Anak Sering Main Gadget? Ini 4 Tips Untuk Mengatur Penggunaannya

Anak Sering Main Gadget? Ini 4 Tips Untuk Mengatur Penggunaannya

font size A Ǎ

Kebutuhan akan penggunaan gadget atau gawai di zaman seperti sekarang ini menjadi kebutuhan yang primer. Terlebih pada saat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini dan masuknya era new normal – semua kalangan diminta untuk bisa beraktivitas menggunakan gadget, termasuk si kecil.

Pandemi Covid-19 sempat berdampak kepada banyak orang untuk beraktivitas di rumah saja, sebelum era new normal ini datang. Pada saat di rumah saja, hampir semua kalangan, termasuk si kecil – dituntut untuk meneruskan aktivitasnya lewat gadget.

Selain kamu yang bekerja dari rumah, si kecil juga diarahkan untuk belajar dari rumah. Instansi pendidikan belum berani untuk membuka kembali sekolah untuk belajar seperti biasa karena resikonya terlalu besar untuk si kecil tertular virus corona.

 

 

Akhirnya sekolah menempuh jalur online course atau belajar online yang membuat si kecil akhirnya mesti familiar menggunakan berbagai jenis gadget seperti laptop dan smartphone. Namun, dari frekuensi penggunaan gawai yang cukup intens, ada dampak yang mesti kamu ketahui bagi si kecil.

Dampak yang dimaksud adalah kencanduan main gadget. Bermain game atau aktivitas lainnya yang bisa dilakukan dari smartphone atau laptop jika dilakukan berlarut-larut tentu akan memberikan dampak yang kurang baik untuk si kecil.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membatasi si kecil dengan gadget. Seperti yang dilansir dari halodoc dan Smart Parenting – setidaknya ada 4 tips yang bisa kamu cermati dan terapkan untuk si kecil, yang sudah mulai kecanduan menggunakan gadget. Untuk selengkapnya, sila simak bahasan kali ini sampai habis.

 

4 Tips Buat Orang Tua Untuk Atur

Penggunaan Gadget Buat Anak

Anak Sering Main Gadget? Ini 4 Tips Untuk Mengatur Penggunaannya

credit image: beritagar.id

 

Kamu Bisa Membuatkan Jadwal

Tips pertama yang bisa kamu cermati dan terapkan untuk si kecil yang mulai kecanduan menggunakan gadget adalah membuatkannya jadwal. Jadwal ini bisa membuat si kecil tidak terlalu intens untuk menggunakan gadget.

Kamu bisa menyesuaikan kebutuhannya kapan mereka perlu menggunakan gadget untuk aktivitas positif seperti belajar online dan lainnya. Membuatkan jadwal seperti ini secara tidak langsung kamu juga mengajarkan soal disiplin.

Jika si kecil merengek meminta menggunakan gadget – kamu bisa ingatkan ia soal jadwal yang ada. Di sini ketegasan kamu juga dituntut agar mereka punya disiplin yang baik.

 

Kamu Perlu Melek Teknologi

Jangan sampai si kecil lebih mengerti soal utak-atik gadget dan lainnya dibandingkan dengan kamu, nih. Kamu mesti melek teknologi, sehingga kamu tahu persis kebutuhan apa saja untuk si kecil saat menggunakan gawai tersebut.

Misalnya, kamu tahu aplikasi media sosial apa yang sering digunakan dan dimainkan oleh si kecil dan apakah konteksnya masih aman dan sesuai dengan umur serta pemahaman si kecil atau tidak. Kamu perlu tahu karena bisa jadi penyaring konten untuk si kecil.

 

Anak Sering Main Gadget? Ini 4 Tips Untuk Mengatur Penggunaannya

credit image: tempo.co

 

Kamu Juga Contohkan Dengan Baik

Terkait dengan tips pertama sebelumnya, jika kamu membuat si kecil punya batasan untuk menggunakan gadget – sebaiknya kamu juga mencontohkan hal yang sama. Si kecil tentu akan mencontoh orang tuanya.

Jika kamu terlihat juga sering sibuk dengan gadget kamu – si kecil pun akan merengek untuk sama dengan kamu. Nah hal ini akan terkait pula dengan tips yang keempat di bawah ini.

 

Isi Waktu Dengan Kegiatan Seru Lainnya

Masih terkait dengan tips pertama dan ketiga di atas ini, tips yang keempat adalah kamu mesti kreatif untuk mengajak si kecil melakukan aktivitas lainnya saat sedang tidak menggunakan gawai. Hal ini akan membuat si kecil teralihkan secara tidak langsung, lho.

Misalnya, kamu bisa ajak main bongkar pasang, main ular tangga, atau ajarkan hobi-hobi seperti berkebun, memasak dan lainnya. Banyak lho aktivitas seru yang bisa kamu lakukan dengan si kecil – terkait pembatasan mereka dengan gadget.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari keempat tips di atas yang sudah disebutkan dan dijelaskan – apakah kamu sudah paham semuanya? Jika iya, tentu bisa kamu terapkan untuk si kecil agar mereka punya tumbuh kembang yang seimbang dan optimal.

 

Feature Image – detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!