Sudah menjadi rahasia umum kalau salah satu kunci kesuksesan dalam kerja sama tim di dunia kerja adalah komunikasi. Namun terkadang, ada saja yang membuat hal yang penting itu tidak terwujudkan. Apakah kamu sudah punya cara komunikasi yang efektif dan baik dengan teman kantor?

Dalam dunia kerja, tugas besar dibagi menjadi dua bagian, yaitu tugas individual dan tugas kelompok. Mungkin tugas individual akan mudah kamu selesaikan sendiri, tapi tidak untuk tugas kelompok. Tugas kelompok menuntut kamu untuk punya kerja sama tim yang baik.

selesai dengan baik dan benar?

 

 

Dilansir dari situs koinworks – setidaknya ada 6 cara komunikasi efektif yang bisa kamu cermati dan kamu terapkan dengan tim atau rekan kerja kamu. Penasaran apa saja cara-cara komunikasi tersebut? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya.

 

6 Cara Menarik Wujudkan Komunikasi Efektif Dengan Tim

6 Cara Menarik Untuk Punya Komunikasi Efektif di Dalam Tim, Bisa Kamu Terapkan! credit image: glints.com

 

Manfaatkan Waktu Istirahat Untuk Lebih Saling Kenal

Cara komunikasi efektif pertama yang bisa kamu cermati dan terapkan adalah memanfaatkan waktu istirahat untuk lebih saling kenal. Jadi kamu berdiskusi dan mengobrol dengan teman kerja tidak hanya pada saat waktu kerja saja, ya.

Di waktu-waktu istirahat, kamu tidak hanya bisa mengajak berdiskusi atau mengobrol soal kerjaan kantor saja, lho. Kamu bisa membicarakan topik-topik lain di luar pekerjaan. Misalnya apa yang sedang hype atau trending, saling menceritakan hobi, dan lainnya.

Hal ini dinilai akan membuat kamu dan rekan kerja mempunyai hubungan yang baik. Jika sudah dilandasi dengan hal-hal seperti itu, kamu tentu akan semakin mudah berkomunikasi dengan tim kerja saat menyelesaikan tugas kelompok. Ini adalah salah satu pondasi untuk memiliki komunikasi yang efektif.

 

6 Cara Menarik Untuk Punya Komunikasi Efektif di Dalam Tim, Bisa Kamu Terapkan! credit image: kumparan.com

 

Kritis: Saling Bertanya dan Buat Diskusi

Asal tidak saling menjatuhkan, ya. Kritis adalah sifat yang baik untuk mewujudkan komunikasi yang efektif di dalam tim. Saling bertanya, membuat diskusi adalah beberapa cara komunikasi yang efektif untuk menghasilkan pekerjaan yang baik dan benar.

Cara ini juga bisa membuat kamu dan rekan kerja saling memproduksi ide-ide segar karena bebas untuk mengungkapkan pendapat.

 

Dukung Dengan Saran dan Rekomendasi

Perhatian adalah salah satu hal yang sederhana tapi fundamental untuk mewujudkan komunikasi yang efektif di dalam tim. Kamu bisa mendukung rekan tim yang mempunyai ide yang baik untuk menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan bersama-sama.

Bagaimana caranya? Dengan memberikan saran atau rekomendasi serta pandangan lain dari pandangan yang sebelumnya ia kemukakan. Tentunya dengan begitu, teman atau rekan kerja kamu akan merasa diperhatikan dan didukung terkait apa yang ia ingin lakukan. Dukung dan beri rekomendasi selagi hal tersebut masih positif ya!

 

6 Cara Menarik Untuk Punya Komunikasi Efektif di Dalam Tim, Bisa Kamu Terapkan! credit image: sepulsa.com

 

Sampaikan Semuanya Dengan Jelas

Salah satu hal yang penting dan juga sebagai pondasi dalam mewujudkan komunikasi yang efektif dalam rekan kerja adalah bisa menyampaikan semuanya dengan jelas. Baik itu ide, saran atau bahkan kritik, kamu mesti sampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan jelas.

Hal ini menjadi salah satu yang penting karena menjadi salah satu cara untuk menghindarkan kamu dari kesalahpahaman.

 

Pendekatan Secara Individu

Mungkin ini mirip dengan cara yang pertama sebelumnya. Namun, di bagian ini – untuk mendapatkan komunikasi yang efektif di dalam tim, kamu bisa mendekatkan diri dengan yang lain secara individual saja. Misalnya, kamu bisa ajak si A untuk makan siang bersama berdua saja.

Hal ini bisa membuat hubungan pertemanan semakin baik, lho. Disamping itu, kamu juga akan lebih mudah menemukan masalah jika memang lawan bicara kamu sulit untuk menyampaikan sesuatu jika ia berada di dalam kelompok.

 

Umpan Balik Seperti di Sepak Bola

Eits, ini bukan berarti benar seperti yang ada di olahraga sepak bola, ya. Maksudnya umpan balik adalah kamu bisa berikan kritik atau saran yang menggugah ide-ide segar dan eksekusi yang ciamik keluar dari kelompok kerja kamu!

Hal ini tentu bisa membuat kamu memiliki komunikasi yang efektif di dalam tim. Setelah itu, tentunya kamu juga bisa menyelesaikan tugas kelompok itu dengan baik.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari bahasan di atas mengenai cara memiliki komunikasi yang efektif, apakah kamu sudah paham semuanya? Jika sudah, kamu bisa terapkan di kantor dengan rekan kerja atau tim kamu ya!

 

Feature Image – fastwork.id