Traveller! Yuk, Terapkan 6 Cara Ini Untuk Jaga Kehidupan Laut

Traveller! Yuk, Terapkan 6 Cara Ini Untuk Jaga Kehidupan Laut

font size A Ǎ

Walaupun kamu belum tahu kapan bisa dengan leluasa untuk traveling lagi, untuk sementara ini kamu bisa mengisi waktu dengan mengasah pengetahuan kamu, khususnya jika kamu ingin traveling ke pantai dan laut. Sampai sementara ini, masih ada saja sampah yang bertebaran tidak pada tempatnya di sana.

Menyedihkan, karena jika berdasarkan dari posisi negara Indonesia, nusantara ini adalah negara maritim yang besar sehingga tentu kekayaan lautnya tidak diragukan lagi. Sayang sekali jika kekayaan laut di Indonesia tidak sebanding dengan bagaimana merawatnya.

 

 

Oleh karena itu, untuk menggerakan banyak orang – kamu perlu bergerak terlebih dahulu. Kalau kamu ingin traveling ke pantai dan laut – setidaknya kamu mengetahui 6 hal penting di bawah ini. Penasaran apa saja hal-hal tersebut? Sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui selengkapnya ya!

 

6 Hal yang Mesti Kamu Ketahui

Saat Traveling ke Pantai dan Laut

 

Traveller! Yuk, Terapkan 6 Cara Ini Untuk Jaga Kehidupan Laut

Traveller! Yuk, Terapkan 6 Cara Ini Untuk Jaga Kehidupan Laut. credit image: qraved.com

 

Memeriksa Label Makanan Laut

Apakah hal ini penting buat kamu? Ini penting, sangat penting. Penangkapan ikan yang berlebihan atau eksploitasi kekayaan laut yang keterlaluan menjadi ancaman besar yang dihadapi oleh para penunggu laut. Praktik penangkapan ikan yang berlebihan tentu mengakibatkan ekosistem di laut terganggu.

Untuk itu, hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga perikanan dan stok ikan sehat dengan cara memilih makan laut yang berkelanjutan saja ketika kamu sedang berbelanja – atau makan di restoran dekat pantai dan laut yang kamu datangi.

 

Traveller! Yuk, Terapkan 6 Cara Ini Untuk Jaga Kehidupan Laut

Traveller! Yuk, Terapkan 6 Cara Ini Untuk Jaga Kehidupan Laut. credit image: medium.com

 

Mengurangi Emisi Karbon

Banyak yang masih belum mengerti soal hal ini. Singkatnya begini ya – ketika kamu menggunakan pesawat terbang, bahan bakar yang digunakan oleh pesawat itu membuat si burung besi mengeluarkan emisi karbon yang sangat besar. Apakah itu berpengaruh ke laut? Iya dan untuk sekitarnya juga.

Bahkan sampai ketika kegiatan kamu menyalakan tv, menyalakan pendingin ruangan, dan bahkan menyalakan lampu ada kondisi sudah terang – ini membuat emisi karbon semakin besar sehingga lingkungan akan terpengaruh.

Oleh karena itu, hal yang bisa kamu lakukan adalah berpergian menggunakan transportasi yang ramah lingkungan. Jika masih dalam negeri, kamu bisa gunakan kereta daripada pesawat, atau kamu bisa menggunakan kapal laut untuk menyebrang dari satu pulau ke pulau lainnya.

 

Traveller! Yuk, Terapkan 6 Cara Ini Untuk Jaga Kehidupan Laut

Traveller! Yuk, Terapkan 6 Cara Ini Untuk Jaga Kehidupan Laut. credit image: greenpeace.org

 

Ini Klasik, Tapi Plastik Bikin Tragis

Hindari pemakaian plastik sekali pakai. Percaya atau tidak, WWF menyebutkan kalau setidaknya ada 8 juta ton plastik dibuang ke lautan setiap tahunnya. Jelas ini berpengaruh buruk kepada ekosistem laut dan sekitarnya.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan wadah-wadah yang bisa kamu gunakan berkali-kali. Misalnya botol minum sendiri, sedotan stainless steel dan peralatan lain yang ramah lingkungan bisa jadi pilihan kamu dalam traveling.

 

Pilih Agen Perjalanan

Hal ini dimaksudkan ke kamu agar bisa memili agen perjalanan yang menawarkan perjalanan atau traveling yang ramah lingkungan. Mereka yang berkomitmen untuk melindungi satwa liar, memberdayakan komunitas lokal dan menggunakan praktik-praktik ramah lingkungan.

Sampai berani menegur para wisatawan yang bandel seperti mengangkat terumbu karang ke daratan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Ini tidak patut kamu lakukan ya!

 

Kamu Perlu Meningkatkan Wawasan

Selain beberapa hal di atas yang sudah disebutkan – kamu sendiri sebelum memulai perjalanan, mesti menambahkan wawasan juga nih. Kamu bisa baca-baca jurnal di internet, baca buku di perpustakaan, sampai ke museum.

 

Traveller! Yuk, Terapkan 6 Cara Ini Untuk Jaga Kehidupan Laut

Traveller! Yuk, Terapkan 6 Cara Ini Untuk Jaga Kehidupan Laut. credit image: beaches.lacounty.gov

 

Jadi Sukarelawan

Percaya atau tidak, menjadi sukarelawan atau volunteer untuk ikut membantu membersihkan pantai adalah tren yang sedang hype. Tren positif ini disambut banyak traveler karena memang mempunyai nilai yang positif.

Kamu bisa nih ikutan seperti ini. Tidak sulit kok – kamu bisa dengan mudah memulaikan dengan diri sendiri seperti tidak membuang sampah sembarang di pantai dan di laut dan aktivitas lainnya.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari berbagai hal yang sudah disebutkan di atas – apakah kamu sudah paham dan siap menerapkannya?

 

Feature Image – eartheclipse.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!