Ada 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Anak Sulit Belajar Membaca

Ada 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Anak Sulit Belajar Membaca

Seperti yang diketahui bersama kalau setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk soal kekurangannya, kamu tidak bisa menjustifikasi si kecil begitu saja. Seperti ketika si kecil mempunyai kesulitan saat belajar membaca atau menulis, ada 4 hal yang bisa kamu lakukan untuk membantunya.

Sebagai orang tua, memerhatikan dan mengetahui secara detil bagaimana proses tumbuh kembang si kecil adalah kewajiban yang mesti dijalankan. Namun jika si kecil punya kekurangan, tidak lantas kamu menjustifikasinya, atau bahkan membandingkan dengan anak lain.

Hindari membanding-bandingkan anak kamu dengan yang lainnya karena percayalah setiap anak juga punya kelebihannya sendiri-sendiri. Jika kamu jeli dan teliti, kamu bisa bantu si kecil untuk memicu bakat atau kelebihannya itu.

 

 

Lalu bagaimana soal kekurangannya? Kembali diperingatkan kalau kamu tidak bisa menjustifikasi begitu saja. Lalu apa yang bisa kamu lakukan? Dalam kasus di bahasan kali ini – jika si kecil punya kesulitan saat belajar membaca atau menulis, setidaknya ada 4 hal yang bisa kamu lakukan.

Apa saja empat hal tersebut? Daripada penasaran dan menebak-nebak sendiri – sila simak bahasan kali ini sampai habis untuk mengetahui selengkapnya ya!

 

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Untuk Bantu si Kecil Atasi Kesulitannya

Ada 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Anak Sulit Belajar Membaca

Ada 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Anak Sulit Belajar Membaca. credit image: gramedia.com

 

Menghukum Karena Ketidakmampuannya? BIG NO!

Jika kamu berharap si kecil akan termotivasi dengan hukuman yang kamu berikan agar ia bisa bangkit karena ketidakmampuannya, kamu sudah melakukan kesalahan sederhana yang akan berakibat fatal bagi tumbuh kembang si kecil nantinya.

Kesulitan yang dialami si kecil saat belajar membaca atau menulis bisa berasal dari berbagai macam sebab. Beberapa di antaranya adalah dyslexia dan dysgraphia. Tidak dengan menghukum – sebagai gantinya, kamu bisa berkonsultasi dengan guru di sekolahnya untuk membantu si kecil soal ketidakmampuannya tersebut.

 

Ada 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Anak Sulit Belajar Membaca

Ada 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Anak Sulit Belajar Membaca. credit image: liputan6.com

 

Memotivasi Berbeda Dengan Memarahi

Jika kamu sendiri tidak bisa membedakan mana memarahi dan mana memotivasi, jangan harap kamu bisa paham juga dengan proses tumbuh kembang si kecil. Saat si kecil kesulitan dalam belajar membaca atau menulis, kamu direkomendasikan tidak memarahinya apalagi memarahi di depan orang lain.

Hal tersebut akan semakin membuat si kecil terpuruk, dan bahkan bisa sampai ke tahap frustasi dan depresi. Terlepas dari hal tersebut, yang bisa kamu lakukan adalah memotivasinya, memberi semangat agar ia sedikit-demi sedikit bisa menyelesaikan ketidakmampuannya.

Kamu bisa beri dorongan untuk si kecil agar bisa melampaui keterbatasannya dengan mengajari untuk tidak pernah berhenti mencoba. Bukan memarahi, ya – tapi memotivasi.

 

Kesabaran Kamu Akan Membuahkan Hasil Terbaik

Percaya atau tidak – kesabaran yang kamu terapkan dalam mengajari si kecil untuk bisa melampaui keterbatasannya dalam belajar membaca atau menulis akan menghasilkan hasil yang terbaik. Kamu bisa mulai mengajari si kecil dengan memperkenalkan huruf-huruf dengan media warna-warni.

Lalu lakukanlah hal-hal mendasar sehingga si kecil bisa dengan lebih mudah memahami apa yang sedang ia pelajari. Sabar, si kecil butuh waktu untuk proses belajarnya.

 

Ada 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Anak Sulit Belajar Membaca

Ada 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Anak Sulit Belajar Membaca. credit image: motherandbaby.co.id

 

Kamu Butuh Bantuan

Jika kamu sebagai orang tua sudah cukup bingung bagaimana lagi membantu si kecil dalam belajar membaca atau menulis – itu tandanya kamu perlu bantuan. Berkonsultasi lah ke psikolog anak atau guru di sekolahnya untuk menemukan metode lain untuk mengajarkannya materi.

Kamu bisa berdiskusi dengan para ahlinya agar si kecil mendapatkan bantuannya yang proper sehingga ia benar-benar bisa melampaui keterbatasannya itu.

 

 

Nah bagaimana? Apakah sudah cukup jelas penjelasan di atas soal apa saja yang bisa kamu lakukan ketika si kecil mengalami kesulitan dalam kegiatan belajarnya? Ingat, tidak untuk dimarahi melainkan disemangati.

 

Feature Image – aladintips.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!