Covid-19 Menular Lewat Udara, Ini Tips Untuk Cegah Penularan Virus Di Ruang Tertutup

Covid-19 Menular Lewat Udara, Ini Tips Untuk Cegah Penularan Virus Di Ruang Tertutup

font size A Ǎ

Belum lama ini, World Health Organization (WHO) sudah mengonfirmasi bahwa virus corona dapat menyebar melalui udara atau airborne. Ini berarti Covid-19 dapat menyebar dalam bentuk droplets yang berukuran lebih kecil atau disebut microdroplets yang dapat bertahan selama beberapa jam di udara, terutama di ruang tertutup.

Dalam ruangan tertutup yang berisi cukup banyak orang, satu orang yang sudah terinfeksi dapat melepaskan cukup virus dari ke waktu dan menulari orang lain yang berada dalam satu ruangan dengannya.

Partikel virus dapat bertahan dan berputar- putar di dalam satu ruangan itu saja. Ketika di ruangan terbuka, penyebaran partikel virus akan semakin kecil bahkan dapat mati jika terkena paparan sinar matahari.

Kemungkinan penularan di ruang terbuka pun lebih kecil dan membutuhkan partikel virus yang lebih besar. Sedangkan, jika di ruang tetutup dengan sirkulasi udara buruk, penularan melalui udara sangat mungkin terjadi, karena droplets yang mengandung virus hanya berputar di sekitar ruang tersebut saja.

Sebelumnya, diketahui virus corona bisa ditularkan jika terjadi kontak langsung dengan tetesan yang dikeluarkan oleh orang tepapar Covid-19 melalui batuk, bersin, berbicara, dan saat bernapas.

Lalu, jika virus corona dapat menular melalui udara atau airborne. Apa yang bisa dilakukan? Dan bagaimana cara pencegahannya?

Pencegahan Penularan Covid-19 di Ruang Tertutup

Covid-19 Menular Lewat Udara, Ini Tips Untuk Cegah Penularan Virus Di Ruang Tertutup

Covid-19 Menular Lewat Udara, Ini Tips Untuk Cegah Penularan Virus Di Ruang Tertutup / Credit: tekno.tempo.co

Pencegahan penularan virus dalam ruangan tertutup dapat dilakukan dalam beberapa cara, yaitu:

  • Menjaga sirkulasi udara. Yang terpenting adalah memastikan udara terus berganti. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menerapkan mode AC sirkulasi, menggunakan filter udara, rutin membuka jendela, membuka pintu, dan pastikan ruangan memiliki ventilasi. Dengan begitu, jika ada virus yang masuk atau berada dalam ruangan, maka bisa terbawa udara keluar dan kemungkinan penularan jadi menurun.
  • Menggunakan Masker. Setiap individu yang berada dalam satu ruangan harus menggunakan masker dengan baik dan benar.
  • Rutin mencuci tangan. Pastikan kamu selalu rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.
  • Jaga jarak. Tetap jaga jarak antar individu paling tidak 1,5 meter.

Dan jika memungkinkan, lebih baik menghindari berada di tempat yang ramai atau padat, terutama jika tempat tersebut tertutup atau tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Karena hal ini bisa meningkatkan risiko penularan.

Jadi, pastikan kamu selalu menerapkan kiat- kiat di atas, terutama ketika sedang berada dalam ruangan yang berisi cukup banyak orang, seperti di kantor. Langkah- langkah pencegahan penting dilakukan agar kamu tetap terhindar dari penularan Covid-19.

 

Featured Image - technologyreview.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!