Para Pemilik Usaha Rumahan! Terapkan 5 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Bisnismu

Para Pemilik Usaha Rumahan! Terapkan 5 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Bisnismu

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19 banyak sekali orang yang memutuskan untuk menggeluti bidang usaha rumahan. Selain untuk menghabiskan waktu di rumah saja, memiliki usaha rumahan juga bisa bantu menambah penghasilan.

Sayangnya, masih ada pelaku usaha rumahan yang belum menyadari pentingnya mengatur keuangan. Bahkan, pelaku usaha ini masih ada yang mencampurkan keuangan pribadi dan usaha, lho. Hal ini perlu dihindari ya!

Strategi dalam mengatur keuangan usaha yang salah dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, para pelaku usaha rumahan harus belajar mengatur keuangan, sehingga usaha tetap stabil dan dapat berkembang kearah yang lebih baik.

Daripada bingung, berikut ini cara cerdas dan anti ribet dalam mengatur keuangan usaha rumahan. Berikut ulasannya.

5 Tips Mengatur Keuangan Usaha Rumahan

Para Pemilik Usaha Rumahan! Terapkan 5 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Bisnismu

Para Pemilik Usaha Rumahan! Terapkan 5 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Bisnismu / Credit: medium.com

Buat Perencanaan Keseluruhan

Untuk kamu yang baru saja masuk ke dalam bidang usaha rumahan, mulai dengan membuat perencanaan secara general atau keseluruhan ya.

Buat perencanaan mengenai program apa saja yang akan dilakukan dalam satu periode, kemudian bagi perencanaan tersebut dalam beberapa periode pendek seperti bulanan atau mingguan. Dan hitung kembali mengenai dana untuk menjalankan program tersebut.

Buat Perencanaan Pendapatan

Perencanaan pendapat ini harus bisa memenuhi kebutuhan modal berdasarkan rencana awal kamu tadi ya.

Tentukan bagaimana usaha rumahan kamu bisa menghasilkan keuntungan. Mulai dengan menentukan berapa banyak produk yang akan dijual, berapa target penjualanmu, strategi apa yang digunakan untuk mencapai target, dan memastikan setiap penjualan yang dilakukan dapat memberimu keuntungan.

Para Pemilik Usaha Rumahan! Terapkan 5 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Bisnismu

Para Pemilik Usaha Rumahan! Terapkan 5 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Bisnismu / Credit: doughroller.net

Buat Budget

Hal ini merupakan bagian penting dalam mengatur keuangan usaha rumahan, yaitu membuat budgeting secara rutin. Sesuaikan setiap budget yang kamu miliki dengan kondisi saat ini. Lalu, lakukan review untuk usaha rumahanmu agar kedepannya bisa jadi lebih baik lagi.

Perhatikan Kas Keuangan

Dalam menjalani usaha rumahan, kamu perlu memperhatikan arus keuangan secara rutin. Jika kamu kesulitan melakukan hal ini, kamu juga bisa lho menggunakan jasa administrator untuk mengontrol arus kas keuanganmu.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan software akuntasi untuk mengontrol aliran keuangan hingga membuat laporan arus kas dengan mudah.

Gunakan Keuntungan Untuk Mengembangkan Usaha

Sebagai pelaku usaha rumahan, kamu tentu saja boleh menikmati hasil kerja kerasmu. Tapi, jangan habiskan uang begitu saja ya. Kamu bisa membaginya untuk bersenang- senang dan gunakan untuk keperluan usaha.

Kamu bisa menggunakan uang hasil usaha rumahanmu untuk membeli berbagai kebutuhan sebagai investasi yang bisa membantu mengembangkan usaha rumahan kamu.

Nah, itu dia kelima tips untuk mengatur keuangan bagi pelaku usaha rumahan. Berdasarkan penjelasan di atas, kamu bisa mulai menerapkan kiat-kiat tersebut untuk memudahkanmu dalam mengatur usaha rumahan. Selamat mencoba!

 

Featured Image - trainingbagus.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!