Makan Bersama Keluarga Di Restoran Selama Pandemi, Perhatikan Sejumlah Hal Ini

Makan Bersama Keluarga Di Restoran Selama Pandemi, Perhatikan Sejumlah Hal Ini

font size A Ǎ

Sejak bulan Juni kemarin, masyarakat Indonesia sudah memasuki masa PSBB transisi dan menjalani Adaptasi Kebiasaan Baru. Di fase ini, berbagai aktivitas sudah bisa kembali dilakukan dan beberapa tempat umum pun sudah mulai dibuka.

Salah satunya adalah restoran. Jika sebelumnya berbagai tempat makan hanya menyediakan jasa delivery atau take away food, kini sudah ada beberapa restoran yang membuka kembali layanan makan di tempat.

Nah, kalau kamu ingin pergi ke restoran di tengah pandemi, apalagi untuk makan bersama keluarga, ada sejumlah hal yang perlu kamu terapkan agar tetap aman dan terhindar dari paparan virus.

Berikut ini ulasan lengkapnya.

5 Panduan Makan Bersama Keluarga di Restoran Selama Pandemi

Makan Bersama Keluarga Di Restoran Selama Pandemi, Perhatikan Sejumlah Hal Ini

Makan Bersama Keluarga Di Restoran Selama Pandemi, Perhatikan Sejumlah Hal Ini / Credit: insider.com

Makan Bersama Keluarga – Pastikan Kebersihan Restoran Terjamin

Saat ini, sudah banyak tempat makan yang meningkatkan kualitas kebersihannya. Mulai dari pegawai yang menggunakan masker dan face shield, sarung tangan, dan mengukur suhu tubuh masing- masing pekerja.

Jika kamu yakin kalau restoran pilihanmu terjamin kebersihannya, kamu boleh makan bersama keluarga disana. Namun kalau ragu, sebaiknya tunda sementara waktu ini ya.

Makan Bersama Keluarga – Jaga Jarak

Banyak restoran yang menerapkan berbagai prokotol kesehatan, salah satunya jaga jarak antar kursi dan meja makan. Dengan begitu, pengunjung bisa tetap merasa aman.

Kalau restoran yang ingin kamu kunjungi ternyata ramai, sebaiknya bersabar ya menunggu antrian atau kamu bisa datang lebih cepat lain waktu. Hal ini lebih baik daripada kamu memaksa duduk di tempat yang penuh.

Begitu pula saat antre, pastikan kamu dan keluarga tetap jaga jarak dengan orang lain ya. Dan gunakan masker, serta hindari menyentuh wajah.

Makan Bersama Keluarga – Cuci Tangan Dahulu

Sebelum mulai makan bersama keluarga, pastikan mereka sudah mencuci tangannya masing- masing ya. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

Setelah makan, pastikan anggota keluarga kembali mencuci tangan, atau paling tidak gunakan hand sanitizer. Untuk anak, usahakan berikan hand sanitizer khusus untuk anak kecil ya, karena kandungannya yang lebih lembut dan aman untuk kulit si kecil.

Makan Bersama Keluarga Di Restoran Selama Pandemi, Perhatikan Sejumlah Hal Ini

Makan Bersama Keluarga Di Restoran Selama Pandemi, Perhatikan Sejumlah Hal Ini / Credit: blog.kettleandfire.com

Makan Bersama Keluarga – Pilih Makanan Sehat

Selama pandemi, pastikan anggota keluarga memilih menu makanan yang sehat, agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

Jika ingin mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang, pastikan kembali kebersihannya. Karena, ketika kamu mengonsumsi makanan mentah yang sudah terkontaminasi, maka virus dan bakteri yang menempel di makanan sudah pasti langsung masuk ke dalam tubuh. Sementara, makanan yang matang cenderung lebih aman daripada yang mentah.

Makan Bersama Keluarga – Pilih Tempat Dengan Sirkulasi Udara yang Baik

Belum lama ini, WHO mengonfirmasi bahwa virus corona dapat menular melalui udara. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih restoran yang memiliki sirkulasi udara baik.

Jika memungkinkan, pilihlah restoran dengan area outdoor, untuk meminimalisir terjadinya penularan virus.

Nah, bagaimana nih? Apakah kamu ingin makan bersama keluarga di restoran selama pandemi? Jika iya, jangan lupa untuk menerapkan kiat- kiat di atas ya, agar kamu dan keluarga tetap aman dan terhindar dari paparan virus.

Dan yang paling terpenting, selalu terapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker ketika keluar rumah, gunakan face shield sebagai perlindungan ekstra, rutin mencuci tangan, dan selalu jaga jarak ketika berada di tempat publik.

 

Featured Image - businessinsider.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!