New Normal, Begini 7 Cara Unik Restoran Untuk Terapkan Physical Distancing pada Konsumen

New Normal, Begini 7 Cara Unik Restoran Untuk Terapkan Physical Distancing pada Konsumen

font size A Ǎ

Fase new normal adalah kondisi di mana banyak industri kembali berkesempatan untuk bergeliat lagi agar roda perekonomian berputar kembali. Agar segala sektor seperti perkantoran, sampai industri F&B bisa bertahan dan berkembang di tengah pandemi seperti ini.

Namun yang terpenting, dari pelonggaran pembatasan yang sebelumnya diterapkan, kamu yang kembali beraktivitas lagi tetap bisa mentaati dan menerapkan segala poin dari protokol kesehatan. Hal ini bisa membuat kamu terhindar dari paparan virus corona.

 

 

Di masa seperti ini, walau fase new normal sudah bergulir – kamu mesti sadari kalau pandemi ini belum berakhir sepenuhnya sehingga tetap ada kemungkinan kalau virus tersebut mengintai kamu di mana-mana. Selain protokol kesehatan, kamu juga mesti jaga sistem imun dan daya tahan tubuh agar tetap optimal dan terhindar dari potensi dan resiko yang ada.

Terkait dari hal-hal di atas, beberapa industri seperti industri F&B di fase new normal ini, sudah membuka tempatnya untuk mereka yang mau dine-in. Namun tentu ada persyaratan yang mesti ditaati dan diterapkan seperti protokol kesehatan.

Nah, salah satu poin dari protokol kesehatan adalah menjaga jarak. Physical distancing ini juga dinilai cukup efektif untuk mengecilkan potensi penularan virus corona. Uniknya, banyak sekali lho cara-cara luar biasa kreatif yang dilakukan para pengelola restoran atau café untuk membuat pengunjungnya saling menjaga jarak.

 

Topi Karet Raksasa

Seperti salah satu kafe di Jerman bernama Café & Konditorei Roth – membuat para pengunjungnya yang ingin dine in di sana mengenakan topi karet raksasa berbentuk baling-baling panjang. Hal ini mengacu kepada jarak yang mesti para pengunjung jaga satu sama lainnya.

Jika ada pengunjung yang topi karetnya saling bersentuhan – pegawai kafe akan mengingatkan untuk saling jaga jarak lagi. Cukup unik kan cara pengelola kafe ini untuk membuat para pengunjungnya saling menjaga jarak.

 

Mahkota Raksasa

Salah satu restoran makanan cepat saji yang menyediakan berbagai varian menu dari burger, baru-baru ini membuat terobosan yang unik untuk para pengunjungnya. Tidak jauh berbeda konsep dasarnya seperti topi karet raksasa, restoran burger ini membuat para pengunjungnya mesti menggunakan mahkota raksasa.

Usut punya usut, mahkota ini adalah salah satu simbol dari ciri khas restoran burger tersebut. Sekilas mirip dengan sombrero, yaitu topi khas asal Meksiko, topi ini membuat para pengunjung yang dine in bisa saling menjaga jarak.

 

Pakai Boneka Lucu

New Normal, Begini 7 Cara Unik Restoran Untuk Terapkan Physical Distancing pada Konsumen

credit image: kompas.com

Lain lagi nih di Thailand, salah satu restoran di sana membuat para pengunjungnya saling menjaga jarak dengan cara yang unik. Tidak menggunakan topi atau mahkota seperti dua tempat sebelumnya, restoran di Thailand ini meletakan boneka-boneka lucu di tempat duduk meja pengunjung.

Boneka ini mempunyai arti kalau ada mereka, para pengunjung tidak boleh duduk di mana boneka ini diletakan. Alhasil dengan mengikuti peraturan yang ada, para pengunjung jadi bisa saling mengerti untuk menjaga jarak.

 

Bumper Raksasa

Mungkin konsepnya mirip dengan boneka lucu yang diletakan di tempat duduk meja pengunjung, sebuah restoran tepi laut di Maryland memasangkan bumper raksasa berbentuk lingkaran yang berguna untuk para pengunjung saling menjaga jarak.

 

Patung Mannequin

Konsepnya sama dengan boneka lucu sebelumnya, banyak restoran, bar atau kafe di Lithuania menggunakan boneka mannequin untuk memberi tahu para pengunjungnya agar bisa saling menjaga jarak.

 

Desain Meja Makan

Desainer asal Perancis membuatkan silinder plastik transparan yang terlihat seperti pod gelembung. Dengan desain seperti ini, pengunjung restoran yang datang bisa tetap makan bersama walau jaraknya diatur sehingga tetap bisa juga meminimalisir penularan virus corona.

 

Rumah Kaca Mini

Sepertinya ini hanya untuk kamu yang datang berdua saja ke restoran, nih. Restoran di Belanda membuatkan rumah kaca mini yang hanya bisa berisikan dua orang saja, lho. Kesan romantis sangat kental karena rumah kaca mini ini berada di tepi sungai.

Sehingga jika kamu datang saat sore hari – kamu bisa melihat matahari terbenam sembari makan di sana. Wah romantis sekali, kan?

 

 

Nah bagaimana nih? Dari tujuh restoran dan kafe dengan cara mereka yang unik untuk tetap membuat para pengunjung menjaga jarak, apakah ada yang menginspirasi kamu untuk membuat hal yang sama secara konsepnya?

 

Feature Image – kompas.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!