Sejumlah Dampak Media Sosial Pada Anak dan Remaja yang Wajib Diketahui Orang Tua!

Sejumlah Dampak Media Sosial Pada Anak dan Remaja yang Wajib Diketahui Orang Tua!

Berbagai bentuk kemajuan teknologi sekarang ini bisa dinikmati oleh siapapun, termasuk si kecil. Seperti yang sekarang sedang terjadi, fase new normal membuat si kecil mesti mengikuti kegiatan belajar dari rumah dengan menggunakan gadget atau gawai.

Kegiatan belajar dari rumah menggunakan gawai tentu juga linier dengan kebutuhan akses internet. Si kecil mesti belajar bagaimana akses internet bisa mengantarkannya untuk tahu banyak hal, termasuk belajar dengan guru sekolahnya melalui dalam jaringan.

Apakah penggunaan gawai buat si kecil hanya untuk membantu dia belajar dari rumah? Idealnya, iya. Namun pada kenyataannya, si kecil sering sekali offside menggunakan gawainya tidak hanya untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, tapi juga main media sosial.

 

 

Sejumlah Dampak Media Sosial Pada Anak dan Remaja yang Wajib Diketahui Orang Tua!

Sejumlah Dampak Media Sosial Pada Anak dan Remaja yang Wajib Diketahui Orang Tua! credit image: halodoc.com

 

Seperti yang diketahui bersama, media sosial adalah tempat berkumpulnya orang-orang dari berbagai macam latarbelakang. Jika dimainkan dengan bijak, tentu media sosial ada manfaatnya – begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, bagaimana kalau si kecil main media sosial juga?

Walau dalam pendaftaran akun media sosial sudah ada pembatasan umur, tapi masih sangat mungkin terjadi umur atau usia tersebut dipalsukan dengan mudah. Terkait dengan perihal seperti itu, ada satu hal yang mesti kamu ketahui sebelum mengizinkan si kecil main media sosial.

Deretan berita soal cyberbullying sudah menjadi salah satu hal umum yang diketahui bersama, ini cukup berbahaya untuk si kecil. Dengan pemikiran ia yang sekarang, belum tentu ia siap untuk terjun main media sosial. Apakah kamu tahu ada dampak apa lagi dari main media sosial untuk si kecil?

Selain cyberbullying berikut dampak ketika si kecil main media sosial:

 

  • Resiko bertemu dengan orang asing, yang bisa saja membuat si kecil takut dan tidak nyaman
  • Adanya tayangan atau konten yang tidak sesuai dengan umurnya
  • Kesehatan fisik terganggu karena kecanduan
  • Kesehatan mental juga terganggu karena sudah keasyikan

 

Dan masih banyak lagi dampak-dampak lainnya yang bisa saja terjadi ke si kecil. Berbagai dampak tersebut bukan berarti si kecil tidak boleh sama sekali main media sosial. Namun, jelas si kecil butuh panduan kamu ketika mengakses internet dengan gawainya, mesti kamu temani.

 

Sejumlah Dampak Media Sosial Pada Anak dan Remaja yang Wajib Diketahui Orang Tua!

Sejumlah Dampak Media Sosial Pada Anak dan Remaja yang Wajib Diketahui Orang Tua! credit image: tempo.co

 

Lalu Ada Panduan Apa Untuk Orang Tua?

Setidaknya di bawah ini terdapat 5 panduan sederhana yang bisa kamu cermati dan kamu terapkan untuk si kecil agar ia juga bisa menikmati kemajuan teknologi dengan cara yang benar dan sesuai dengan kebutuhannya.

 

 

Jika Ingin Menggunakan Media Sosial, Beritahu Aturan Usianya

Walau terkesan membatasi, namun hal ini adalah salah satu langkah yang cukup optimal untuk membuat si kecil memang benar-benar siap untuk menggunakan media sosial. Kamu bisa beritahu perlahan kalau sosial media hanya bisa digunakan untuk mereka yang sudah di atas 13 tahun lebih.

Jika memang si kecil memaksa untuk mencoba menggunakan media sosial, seperti Youtube misalnya, kamu bisa atur untuk dijadikan ke mode Youtube For Kids, sehingga tayangan atau konten yang muncul akan sesuai dengan kebutuhannya saja. Ini pun mesti kamu pandu dan temani ya!

 

Sejumlah Dampak Media Sosial Pada Anak dan Remaja yang Wajib Diketahui Orang Tua!

Sejumlah Dampak Media Sosial Pada Anak dan Remaja yang Wajib Diketahui Orang Tua! credit image: alodokter.com

 

Kamu Tahu Persis Aktivitas si Kecil di Media Sosial

Jika memang sudah beranjak dewasa dan menurut kamu si kecil sudah siap untuk menggunakan media sosial, tapi jelas tidak bisa kamu main tinggal begitu saja. Kamu mesti tahu persis apa saja aktivitas si kecil saat menggunakan media sosial.

Minta tunjukan kepadanya apa saja yang ia lakukan di media sosial sehingga kamu tahu persis jenis informasi, tayangan atau konten apa saja yang biasanya dia konsumsi.

 

Buat Batasan Waktu Untuk Menggunakan Gawai

Tidak serta merta jika kamu merasa media sosial yang diakses oleh si kecil sudah aman karena kamu tahu kontennya akan apa saja, tidak berarti kamu membiarkan si kecil menggunakan gawai sepanjang hari. Ini akan mengakibatkan kecanduan.

Oleh karena itu, pastikan dengan disiplin, kamu membuat batasan waktu untuk menggunakan gawai buat si kecil. Pastikan ia mematuhi peraturan tersebut karena hal ini mencegah ia sangat ketergantungan dengan gawai nantinya.

 

Sejumlah Dampak Media Sosial Pada Anak dan Remaja yang Wajib Diketahui Orang Tua!

Sejumlah Dampak Media Sosial Pada Anak dan Remaja yang Wajib Diketahui Orang Tua! credit image: liputan6.com

 

Ketahui Aplikasi Untuk Pengawasan Khusus

Sebelum si kecil melek teknologi, kamu mesti lebih dulu untuk mengetahui bagaimana teknologi bisa memudahkan hidup kamu. Seperti penggunaan aplikasi atau software untuk mengawasi si kecil dalam mengakses media sosial.

Dengan aplikasi tertentu, kamu bisa tahu apa yang mereka ketik, konten atau tayangan seperti apa yang mereka konsumsi dan aktivitas-aktivitas digital lainnya.

 

Terakhir, Berikan Contoh yang Baik

Terlepas dari hal itu semua, yang pasti kamu sendiri mesti memberikan contoh yang terbaik untuk si kecil. Anak tentu bagaimana orang tuanya, jadi pastikan kamu juga intropeksi diri apakah kamu juga kecanduan main gadget atau tidak. Anak tentu akan mencontoh orang tuanya.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari berbagai hal yang sudah dijelaskan di atas, apakah sudah paham semuanya? Jika iya, bisa kamu terapkan untuk si kecil ya!

 

Feature Image – dream.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!