Bahaya Menurunkan Masker ke Dagu dan Leher Saat Makan, Ini Alasannya!

Bahaya Menurunkan Masker ke Dagu dan Leher Saat Makan, Ini Alasannya!

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, ada berbagai protokol kesehatan yang perlu diterapkan. Mulai dari mencuci tangan secara rutin, menerapkan physical distancing, dan yang paling terpenting adalah menggunakan masker saat keluar rumah, terutama ketika pergi ke tempat umum yang cukup banyak orang.

Menggunakan masker wajib dilakukan untuk melindungi penularan virus. Meskipun orang di sekitarmu tidak terlihat memiliki gejala, bisa saja orang tersebut sudah membawa virus atau carrier. Belum lagi, Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang sudah mengonfirmasi bahwa Covid-19 dapat ditularkan melalui udara. Jadi, penggunaan masker memang sangatlah penting.

Namun, ketika menggunakan masker ada sejumlah kesalahan yang sering dilakukan, yang paling sering adalah menurunkan masker sampai ke dagu dan leher, khususnya saat makan, minum, atau saat menarik napas segar sesekali.

Kebiasaan tersebut ternyata berbahaya, lho! Mengapa demikian?

Bahaya Menurunkan Masker Hingga ke Dagu dan Leher

Bahaya Menurunkan Masker ke Dagu dan Leher Saat Makan, Ini Alasannya!

Bahaya Menurunkan Masker ke Dagu dan Leher Saat Makan, Ini Alasannya! / Credit: health.detik.com

Masker yang sering diturunkan ke dagu atau leher dapat menimbulkan kontaminasi. Ketika kamu menggunakan masker, bagian dalam masker akan menyentuh bagian mulut dan hidung secara langsung.

Saat kamu menurunkan masker ke dagu atau hingga leher, maka area dalam masker tersebut akan terkontaminasi. Karena, leher merupakan bagian yang terekspos dan kemungkinan ada bakteri, kuman, atau bakteri yang menempel. Bayangkan, masker yang sudah terkontaminasi tersebut kembali menempel di hidung dan mulutmu. Tentu, kebiasaan ini berbahaya bagi kesehatan.

Jika kamu memang ingin melepas masker sementara untuk makan, minum, atau sesekali menarik napas segar, CDC merekomendasikan untuk melapas masker dengan memegang tali pengaitnya, bukan bagian depan maskernya.

Kemudian, jika kamu ingin melepas masker dalam waktu yang cukup lama, letakkan masker pada wadah bersih dan tertutup seperti plastik ziplock, sehingga tetap aman dari kontaminasi.

Tujuan utama dari penggunaan masker adalah untuk melindungimu dari droplets besar yang dikeluarkan saat seseorang bersin, batuk, berbicara, atau bernapas. Dan begitu juga sebaliknya, jika kamu bersin dan batuk, orang lain tetap terlindungi.

Seperti yang sudah diketahui, masker merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah penularan Covid-19. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk menggunakan masker medis maupun masker kain dengan baik dan benar.

Cara Menggunakan Masker yang Baik

Bahaya Menurunkan Masker ke Dagu dan Leher Saat Makan, Ini Alasannya!

Bahaya Menurunkan Masker ke Dagu dan Leher Saat Makan, Ini Alasannya! / Credit: cnet.com
  1. Pastikan masker yang kamu pilih sudah sesuai dengan ukuran wajahmu dan dapat menutup area mulut, hidung, dan dagu. Jika menggunakan masker kain, pilih yang berlapis tiga.
  2. Sebelum menyentuh masker, cuci tangan terlebih dahulu.
  3. Ambil masker dengan cara memegang kaitnya. Cek kondisi masker terlebih dahulu. Apakah masker dalam kondisi baik, tidak ada kerusakan maupun kotor.
  4. Pakai masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali di belakang kepala dengan erat. Lalu, sesuaikan masker dengan wajah agar terasa pas saat digunakan.
  5. Saat menggunakan masker kain, hindari menyentuhnya. Jika kamu ingin memperbaiki posisi masker, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu.
  6. Setelah digunakan selama 4 jam, masker kain harus di ganti.
  7. Sebelum melepas masker, cuci tangan terlebih dahulu. Kemudian, lepas masker dengan cara membuka tali pengikat dan tarik masker menjauhi wajah.
  8. Cuci tangan kembali setelah kamu melepas masker.

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!