Naik Transportasi Umum Selama Pandemi? Deretan Tips Ini Bisa Bantu Cegah Penularan Virus Lewat Udara!

Naik Transportasi Umum Selama Pandemi? Deretan Tips Ini Bisa Bantu Cegah Penularan Virus Lewat Udara!

font size A Ǎ

Saat ini, Covid-19 sudah dapat menyebar melalui udara. Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu. Dengan begitu, Covid-19 dapat bertahan lama di udara dalam ruangan tertutup dan menyebar dari satu ke orang lainnya.

Sebelumnya, diketahui bahwa virus corona ditularkan jika adanya kontak langsung dengan tetesan yang dikeluarkan oleh seseorang teinfeksi melalui batuk, bersin, berbicara, atau bernapas.

Para ahli sebenarnya merekomendasikan untuk menghindari keramaian, termasuk transportasi umum dan gedung publik, seperti mall. Namun, jika kamu harus terpaksa menggunakan transportasi umum, ada sejumlah protokol kesehatan yang wajib dilakukan.

Apa saja protokol kesehatan tersebut?

Mencegah Penularan Covid-19 Melalui Udara Saat di Transportasi Umum

Naik Transportasi Umum Selama Pandemi? Deretan Tips Ini Bisa Bantu Cegah Penularan Virus Lewat Udara!

Naik Transportasi Umum Selama Pandemi? Deretan Tips Ini Bisa Bantu Cegah Penularan Virus Lewat Udara! / Credit: buzzfeednews.com

Ketika partikel virus dapat bertahan di udara dalam suatu ruangan, ini berarti virus tersebut akan berputar- putar disitu saja. Berbeda ketika di ruang terbuka, partikel virus dapat menyebar jadi partikel yang lebih kecil dan dapat mati karena terkena sinar matahari.

Untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 di ruang tertutup, termasuk kendaraan umum maupun pribadi. Berikut hal yang bisa dilakukan:

  • Pastikan sirkulasi udara sudah diatur dan berjalan dengan baik. Gunakan mode AC tertentu yang memungkinkan sirkulasi udara dapat terus berputar, dari dalam ke luar kendaraan.
  • Pihak pengelola transportasi bisa menggunakan air purifier atau sinar ultraviolet untuk membunuh kuman dan virus.
  • Jika ventilasi udara tidak bisa ditingkatkan, direkomendasikan menggunakan pembersih udara yang memiliki efisiensi tinggi (HEPA).
  • Batasi jumlah penumpang dan tertib menjaga jarak saat menggunakan transportasi umum.
  • Setiap penumpang wajib menggunakan masker.
  • Bagi penumpang, usahakan untuk mengurangi menyentuh benda- benda yang ada di dalam transportasi umum.

WHO Perbarui Ringkasan Ilmiah Soal Penularan Covid-19

Naik Transportasi Umum Selama Pandemi? Deretan Tips Ini Bisa Bantu Cegah Penularan Virus Lewat Udara!

Naik Transportasi Umum Selama Pandemi? Deretan Tips Ini Bisa Bantu Cegah Penularan Virus Lewat Udara! / Credit: cnnindonesia.com

Sebelumya, WHO sudah memperbarui ringkasan ilmiah mengenai transmisi virus corona penyebab Covid-19 pada 29 Maret lalu. Dalam ringkasan ini, dijelaskan mengenai mode penularan virus dan rekomendasi cara pencegahannya.

Ringkasan ilmiah tersebut sudah menyinggung kemungkinan penularan virus melalui udara. Disebutkan bahwa ruangan tertutup yang ramai, seperti restoran, gym, mall memiliki potensi tinggi untuk menularkan virus.

Meski demikian, penularan tetap dapat dicegah dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga kebersihan, menggunakan masker, jaga jarak, rutin cuci tangan selama 20 detik, memastikan ruangan memiliki ventilasi udara yang baik, serta dibersihkan secara rutin.

Dan WHO merekomendasikan untuk menghindari tempat ramai dan ruangan tertutup dengan ventilasi buruk. Ketika kamu harus berada di ruangan tertutup, pastikan kamu dan orang lain yang ada di ruangan tersebut menggunakan masker.

 

Nah, itu dia langkah tepat untuk mencegah penularan virus melalui udara saat kamu harus menggunakan transportasi umum. Berdasarkan penjelasan di atas, selalu terapkan protokol kesehatan saat berada di tempat umum ya. Langkah ini diambil agar kamu tetap aman dan terhindar dari penularan virus.

 

Featured Image - theverge.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!