Pakai Masker dan Jaga Jarak: 2 Hal yang Wajib Diterapkan Saat Olahraga Di Luar Rumah

Pakai Masker dan Jaga Jarak: 2 Hal yang Wajib Diterapkan Saat Olahraga Di Luar Rumah

font size A Ǎ

Selama diterapkannya kebijakan PSBB beberapa bulan kemarin, menyebabkan beberapa aktivitas tidak dapat dilakukan. Sekarang, sejumlah aktivitas sudah bisa kembali berjalan, menyusul aturan PSBB transisi alias new normal selama pandemi. Meski sudah boleh beraktivitas, masyarakat tetap harus menghindari kerumunan.

Salah satu kegiatan yang sudah diizinkan kembali adalah olahraga di luar ruangan atau di tempat publik. Tapi, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan masyarakat ketika berolahraga di luar rumah selama new normal.

Saat melakukan olahraga di luar rumah, dianjurkan untuk menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1,5 meter antar individu, apalagi jika tempat kamu berolahraga terbilang cukup ramai.

Sebelumnya, masyarakat harus mengetahui apa tujuan olahraga yang akan dilakukan. Misalnya, untuk meningkatkan kesehatan, terutama setelah menjalani work from home dalam 3 bulan terakhir. Namun, yang perlu diingat adalah cukup lakukan olahraga dengan intensitas sedang, agar napas menjadi tidak sesak saat olahraga menggunakan masker.

Pakai Masker dan Jaga Jarak: 2 Hal yang Wajib Diterapkan Saat Olahraga Di Luar Rumah

Pakai Masker dan Jaga Jarak: 2 Hal yang Wajib Diterapkan Saat Olahraga Di Luar Rumah / Credit: today.line.me

Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran, masyarakat dianjurkan melakukan jalan cepat, jogging, bersepeda santai, hingga menggabungkan aerobik dan anaerobik. Olahraga anaerobic sendiri merupakan latihan melatih otot seperti push up, sit up, dan squat.

Melakukan olahraga di luar rumah memang tidak dilarang, namun masyarakat tetap harus menerapkan physical distancing, menggunakan masker hingga face shield, hingga selalu menggunakan peralatan olahraga sendiri. Sejumlah langkah tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri sendiri dan keluarga di rumah.

Tips Olahraga di Tempat Publik

Pakai Masker dan Jaga Jarak: 2 Hal yang Wajib Diterapkan Saat Olahraga Di Luar Rumah

Pakai Masker dan Jaga Jarak: 2 Hal yang Wajib Diterapkan Saat Olahraga Di Luar Rumah / Credit: hai.grid.id

Memang akan lebih aman jika olahraga di rumah saja. Namun, jika harus berolahraga di luar rumah, selalu hindari keramaian, menerapkan physical distancing, menggunakan masker, hingga membawa air minum sendiri.

Selain itu, perhatikan rute ketika olahraga di luar rumah. Pastikan rute yang kamu pilih aman, tidak terlalu ramai, dan bukan termasuk zona merah Covid-19.

Setelah pulang berolahraga, bersihkan barang- barang yang kamu bawa dengan cairan disinfektan, cuci tangan, ganti baju, dan segera mandi sebelum kembali berinteraksi dengan orang rumah.

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!