Agar kesegarannya tetap terjaga dan bisa tahan lebih lama, beberapa makanan perlu disimpan di dalam kulkas. Namun, menyimpan makanan di kulkas tidak boleh dilakukan dengan asal- asalan. Selain mempertahankan kesegaran dan rasa, cara menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar juga akan menjaga zat gizi yang terkandung di dalamnya.

Sebaliknya, jika kamu menyimpan makanan di dalam kulkas secara asal-asalan, makanan yang kamu simpan tersebut bisa jadi cepat basi dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika menyimpan makanan di kulkas supaya lebih tahan lama.

1. Perhatikan suhu kulkas

Credit: Jawa Pos

Sebelum kamu menyimpan makanan di dalam kulkas, penting untuk memperhatikan suhunya terlebih dahulu. Pastikan kulkas di rumahmu berada pada suhu 5º Celsius atau lebih rendah. Hal ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya pada makanan.

Periksalah secara rutin suhu kulkas minimal seminggu sekali pada pagi hari. Dan untuk menjaga suhu tetap stabil, pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat, serta jangan biarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama.

Hindari menyimpan terlalu banyak makanan di kulkas karena dapat menghambat sirkulasi udara di dalam kulkas dan akibatnya makanan akan menjadi tidak segar atau bisa cepat basi.

Selain itu, jangan langsung menaruh makanan panas di dalam kulkas, karena hal ini dapat meningkatkan suhu lemari es. Sebaiknya kamu harus menunggu makanan atau minuman tersebut sampai tidak terlalu panas, setelah itu baru di masukkan ke dalam lemari es.

2. Simpan makanan sesuai dengan jenisnya

Credit: Tribun News

Setiap rak kulkas idealnya disusun berdasarkan jenis makanannya dan jangan mencampur satu jenis makanan dengan yang lainnya.

Misalnya, simpan makanan siap santap seperti keju, yogurt, daging matang, serta sisa makanan di rak bagian atas dan tengah. Sementara sayuran dan buah-buahan di bagian bawah. Kemudian, makanan seperti daging mentah, ikan, serta unggas harus disimpan dalam wadah tertutup (kedap udara) di bagian freezer.

Selain itu, hindari menyimpan telur di balik pintulemari es karena hal tersebut justru dapat membuatnya cepat busuk. Biasanya, pintu kulkas biasanya dibuka dan ditutup sepanjang hari. Oleh karena itu, agar telur tetap segar dan tahan lama, kamu perlu menaruhnya di bagian dalam kulkas di mana suhunya jauh lebih stabil.

3. Membersihkan kulkas secara teratur

Credit: Suara.com

Bersihkanlah kulkas kamu secara teratur, terutama pada bagian pegangan, rak, dan kompartemen penyimpanan. Cuci semua permukaan secara menyeluruh dengan cairkan pembersih khusus, lalu bilas hingga bersih. Seteah itu, pastikan kamu mengeringkan permukaan kulkas secara menyeluruh dengan kain bersih.

Setidaknya seminggu sekali, periksa semua makanan yang ada di dalam kulkas kamu. Dan pastikan bahwa tidak ada makanan dan minuman yang kedaluwarsa atau tidak layak untuk dikonsumsi lagi.

 

Featured Image -  Tribun News