Tetap Bebas Virus, Berikut 5 Tips Membersihkan Belanjaan Selama Pandemi

Tetap Bebas Virus, Berikut 5 Tips Membersihkan Belanjaan Selama Pandemi

font size A Ǎ

Buat kamu yang masih suka belanja di fase new normal ini, baik belanja offline atau belanja online ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan terkait cara membersihkan belanjaan kamu sebagai langkah pencegahan virus corona.

Jadi jangan semerta-merta habis belanja atau menerima paket kiriman barang belanjaan kamu, langsung kamu buka tanpa dibersihkan dulu, ya. Cara-cara membersihkan barang belanjaannya juga bermacam-macam terlebih jika kamu membeli makanan atau minuman.

 

 

Tentu ada cara membersihkannya masing-masing, nih. Penasaran bagaimana cara membersihkan barang belanjaan tersebut? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

5 Cara Membersihkan Belanjaan yang Tepat

Tetap Bebas Virus, Berikut 5 Tips Membersihkan Belanjaan Selama Pandemi

Tetap Bebas Virus, Berikut 5 Tips Membersihkan Belanjaan Selama Pandemi. credit image: kompas.com

 

Semprot Disinfektan di Permukaan Barang atau Belanjaan

Jika barang belanjaan kamu tidak bisa dicuci dengan air serta sabun karena belanja barang elektronik atau semacamnya, minimal kamu bisa menyemprotkan disinfektan di permukaan terluar barang dari belanjaan tersebut.

Setelah disemprot, kamu mesti diamkan dulu sejenak. Kalau perlu, kamu menyemprotkannya bisa berulang kali. Setelah didiamkan, barulah kamu bisa membersihkan sisa semprotan tadi dengan menggunakan lap atau tisu basah.

Ada satu hal yang mesti kamu perhatikan nih, jika sudah menyemprotkan dan membersihkan barang belanjaan tersebut – kamu jangan lupa untuk cuci tangan menggunakan sabun ya untuk terhindar dari hal-ha yang tidak diinginkan.

 

Jika Memungkinkan, Cuci Dengan Air dan Sabun

Jika barang-barang belanjaan kamu yang dibeli seperti peralatan dapur atau lainnya yang bisa dicuci dengan air dan sabun, pastikan kamu membersihkannya terlebih dahulu sebelum digunakan ya. Jika ingin lebih bersih lagi, kamu bisa semprotkan disinfektan lagi, tapi jelas kamu perlu waktu lagi untuk membersihkannya.

 

Diamkan Sejenak Jika Tidak Bisa Dicuci atau Disemprot

Jika memang barang belanjaan kamu tidak bisa dicuci atau disemprot dengan disinfektan, ada baiknya barang belanjaan tersebut kamu karantina terlebih dahulu agar kemungkinan terendap virus corona hilang. Berdasarkan healthline yang dilansir di IDN Times, ada waktu tertentu hidupnya virus corona di barang-barang permukaan benda seperti:

 

  • Plastik               : 3-7 hari
  • Stainless Steel   : 3-7 hari
  • Tembaga            : 4 jam
  • Kertas                : 4 hari
  • Kaca                  : 4 hari
  • Kardus                : 24 jam
  • Kayu                   : 2 hari

 

Jangka hidup virus corona ini bisa dipengaruhi oleh berbagai hal seperti kelembapan udara atau suhu ruangan yang ada. Oleh karena itu, jika bisa dicuci atau disemprotkan dengan disinfektan, lebih baik memang dibersihkan terlebih dahulu.

Jika Dikirim Kurir, Pastikan Letakan Saja di Tempat Tertentu

Sebaiknya tidak melakukan kontak kepada kurir yang mengantarkan barang belanjaan kamu. Minta saja untuk kurirnya meletakan barang belanjaan tersebut di tempat tertentu lalu bisa kamu semprot disinfektan terlebih dahulu.

Setelah disemprot pun tidak perlu langsung kamu bawa ke dalam rumah, kamu bisa diamkan dulu sejenak, lalu bersihkan lagi menggunakan lap atau tisu basah.

Bagaimana Jika Itu Makanan?

Tentu makanan tidak bisa kamu semprotkan begitu saja dengan disinfektan. Oleh karena itu, jika makanan tersebut disimpan dalam wadah dan beberapa lapisan luar lainnya, lapisan luarnya lah yang kamu semprotkan disinfektan.

Kalau kamu membeli buah atau sayuran, setelah lapisan luarnya kamu bersihkan – kamu bisa ikut mencuci buah atau sayuran tersebut menggunakan sabun untuk beberapa saat agar memastikan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan ikut di dalam makanan tersebut.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup paham dengan hal-hal di atas? Jika iya, bisa kamu terapkan dengan baik ya!

 

Feature Image – mediaindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!