Saat ini Indonesia, termasuk DKI Jakarta sedang menerapkan PSBB Transisi atauvaksin Covid-19 masih belum ditemukan.

Berbagai protokol kesehatan yang wajib diterapkan ketika sedang berada di luar rumah, yaitu seperti menggunakan hand sanitizer jika tidak dapat cuci tangan.

Adapun hand sanitizer disebut dapat menjadi salah satu ‘senjata’ ampuh untuk membantu mencegah penularan virus corona.

 

Mengapa Demikian?

Credit: healthline.com

Karena, Covid-19 sangat mudah menular melalui tetesan atau droplets yang mengenai bagian tubuh individu lain seperti wajah, atau menempel pada benda- benda yang ada disekitar lalu disentuh orang lain.

Oleh karena itu, penting untuk cuci tangan.

Dikutip dari CNN Indonesia, masyarakat disarankan untuk menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen. Pada kadar alkohol tersebut, efektif untuk membunuh kuman, bakteri, maupun virus yang menempel.

Lalu, segera gunakan hand sanitizer setelah tangan menyentuh benda yang sangat sering disentuh banyak orang dan mungkin sudah tertempel virus, seperti tombol lift, meja, gagang pintu, dan lain sebagainya.

Yang Harus Selalu Di Bawa, Selain Hand Sanitizer

Credit: freepik.com

Selain selalu membawa hand sanitizer, berikut ini beberapa barang lainnya yang sebaiknya selalu kamu simpan dalam tas selama beraktivitas di fase new normal.

  • Tisu basah. Untuk membersihkan permukaan benda- benda di sekitarmu.
  • Tisu kering. Dapat digunakan ketika ingin menyentuh area wajah, namun belum sempat cuci tangan terlebih dahulu. Disarankan untuk menggunakan tisu dengan tekstur lembut dan halus, sehingga tidak mengiritasi kulit.
  • Masker. Selalu bawa setidaknya 2 masker cadangan di dalam tas. Jika kamu menggunakan masker kain, disarankan untuk tidak digunakan lebih dari 4 jam. Karena, bahan kain lebih mudah menyerap air daripada jenis masker lainnya.
  • Peralatan pribadi. Bawa peralatan makan, hingga alat ibadah seperti sajadah, sarung, dan mukena sendiri. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan virus.
  • Camilan sehat. Agar tidak jajan sembarangan, kamu dapat membawa camilan sehat seperti buah- buahan. Selain itu, kamu juga bisa membawa multivitamin di dalam tas untuk menjaga daya tahan tubuhmu.

 

Featured Image - goodnewsfromindonesia.id

Source - cnnindonesia.com