3 Tips Untuk Buat CV Semakin Menarik Saat Lamar Kerja Di Tengah Pandemi

3 Tips Untuk Buat CV Semakin Menarik Saat Lamar Kerja Di Tengah Pandemi

font size A Ǎ

Efek dari pandemi yang berkepanjangan ini salah satunya yang sangat dirasakan adalah kehilangan pekerjaan. Mau bagaimana lagi? Pembatasan yang sempat diterapkan membuat roda perekonomian sempat tidak bergerak.

Sementara itu, fase new normal yang sekarang sudah bergulir ini membuat banyak orang memulai lagi mencari peruntungan di tempat kerja yang baru. Apakah kamu salah satu dari sekian banyak yang merasakan dampak ini? Sudah memperbarui CV atau surat lamaran kerja?

CV atau surat lamaran kerja menjadi hal utama yang mesti kamu perhatikan saat melamar ke tempat kantor baru. Banyak lho yang bisa membuat CV atau surat lamaran kerja yang bagus, tapi apa yang bisa membedakan satu dengan yang lainnya?

 

 

Dibawah ini, setidaknya ada tiga tips menarik yang bisa membantu kamu membuat CV atau surat lamaran kerja yang bisa mendapat perhatian dari HRD calon tempat kerja yang baru. Penasaran apa saja tipsnya? Sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

3 Tips Menarik Untuk Buat CV Dilirik HRD

3 Tips Untuk Buat CV Semakin Menarik Saat Lamar Kerja Di Tengah Pandemi

3 Tips Untuk Buat CV Semakin Menarik Saat Lamar Kerja Di Tengah Pandemi. credit image: inc.com

 

Menjual Skill

Satu yang bisa kamu cermati dan terapkan nanti, kamu tidak perlu bilang kamu bisa menjadi seseorang yang lebih baik jika diterima, tapi kamu bisa tunjukan di CV atau surat lamaran kerjanya. Misalnya, kamu bisa menyebutkan berbagai pelatihan yang sudah pernah kamu ikuti.

Kemampuan apa saja yang sudah kamu miliki – terangkan atau jelaskan sekalian dengan apa saja pencapaian kamu melalui kemampuan atau skill yang kamu punya. Kamu juga bisa bilang saat di interview kamu siap untuk mengikuti berbagai ketrampilan yang nantinya bisa membuat perusahaan beruntung mempunyai karyawan seperti kamu.

 

Percaya Diri

Walau sulit untuk mendapatkan nilai sempurna atau nilai 100 – minimal kamu mesti percaya diri dengan apa yang sudah kamu tulis di CV atau surat lamaran kerjanya. Menurut Jeannie Kim, Wakil Presiden Konten di situs karier The Muse mengungkapkan kamu mesti percaya diri.

Menurut Kim, kamu perlu percaya diri dan mencoba untuk tidak mudah minta maaf atas apapun yang kurang dari diri kamu. Kamu bisa dengan percaya diri dengan memainkan latarbelakang yang kamu miliki, mendeskripsikan pekerjaan dan tanggung jawab yang pernah kamu pegang, dan lainnya.

 

Menunjukan Soft Skill

CV atau surat lamaran pekerjaan kamu akan semakin menarik jika kamu tidak hanya menampilkan ketrampilan atau kemampuan secara akademik atau teoritis. Kamu bisa juga mencantumkan berbagai soft skill yang kamu miliki.

Contohnya adalah kemampuan untuk beradaptasi. Kamu bisa bercerita kalau kamu memang mampu untuk menghafal nama orang-orang baru di sekitar kamu dengan cepat. Ini artinya kamu bisa beradaptasi dengan cepat sehingga bisa jadi nilai tambah untuk HRD yang akan ambil kamu sebagai karyawan di perusahaan terkait.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari ketiga tips menarik di atas – apakah sudah bisa kamu cermati dan pahami? Jika iya, bisa kamu terapkan ya!

 

Feature Image – forbes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!