Kulit merupakan organ terbesar yang menutupi seluruh bagian tubuh. Karena keberadaannya yang berada di bagian terluar tubuh, kulit termasuk rentan terhadap peradangan, infeksi, alergi, dan gangguan lainnya. Beberapa kondisi bisa ringan, bersifat sementara, dan mudah disembuhkan. Sementara sebagian masalah lainnya bisa sangat serius bahkan mematikan.

Berikut beberapa penyakit kulit berbahaya yang perlu kamu ketahui.

1. Psoriasis

Credit: Hipwee

Psoriasis adalah kelainan kulit kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Kondisi ini membuat sel berkembang biak 10 kali lebih cepat dari biasanya. Gejalanya meliputi pengelupasan, peradangan, bercak merah pada kulit, serta munculnya kerak atau sisik berwarna putih keperakan.

Bagian kulit yang mengalami psoriasis biasanya terasa gatal, nyeri, dan panas seperti terbakar. Penyakit ini biasanya menyerang lutut, siku, tangan, dada, punggung bawah, kulit kepala, lipatan bokong dan telapak tangan serta kaki. Pada beberapa orang, psoriasis bisa menyebabkan persendian menjadi bengkak dan menyakitkan. Kondisi ini disebut psoriasis arthritis.

Psoriasis dapat terjadi dalam skala ringan hingga parah. Pada psoriasis ringan, ruam yang terjadi kecil dan tidak terlalu menyakitkan. 

2. Rosacea

Credit: Hellosehat

Rosacea merupakan peradangan kulit wajah yang ditandai dengan kemerahan di pipi, hidung, dagu, dan dahi yang terasa kering, gatal, kasar, dan panas seperti terbakar. Ruam rosacea juga kadang dipenuhi benjolan mirip jerawat. Gejala lainnya termasuk hidung membengkak, pori-pori yang membesar, pembuluh darah mata pecah (mata merah), dan masalah pengelihatan.

Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu keturunan, masalah pada pembuluh darah, tungau dan bakteri. Selain itu, rosacea rentan menyerang wanita usia 30 sampai 50 tahun.

Ketika kamu mengalami rosacea, kamu perlu berkonsultasi ke dokter dan meminta pengobatan. Jika dibiarkan, pembuluh darah yang terdapat di wajah bisa pecah dan ditunjukkan dengan penebalan serta pembengkakan.

3. Melanoma

Credit: Liputan6

Penyakit kulit berbahaya lainnya adalah melanoma. Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang berkembang dalam sel melanosit, yaitu sel yang menghasilkan melanin (pigmen warna kulit).  Gejala awal melanoma umumnya terdapat perubahan pada tahi lalat dan/atau perubahan yang tampak aneh pada kulit kamu. 

Risiko melanoma umumnya meningkat pada orang di bawah usia 40, terutama wanita. Penyakit ini paling sering berkembang di daerah yang rentan terpapar sinar matahari seperti punggung, kaki, lengan, dan wajah.

Melanoma juga bisa terjadi di daerah yang tidak banyak mendapat sinar matahari seperti telapak kaki, telapak tangan, dan kuku. Melanoma tersembunyi ini lebih sering terjadi pada orang berkulit gelap.

 

Featured Image - Hello Sehat