7 Tips Cerdas Untuk Memulai Usaha Frozen Food Di Rumah

7 Tips Cerdas Untuk Memulai Usaha Frozen Food Di Rumah

font size A Ǎ

Salah satu ide bisnis yang cukup potensial selama pandemi Covid-19 dan fase new normal seperti sekarang ini adalah frozen food. Dikenal praktis dan enak – frozen food menjadi jenis bahan makanan yang disukai oleh banyak kalangan, terutama anak-anak.

Terlebih saat waktu di mana PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar masih diberlakukan, frozen food jadi kesukaan karena dinilai jenis bahan makanan yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

 

 

Oleh karena itu, banyak orang-orang di luar sana melihat peluang untuk membuat frozen food menjadi bisnis tersendiri. Jika dilihat dari yang sudah ada sekarang ini, mereka yang melakoni bisnis atau usaha ini memiliki omzet yang cukup besar.

Apakah kamu juga ingin memanfaatkan peluang yang satu ini? Jika iya, kamu berada di bahasan yang tepat karena (dilansir dari situs CNN Indonesia) di bawah ini, setidaknya ada 7 tips mudah untuk memulai bisnis frozen food. Untuk keuntungannya, bisa nih kamu jadikan income sampingan selama new normal ini!

 

7 Tips Cerdas Untuk Memulai Usaha Frozen Food Di Rumah

7 Tips Cerdas Untuk Memulai Usaha Frozen Food Di Rumah. credit image: detik.com

 

7 Tips Mudah Mulai Bisnis Frozen Food

 

Ide dan Eksekusinya

7 Tips Cerdas Untuk Memulai Usaha Frozen Food Di Rumah

7 Tips Cerdas Untuk Memulai Usaha Frozen Food Di Rumah. credit image: kompas.com

 

Mencari ide untuk memulai bisnis adalah hal yang sebenarnya gampang-gampang susah, tapi relatif mudah sebenarnya. Namun mengutip dari salah satu pebisnis hebat dari Indonesia, Bob Sadino pernah menyatakan kalau bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan.

Artinya, tidak hanya sekedar ide saja tapi kamu juga harus eksekusi ide-ide tersebut. Terkait dengan tips pertama ini, kamu bisa langsung survei bahan bakunya apa saja di pasar, memeriksa apakah kamu bisa mendapatkan supplier bahan baku tersendiri.

 

Memanfaatkan yang Sudah Ada

Selagi masih awal-awal mulai, kamu tidak perlu gegabah untuk memodali semua hal dengan yang baru. Terutama soal freezer. Cukup menguras kantong lho harga freezer baru. Maka dari itu, disarankan buat kamu untuk memanfaatkan freezer yang sudah kamu punya dulu saja.

Jika bisnis frozen food kamu sudah berkembang dengan sangat baik, barulah kamu bisa membeli apapun yang kamu butuhkan untuk bisnis kamu ini dengan barang-barang yang baru.

 

7 Tips Cerdas Untuk Memulai Usaha Frozen Food Di Rumah

7 Tips Cerdas Untuk Memulai Usaha Frozen Food Di Rumah. credit image: indoblognet.com

 

Soal Pemasaran? Mulai Dari yang Terdekat

Jika kamu cukup jeli – soal pemasaran tidak menjadi hal yang sulit, lho. Kamu bisa mulai dari orang-orang terdekat. Misalnya keluarga besar, tetangga kanan dan kiri – kamu bisa memasarkan barang dagangan kamu dengan menggunakan teknologi seperti whatsapp group.

Cara ini dinilai menjadi salah satu cara yang cukup efektif dalam memasarkan barang dagangan. Terbilang cara ini menjadi salah satu cara yang cukup cerdik dan tidak memakan banyak modal uang untuk melakukannya.

Terkecuali kamu sudah berada di tingkat yang advance untuk menggunakan fitur beriklan pada sosial media. Kalau sudah ingin menggunakan fitur tersebut – kamu bisa nih menyiapkan budget tersendiri untuk beriklan.

 

Keep Low Expectation

Baru mulai berbisnis tidak harus membuat kamu berekspektasi tinggi walau kamu sudah melihat yang lainnya berhasil lebih dulu. Mereka mulai lebih cepat dari kamu sehingga kamu tidak perlu berharap terlalu tinggi soal keberhasilan.

Cukup dijalankan dengan perlahan namun pasti. Percaya atau tidak, kamu akan punya pace dan insting tersendiri untuk melakoni bisnis frozen food ini.

 

Jaga Kualitas Produk Kamu

Sederhana nih – tapi kalau banyak orang yang sudah mulai kenal dan memuji atau bahkan menjadi langganan frozen food kamu – perlu diingat dengan jelas kalau kamu tetap harus menjaga kualitas yang sudah ada. Karena kualitas terbaik akan selalu dicari oleh banyak orang!

 

7 Tips Cerdas Untuk Memulai Usaha Frozen Food Di Rumah

7 Tips Cerdas Untuk Memulai Usaha Frozen Food Di Rumah. credit image: okezone.com

 

Mencermati Keuangan Dengan Jelas

Bisnis yang baik adalah cerminan dari sistem keuangan yang baik pula. Kamu perlu juga berfokus pada keuangan yang ada di dalam bisnis frozen food ini. Catat dan lakukan hitungan dengan cermat agar hasil dari bisnis kamu mudah terlihat!

 

Harus Percaya Diri

Terlepas dari semua hal yang sudah disebutkan dan dijelaskan di atas – ada satu hal yang cukup fundamental untuk menjalani bisnis frozen food kali ini: percaya diri. Jika kamu sudah percaya pada dirimu sendiri – niscaya apapun yang kamu lakukan, pasti berhasil.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari berbagai penjelasan di atas – apakah kamu sudah paham dan siap untuk melakoni bisnis frozen food? Jika iya, bisa kamu coba dan terapkan ya!

 

Feature Image – gobiz.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!