Baik Untuk Kesehatan, Ketahui Serba Serbi Makanan Tinggi Akan Serat

Baik Untuk Kesehatan, Ketahui Serba Serbi Makanan Tinggi Akan Serat

font size A Ǎ

Semua orang pasti tahu bahwa tubuh membutuhkan makanan tinggi serat untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk melancarkan pencernaan serta menjaga sistem kekebalan. Namun, semua orang belum tentu tahu mana makanan yang tinggi serat dan mana yang tidak.

Diketahui, ada dua jenis serat yaitu serat larut ait yang biasa ditemukan pada buah, oat, jeli, sayur, serta agar- agar. Lalu, ada pula serat tidak larut air yang terdapat pada gandum, biji- bijian, dan beberapa jenis sayur seperti bayam. Biasanya, makanan tinggi serat cepat melewati usus karena proses cerna yang cukup cepat.

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan tinggi serat dan bagaimana cara memenuhinya? Berikut ini ulasannya.

Serba- Serbi Makanan Tinggi Serat

Baik Untuk Kesehatan, Ketahui Serba Serbi Makanan Tinggi Akan Serat

Baik Untuk Kesehatan, Ketahui Serba Serbi Makanan Tinggi Akan Serat / Credit: foodinsight.org

Manfaat Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Secara umum, makanan tinggi serat dibutuhkan tubuh untuk membantu pencernaan tetap lancar, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah terjadinya konstipasi. Selain itu, rutin mengonsumsi makanan tinggi serat dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjaga berat badan tetap stabil, karena membuatmu merasa cepat kenyang.

Makanan tinggi serat juga dapat melancarkan pergerakan usus, mengendalikan gula darah, dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan berbagai jenis kanker.

Jumlah Serat Harian yang Baik Untuk Tubuh

Berdasarkan rekomendasi dari Academy of Nutrition and Dietetics, konsumsi harian serat adalah sebanyak 25 gram untuk wanita, dan 38 gram untuk pria. Jika ada anggota keluarga yang berusia di atas 50 tahun, takaran harian serat yang dianjurkan yaitu 21 gram untuk wanita, dan 30 gram untuk pria.

Idealnya, untuk memenuhi kebutuhan serat harian, kamu bisa mengonsumsi lima sajian buah dan sayuran, ditambah beberapa sajian produk gandum utuh.

Baik Untuk Kesehatan, Ketahui Serba Serbi Makanan Tinggi Akan Serat

Baik Untuk Kesehatan, Ketahui Serba Serbi Makanan Tinggi Akan Serat / Credit: helpguide.org

Makanan Tinggi Serat Alami yang Bisa Kamu Konsumsi

Berikut ini beberapa contoh makanan tinggi serat yang bisa kamu konsumsi:

  • Sayuran dan buah. Seperti bengkoang, bayam, jamur, labu, asparagus, kentang, brokoli, dan kacang panjang. Sementara buah, jeruk, apel, pisang, buah pir, mangga, nangka, sukun, buah beri dan buah ara.
  • Biji-bijian utuh. Dapat ditemukan pada pasta atau roti dengan biji- bijian utuh, beras merah, dan sereal seperti oatmeal.
  • Kacang-kacangan. Seperti lentil, kacang hitam, kacang polong, kacang merah, biji bunga matahari, kacang almond, dan pistachio.

Tips Memenuhi Kebutuhan Serat

  • Untuk anak, kamu dapat memberikan susu yang tinggi serat untuk membantu memenuhi kebutuhan serat hariannya..
  • Hindari mengonsumsi satu jenis makanan yang sama. Dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan tinggi serat, dapat memungkinkan kebutuhan serat lebih terpenuhi.
  • Kalau memungkinkan, konsumsi buah beserta kulitnya.
  • Konsumsi camilan sehat, seperti buah segar atau kacang tanpa tambahan garam dan gula.
  • Ketika mengonsumsi makanan kemasan, periksa kandungan serat yang tercantum pada label.

Yang perlu diingat adalah hindari mengonsumsi makanan tinggi serat yang berlebihan karena dapat menyebabkan perut kembung. Lalu, barengi dengan minum air putih yang cukup ya saat mengonsumsi makanan tinggi serat, untuk menghindari terjadinya konstipasi.

Nah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan diatas makanan tinggi serat memang baik untuk kesehatan tubuh, terutama pencernaan ya. Jadi, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan serat harianmu!

 

Featured Image - hesig.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!