Parents! Ketahui Sejumlah Manfaat Makan Bersama Keluarga Bagi Si Kecil!

Parents! Ketahui Sejumlah Manfaat Makan Bersama Keluarga Bagi Si Kecil!

font size A Ǎ

Makan bersama keluarga mungkin seringkali dilewatkan, seringkali karena kesibukan yang dimiliki masing- masing anggota keluarga. Padahal, rutin makan bersama keluarga memiliki dampak positif lho!

Tak perlu setiap jam makan harus bersama keluarga, kamu bisa meluangkan saat sarapan atau makan malam bersama keluarga. Bahkan, saat akhir pekan kamu bisa makan siang bersama! Ya, salah satu waktu terbaik dalam sehari yang bisa kamu habiskan bersama keluarga adalah saat makan.

Selain membuat anggota keluarga semakin dekat satu sama lain, makan bersama keluarga juga memiliki segudang manfaat baik lainnya. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini ya.

Parents! Ketahui Sejumlah Manfaat Makan Bersama Keluarga Bagi Si Kecil!

Credit: tribunnews.com

Etika Makan yang Baik

Makan bersama keluarga merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, karena dapat membangun suasana keakraban dan kehangatan saat berkumpul bersama. Melakukan rutinitas ini, dapat membuat anak- anak memiliki kesehatan emosional yang stabil dan membangun etika makan yang baik.

Nah, karena anak- anak cenderung mencontoh perilaku orang tuanya, usahakan kamu berikan contoh kebiasaan makan yang baik ya. Agar kelak mereka bisa mengikuti perilaku tersebut.

Makanan Lebih Sehat

Kalau makan bersama keluarga, pasti ada berbagai pilihan makanan yang jauh lebih sehat. Di momen seperti ini, anak dapat belajar mengamati makanan apa saja yang dikonsumsi oleh para anggota keluarga.

Selain itu, nantinya si kecil juga bisa lebih terbuka terhadap semua jenis makanan baru yang mungkin dikenalkan padanya saat masa pertumbuhan.

Jadi Lebih Baik di Sekolah

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang makan enam sampai tujuh kali dalam seminggu bersama keluarganya, cenderung memiliki prestasi akademis yang lebih baik.

Jadi, ternyata makan bersama keluarga tak hanya dapat meningkatkan kesehatan emosional anak saja ya, tetapi juga prestasinya di sekolah.

Parents! Ketahui Sejumlah Manfaat Makan Bersama Keluarga Bagi Si Kecil!

Credit: quickanddirtytips.com

Bantu Kurangi Stres

Salah satu cara ampuh mengurangi stres yaitu dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, termasuk saat makan. Ketika kamu merasa senang, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin, yang membantumu merasa lebih baik.

Saat makan bersama keluarga, kamu juga bisa sekaligus mengobrol. Dengan begitu, si kecil juga bisa lebih terbuka mengenai cerita sehari- hari atau masalah yang mungkin sedang dihadapinya.

Hemat

Memasak makanan di rumah untuk keluarga bisa menghemat pengeluaran, lho. Jadi, tidak hanya baik untuk kesehatan karena makanan di rumah lebih higienis saja ya, tapi ini juga bantu kamu menghemat uang.

Terlebih lagi, mencoba berbagai masakan bersama si kecil, bisa bantu dia untuk menciptakan memori bahagia.

Nah, bagaimana nih? Sudah tahu ya sekarang manfaat baik dari makan bersama keluarga. Mulai sekarang, yuk coba luangkan waktu untuk makan bersama, agar keakraban antar anggota keluarga semakin terjalin!

 

Featured Image - sites.psu.edu


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!