Setiap individu pasti pernah stres yang diakibatkan oleh pekerjaan.

Stres kerja dianggap lebih mudah dan sering dialami, terutama ketika sedang banyak pekerjaan di kantor dan sudah mendekati deadline. Meskipun hal ini wajar dialami, apalagi saat seseorang sedang berada di bawah tekanan, namun stres kerja yang tidak diatasi dengan tepat, justru dapat menyebabkan berbagai masalah.

Stres kerja tidak hanya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan saja, namun hal ini juga bisa berdampak pada pekerjaanmu.

Berikut ini sejumlah dampak buruk stres kerja yang mungkin bisa kamu alami!

5 Dampak Buruk Stres Kerja

Ketahui Sejumlah Dampak Buruk Stres Kerja yang Bisa Saja Terjadi! / Credit: life.trubus.id

Buruknya Manajemen Waktu

Bagi sebagian orang, stres kerja dapat menimbulkan hormon adrenalin yang membuatmu terpacu untuk menyelesaikan deadline pekerjaan lebih cepat dari biasanya.

Namun, ada pula yang justru pekerjaannya tidak terselesaikan karena mungkin kurangnya dukungan dari orang di sekitar, serta tuntutan pekerjaan yang tinggi. Nantinya, hal ini dapat menyebabkan frustasi, sehingga waktu yang dibutuhkan tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pekerjaan yang tidak selesai tersebut akhirnya dibawa ke rumah, yang memicu rasa stres yang semakin menjadi dan membuat diri merasa tidak mampu mengatur waktu dengan baik.

Mempengaruhi Hubungan dengan Rekan Kerja

Stres kerja juga dapat membuat hubungan dengan rekan kerja jadi tidak baik. Ketika sedang stres, kamu mungkin akan menunjukkan sikap yang kurang baik, berupa kritikan, depresi, mudah tersinggung, marah- marah, ketakutan, hingga sikap defensif.

Hal inilah yang nantinya membuat rekan kerjamu jadi menjauh dan menimbulkan hubungan yang kurang harmonis.

Tidak Fokus

Stres kerja bisa mempengaruhi kemampuan mengingat, proses mengolah informasi, hingga tingkat kefokusan kamu.

Ketika sedang stres, pikiran jadi tidak fokus dan mudah teralihkan. Hal ini bisa membuatmu melakukan kesalahan fatal pada pekerjaan, kesalahan yang membahayakan posisi kerja, hingga menyebabkan kerugian untukmu dan perusahaan.

Ketahui Sejumlah Dampak Buruk Stres Kerja yang Bisa Saja Terjadi! / Credit: mpssoft.co.id

Performa Kerja Menurun

Saat stres kerja, kamu tentu jadi tidak semangat dalam mengerjakan apapun. Kurangnya motivasi dapat berdampak pada perfoma kerja dan membuatmu jadi tidak produktif.

Lingkungan kerja yang kurang nyaman, tidak kondusif, dan tingginya tingkat stres dapat membuatmu jadi malas masuk kantor. Bahkan ada keinginan untuk resign.

Dampak Kesehatan

Stres kerja juga dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan, mulai dari mengalami gangguan tidur, gangguan penglihatan, nyeri pada kepala, gangguan saluran pencernaan, hingga mengalami masalah jantung.

Menurut The American Psychological Association, pekerja yang mengalami stres berlebih cenderung menjalani pola hidup yang tidak sehat seperti makan berlebihan dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Ketika seseorang mengalami stres, penting untuk segera mengatasi penyebabnya agar tidak memberikan dampak buruk bagi pekerjaan dan kesehatan. Jika kamu melihat orang di sekitarmu mengalami stres kerja, berikan ia dukungan moral yang dapat membantu mengurangi tingkat stres.

 

Featured Image - businessinsider.com.au