Rutin Cuci Tangan Dapat Cegah Berbagai Penyakit, Tak Hanya Covid-19 Saja

Rutin Cuci Tangan Dapat Cegah Berbagai Penyakit, Tak Hanya Covid-19 Saja

font size A Ǎ

Covid-19 sudah menyebar hampir ke seluruh negara di dunia. Virus ini menyebar dengan cepat hanya dalam hitungan bulan saja. Dengan meningkatnya kasus Covid-19, berbagai langkah pencegahan pun dilakukan, termasuk cuci tangan. Bahkan metode cuci tangan dianggap sebagai cara paling mudah untuk mencegah penularan Covid-19 dan berbagai penyakit lainnya.

Jadi, tak hanya saat pandemi, cuci tangan juga salah satu metode pencegahan paling murah, sederhana, dan efektif untuk penularan penyakit lainnya, seperti diare.

Di Indonesia, meskipun cuci tangan sudah digalakan sejak lama, faktanya masih banyak orang yang melakukan hal ini dengan cara yang kurang tepat. Bahkan, tak sedikit orang yang justru menyepelekan cuci tangan.

Karena itu, kita tak hanya harus menggiatkan cuci tangan, tapi perlu menginformasikan bagaimana cara cuci tangan yang baik dan benar, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara optimal.

Selain Mencegah Covid-19, Cuci Tangan Dapat Cegah Diare dan Infeksi Saluran Napas

Rutin Cuci Tangan Dapat Cegah Berbagai Penyakit, Tak Hanya Covid-19 Saja

Rutin Cuci Tangan Dapat Cegah Berbagai Penyakit, Tak Hanya Covid-19 Saja / Credit: everydayhealth.com

Hubungan antara mencuci tangan yang baik dan benar dengan berbagai penyakit sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Misalnya, menurunnya penderita diare saat menerapkan cuci tangan secara tepat.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jember dengan responden 300 anak SD, menemukan hubungan yang kuat antara cuci tangan dan penyakit diare. Semakin baik cara cuci tangannya, maka semakin rendah pula risiko terjangkit diare.

Lalu, ada pula hubungan antara infeksi saluran napas akut (ISPA) dengan cara cuci tangan yang kurang tepat. Tanpa disadari tangan sering menyentuh bagian wajah, termasuk hidung dan mulut. Dengan cuci tangan, kuman dan bakteri yang menempel di tangan bisa dihilangkan. Hal ini tentu mengurangi kasus penyakit ISPA.

Dan pada penelitian lainnya, cuci tangan jugua dianggap mampu mengurangi kasus cacingan pada anak.

Cuci Tangan yang Baik dan Efektif

Rutin Cuci Tangan Dapat Cegah Berbagai Penyakit, Tak Hanya Covid-19 Saja

Rutin Cuci Tangan Dapat Cegah Berbagai Penyakit, Tak Hanya Covid-19 Saja / Credit: bhg.com

Metode pencegahan dengan cuci tangan akan semakin efektif jika langkah ini dilakukan secara tepat, menggunakan air mengalir dan sabun, dan dilakukan selama 20-60 detik.

Selain itu, ikuti metode 6 langkah cuci tangan sesuai anjuran Kementerian Kesehatan yang berdasarkan rekomendasi WHO. Berikut ini langkahnya:

  1. Basahi tangan, gosokkan sabun, lalu gosokkan kedua telapak tangan dengan arah memutar.
  2. Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian.
  3. Gosok sela- sela jari.
  4. Bersihkan ujung jari bergantian, lakukan dengan posisi mengunci.
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan, gosok perlahan dan gantian. Kemudian bilas air hingga bersih.

Yang perlu kamu ingat, mencuci tangan harus menggunakan sabun dan air yang mengalir. Sabun berperan untuk melarutkan lapisan lemak yang melapisi virus dan bakteri. Lalu, menggunakan air mengalir akan membilas virus yang masih tersisa di tangan.

 

Featured Image - indianapublicmedia.org

Source - theconversation.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!