Banyak sekali cara-cara mendidik anak dan memperkenalkannya pada hal-hal baru yang menjadi perihal fundamental juga untuk mereka. Salah satu caranya adalah dengan membuat si kecil menonton film kartun yang mempunyai banyak pesan moral yang bisa kamu pandu untuk mereka.

Cara mendidik si kecil dengan mengajaknya menonton film kartun adalah salah satu cara paling halus dan paling mudah agar si kecil paham dengan segala hal yang mesti mereka ketahui sejak dini. Walau segala perihal itu hanya lapisan luarnya saja, namun setidaknya kamu sudah memperkenalkan si kecil dengan hal-hal tersebut.

Memangnya, hal-hal yang dimaksud apa saja sih? Misalnya seperti:

 

  • Belajar mengelola rasa takut
  • Menanamkan tanggung jawab
  • Memberikan pemahaman kalau keluarga adalah segalanya
  • Membuat si kecil siap membantu orang lain
  • Mengenalkan karakter dan perasaan kepada si kecil
  • Belajar untuk mendengarkan kata hati
  • Memperkenalkan bagaimana usaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik
  • Belajar memperkenalkan apa itu kejujuran

 

Dan masih banyak lagi yang lainnya!

Berdasarkan hal-hal di atas, tentu pertanyaan lanjutannya adalah film kartun seperti apa yang kurang lebih mengandung berbagai pesan moral yang sudah disebutkan di atas? Tentu ada kekhawatiran tersendiri untuk mengajak si kecil nonton film kartun, kan?

 

 

Selama kamu pandu, dan kamu beritahu si kecil soal cerita film kartun tersebut mengandung berbagai pesan moral yang ada di atas, tentu kegiatan ini akan bermanfaat untuk si kecil. Soal film kartun apa saja yang direkomendasikan, tenang – di bawah ini setidaknya ada 7 film kartun yang bisa kamu ajak si kecil untuk menonton bersama.

Apa saja tujuh film kartun yang akan direkomendasikan? Daripada makin penasaran dan menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

7 Film Kartun yang Direkomendasikan Untuk si Kecil

 

Zootopia

Miliki Waktu Luang, Ajak Si Kecil Nonton 7 Film Kartun Anak Berikut Ini! credit image: kompas.com

Secara tidak langsung, salah satu karakter utama di film kartun Zootopia mengajarkan si kecil untuk selalu mengerjakan sesuatu dengan baik dan sungguh-sungguh. Karakter utama di film kartun ini juga mengajarkan untuk tidak mudah mengeluh.

Selain itu, karakter utamanya juga menunjukan berbagai gambaran untuk selalu percaya diri dan berusaha menunjukan kemampuan dirinyalah yang terbaik. Nah, ini bagus untuk kamu dan si kecil tonton bersama, lho!

 

The Good Dinosaur

Miliki Waktu Luang, Ajak Si Kecil Nonton 7 Film Kartun Anak Berikut Ini! credit image: tabloidbintang.com

Film kartun yang satu ini cocok sekali kamu rekomendasikan untuk si kecil karena bisa membuatnya percaya diri untuk berteman dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Karakter utama di film kartun The Good Dinosaur ini diceritakan berteman dengan seekor dinosaurus.

Dalam perjalanan ceritanya, karakter utama ini saling bantu dan tolong-menolong dengan teman dinosaurusnya ketika ada masalah atau tantangan yang datang.

 

Inside Out

Miliki Waktu Luang, Ajak Si Kecil Nonton 7 Film Kartun Anak Berikut Ini! credit image: mommiesdaily.com

Nah, film kartun yang satu ini juga bisa jadi media pembelajaran secara tidak langsung untuk si kecil kenal dan paham bagaimana jenis-jenis perasaan di dalam diri manusia. Namun jangan lupa untuk kamu pandu dan temani si kecil saat nonton film kartun ya.

 

How to Train Your Dragon

Miliki Waktu Luang, Ajak Si Kecil Nonton 7 Film Kartun Anak Berikut Ini! credit image: detik.com

Tidak jauh berbeda dengan film The Good Dinosaur, How to Train Your Dragon juga menceritakan soal perjalanan dan petualangan si karakter utama yang berteman dengan seekor naga. Mereka saling mendengarkan satu sama lain siap menolong siapapun. Nilai-nilai seperti itu yang bisa kamu secara tidak langsung ajarkan ke si kecil dengan menonton film kartun ini.

 

Coco

Miliki Waktu Luang, Ajak Si Kecil Nonton 7 Film Kartun Anak Berikut Ini! credit image: liputan6.com

Kejujuran dan kebenaran adalah dua hal yang esensial di dalam hidup ini. Dua hal tersebut bisa kamu ajarkan kepada si kecil dengan menonton film kartun berjudul Coco. Karakter utama di film kartun ini menceritakan bagaimana kejujuran dan keluarga adalah hal yang paling utama.

 

Kung Fu Panda

Miliki Waktu Luang, Ajak Si Kecil Nonton 7 Film Kartun Anak Berikut Ini! credit image: liputan6.com

Film kartun yang satu ini memang menggemaskan. Secara tidak langsung karakter utama di film Kung Fu Panda ini menceritakan dan menunjukan kalau percaya diri, tidak mudah menyerah adalah beberapa kunci sukses untuk menjalani hidup.

 

Cars

Miliki Waktu Luang, Ajak Si Kecil Nonton 7 Film Kartun Anak Berikut Ini! credit image: suara.com

Tidak jauh berbeda dengan Kung Fu Panda, Cars adalah salah satu film kartun yang menunjukan ke si kecil bagaimana usaha yang keras akan membuahkan hasil yang baik. Kamu bisa pandu si kecil dan temani mereka saat menonton film kartun ya.

 

 

Wah bagaimana nih? Apakah kamu sudah paham? Menonton film kartun asal kamu temani dan pandu, si kecil akan mendapat pelajaran yang baik dari fim kartun tersebut.

 

Feature Image – liputan6.com