Jika dilihat kebelakang, percaya atau tidak – virus corona sudah muncul dari akhir tahun 2019 lalu, di mana bermula dari Wuhan, Tiongkok, sampai mendunia. Jika dihitung dari saat itu, kurang lebih pandemi ini sudah berlangsung selama 6 bulan.

Berbagai negara dilaporkan menjadi zona merah penyebaran virus corona, termasuk Amerika Serikat. Namun negara besar tersebut seperti tidak melakukan sesuatu yang signifikan terkait penyebaran virus corona dan pandemi yang sedang berlangsung ini.

Dilansir dari situs detik dan Business Insider, ahli epidemiologi dari Columbia University, Stephen Morse menyatakan kalau selama (kurang-lebih) 6 bulan ini, virus corona ini menjadi jauh lebih efektif daripada kebanyakan tanggapan kami.

 

 

Ilmuwan lainnya yaitu Amesh Adalja dari Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins University, memprediksi kalau situasi dunia ini tidak banyak berubah, artinya pandemi ini bisa saja bertahan sampai enam bulan kedepan.

Amesh dan kalangan ilmuwan lainnya berharap jika Amerika Serikat dan dunia bisa memiliki penanganan pandemi yang signifikan sebelum tahun ini berakhir. Dilansir dari Business Insider, berikut 4 kondisi, prediksi para ilmuwan.

 

4 Kondisi Signifikan yang Diharapkan

Bisa Menyelesaikan Pandemi Virus Corona Ini

Pandemi Bisa Berlangsung Hingga Akhir Tahun, Bagaimana Skenario Para Ilmuwan? credit image: kompas.com

 

Percaya dan Optimis Untuk Adanya Vaksin

Stephen Morse, dalam situs yang sama, menyatakan kalau setidaknya akan ada vaksin untuk virus corona di akhir tahun 2020 nanti. Ia percaya dan optimis akan ada vaksin yang aman dan manjur untuk virus tersebut.

Hal ini dikarenakan oleh setidaknya ada 30 vaksin virus corona yang diperkirakan mulai diuji pada manusia sebelum tahun 2020 ini berakhir. Terlebih 16 di antaranya sudah diuji pada manusia dalam uji klinis.

 

 

Berdasarkan dari hal tersebut – pemerintah Amerika Serikat berharap bisa menyiapkan ratusan juta dosis vaksin pada Januari 2021 mendatang. Jika hal ini terjadi, ini akan jadi catatan sejarah tersendiri untuk pengadaan vaksin tercepat yang pernah ada.

 

Pandemi Bisa Berlangsung Hingga Akhir Tahun, Bagaimana Skenario Para Ilmuwan? credit image: cnnindonesia.com

 

Pengujian di Rumah

Sementara ini, untuk mengetahui apakah kamu terinfeksi virus corona atau tidak – kamu diarahkan untuk melakukan pemeriksaan, seperti rapid test atau swab test dan pemeriksaan lainnya. Namun, segala pemeriksaan tersebut masih berada di tempat-tempat yang disediakan oleh pemerintah atau pihak terkait lainnya.

Ini artinya masih ada potensi untuk berkumpulnya masa di satu titik. Jelas titik keramaian ini malah jadi kemungkinan untuk kamu terinfeksi virus tersebut karena berkumpulnya banyak orang. Oleh karena itu, Morse memprediksi kalau nanti pemeriksaan seperti itu bisa dilakukan di rumah saja.

 

 

Munculnya Pilihan Perawatan Medis Lain

Untuk sementara ini, obat yang paling menjanjikan adalah remdesivir, yaitu bahan kimia yang disetujui FDA dalam penggunaan darurat pada 1 Mei yang lalu. Obat ini diprediksi bisa bantu pasien yang dirawat di rumah sakit bisa pulih lebih cepat.

Kemudian ada juga dexamethasone yang dinilai menjadi steroid umum dan murah bisa mengurangi angka kematian pada pasien virus corona yang parah. Dari pilihan perawatan medis yang ada, ilmuwan memprediksi akan muncul pilihan perawatan medis lainnya lagi sampai akhir Desember nanti.

 

Pandemi Bisa Berlangsung Hingga Akhir Tahun, Bagaimana Skenario Para Ilmuwan? credit image: merdeka.com

 

Pembatasan Akan Dilonggarkan

Ada kepentingan yang tidak kalah penting terlepas dari penyebaran virus corona, yaitu roda perekonomian mesti tetap berjalan. Oleh karena itu, new normal adalah jawaban untuk terus bergeraknya roda perekonomian.

Morse memprediksi sampai Desember akhir tahun 2020 nanti, pelonggaran akan tetap dilakukan – walau mungkin nanti akan ada variasi sistem pembatasan.

 

 

Wah dari segala prediksi di atas dari para ilmuwan, apakah kamu sudah punya prediksi lainnya? Jika iya, sila tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Feature Image – cnnindonesia.com