7 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Imun Saat New Normal. Kamu Sudah Coba?

7 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Imun Saat New Normal. Kamu Sudah Coba?

Berbagai cara sudah dilakukan untuk mengantisipasi perluasan penyebaran virus corona. PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah dilakukan di mana-mana untuk menghentikan lajur penularan virus corona ini. Pembatasan ini tentu mesti dilakukan oleh banyak orang agar tujuannya tercapai.

Lalu, apakah ada hal yang bisa kamu lakukan secara individual untuk mencegah dan juga mengantisipasi penyebaran virus corona? Tentu ada!

Mulai dari membatasi pergerakan diri sendiri dengan melakukan aktivitas rutin kamu di rumah saja (itu mengapa ada istilah WFH atau work from home) sampai menyiapkan diri untuk memiliki sistem imun dan daya tahan tubuh yang optimal.

Pertanyaan lanjutannya adalah bagaimana cara untuk memiliki daya tahan tubuh yang optimal? Seperti yang sudah dikemukakan banyak pihak kalau tubuh yang sehat, tubuh yang mempunyai sistem imun dan kekebalan yang baik, menjadi dasar yang fundamental agar setidaknya bisa bertahan dari infeksi virus corona.

 

 

Pertanyaan lanjutan di atas akan dijawab dengan tujuh langkah sederhana yang akan dibahas di ulasan kali ini. Penasaran apa saja sih tujuh langkah atau cara yang yang dimaksud? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya, ya!

 

7 Cara Sederhana Untuk Punya Sistem Imun yang Baik

7 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Imun Saat New Normal. Kamu Sudah Coba?

7 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Imun Saat New Normal. Kamu Sudah Coba? credit image: tribunnews.com

 

Tidak Menjadi Perokok Pasif

Seperti yang sudah dikemukakan banyak pihak juga kalau perokok pasif ternyata punya potensi resiko terpapar penyakit lebih besar dibandingkan yang aktif. Oleh karena itu, langkah pertama yang bisa kamu terapkan adalah hindari menjadi individu perokok pasif.

Menurut Julia Blank, seorang dokter dari Santa Monica, California Amerika Serikat – dilansir dari CNN Indonesia, ia menyatakan kalau paparan asap rokok bisa mengakibatkan peradangan di seluruh pernapasan baik bagian atas dan bawah, serta menyerang sistem imun.

Dari sini, Julia melanjutkan kalau paparan asap rokok bisa membuat turunnya mekanisme pembersihan bakteri dari paru-paru dan peningkatan gejala asma. Dengan begini, seseorang tersebut akan rentan terinfeksi virus dan hal lainnya.

 

Mengonsumsi Banyak Protein

Secara umum, fungsi protein salah satunya adalah ikut membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein juga jadi salah satu nutrisi untuk membentuk sistem imun yang kuat dan sehat. Jika kamu kekurangan asupan protein, diprediksi antibodi yang ikut diproduksi dari protein akan lambat untuk merespon saat ada invasi dari molekul asing dari luar sana.

 

7 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Imun Saat New Normal. Kamu Sudah Coba?

7 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Imun Saat New Normal. Kamu Sudah Coba? credit image: kompas.com

 

Sering Cuci Tangan Pakai Sabun

Walau kamu juga sudah siap dengan hand sanitizer – tapi alangkah baiknya untuk tetap berusaha mencuci tangan dengan sabun paling tidak selama 20 detik. Hal ini teruji untuk menghindarkan kamu dari paparan virus corona.

 

Mengonsumsi Sayuran

Selain protein, sayuran-sayuran juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kamu konsumsi. Sayuran mengandung banyak antioksidan di mana tubuh membutuhkan hal tersebut untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh.

 

7 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Imun Saat New Normal. Kamu Sudah Coba?

7 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Imun Saat New Normal. Kamu Sudah Coba? credit image: kompas.com

 

Tidur atau Istirahat yang Cukup

Di fase new normal yang sekarang sudah bergulir, tidak serta-merta membuat kamu sibuk terus lagi ya. Kamu mesti memiliki tidur atau istirahat yang cukup sehingga tubuh bisa punya sistem imun dan daya tahan tubuh yang optimal.

Masih dilansir dari situs yang sama yaitu CNN Indonesia – tidur nyenyak pada malam hari membuat tubuh kamu dengan maksimal meningkatkan efektivitas sel T, yaitu tipe sel darah putih yang berguna untuk melawan virus di dalam tubuh.

 

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Di masa-masa seperti ini, ada baiknya kamu tetap menjaga tubuh kamu untuk selalu terhidrasi. Hidrasi sangat berkaitan dengan daya tahan tubuh yang baik. Mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh kamu sama dengan membantu tubuh terhindar dari paparan radikal bebas dari luar sana.

 

Kombinasi Jahe dan Lemon

Kombinasi jahe dan lemon bisa meredam peradangan yang ada di dalam tubuh serta meningkatkan imunitas tubuh juga, lho. Hal ini dikarenakan oleh jahe yang mengandung banyak antioksidan dan antibakteri dan lemon yang kaya akan Vitamin C. Kombinasi dua hal tersebut bisa menciptakan antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas yang berusaha masuk ke dalam tubuh.

 

7 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Imun Saat New Normal. Kamu Sudah Coba?

7 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Imun Saat New Normal. Kamu Sudah Coba? credit image: happyfresh.id

Bicara soal Vitamin C, terlepas tujuh langkah di atas, kamu bisa melengkapinya dengan mengonsumsi Enervon-C lho. Multivitamin yang mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks ini mampu untuk bantu kamu punya daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak gampang sakit.

Mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C ini setiap hari dinilai cukup aman, kok. Hal ini dikarenakan oleh sifat zat yang ada dalam kandungannya bersifat mudah larut di dalam air, sehingga tentu mudah diserap oleh tubuh. Ketika ada sisa zat yang sudah tidak diperlukan lagi, akan keluar dengan mudah lewat urin.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari tujuh langkah di atas untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik, kamu juga bisa melengkapinya dengan mengonsumsi Enervon-C, ya!

 

Feature Image – ibudanbalita.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!