatan Sebelum dan Setelah Staycation

Selalu pastikan tubuhmu dalam keadaan fit sebelum dan setelah pergi staycation. Jika saat berangkat kamu sehat, namun terasa tidak enak badan saat pulang, segera kunjungi dokter untuk mengetahui gejala kesehatan yang dialami.

Saat ini Indonesia sedang memasuki musim kemarau, sehingga matahari terasa lebih panas dan terik. Untuk itu, hindari beraktivitas di luar ruangan terlalu lama, karena dapat membuat tubuhmu lebih mudah lelah.

Sebelum kamu melakukan staycation di tengah pandemi, sebaiknya selalu perhatikan hal- hal penting seperti di atas dan tetap terapkan protokol kesehatan agar keamanan dan kesehatan tubuhmu tetap terjaga.

 

Featured Image - herworld.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!