Hal ini bertujuan agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terserang berbagai macam virus penyebab penyakit, termasuk virus corona.

Ada berbagai cara menjaga kesehatan yang diterapkan, seperti menjalankan pola hidup sehat termasuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, memenuhi kebutuhan cairan setiap hari, rutin berolahraga.

Tak hanya dijadikan sebagai pola hidup sehat, berolahraga juga sedang tren di kalangan masyarakat. Contohnya, olahraga sepeda yang dipilih sebagai aktivitas fisik harian, atau jalan cepat di sekitar kompleks sembari menikmati udara segar.

Sama halnya seperti sepatu olahraga, memilih outfit yang sesuai saat beraktivitas fisik juga merupakan hal penting. Tentu saja tujuannya agar kamu bisa berolahraga dengan nyaman.

Nah, agar kamu bisa memilih pakaian olahraga yang tepat, berikut ini ada 3 tips yang bisa kamu terapkan. Simak ulasan lengkapnya ya.

3 Tips Jitu Pilih Outfit Olahraga

3 Tips Jitu Pilih Outfit Olahraga yang Nyaman Selama Pandemi. Patut Dicoba! / Credit: everydayhealth.com

Pilih Bahan yang Menyerap Keringat

Tips yang satu ini penting banget untuk diperhatikan. Karena saat berolahraga sudah pasti keringat akan muncul. Dan saat keringat sudah berlebihan, baju jadi basah dan mungkin saja tubuhmu merasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih bahan baju olahraga yang menyerap keringat, seperti bahan Polyester atau Microfiber yang memang dirancang khusus untuk menyerap keringat lebih cepat.

Nyaman

Usahakan untuk memilih baju olahraga yang nyaman ya. Ketika outfit yang kamu gunakan tidak nyaman, kegiatan olahraga bisa terganggu dan justru kamu jadi malas untuk melanjutkan olahraga.

Lalu, jika pakaian olahraga yang biasa kamu gunakan sudah tak lagi nyaman, sebaiknya jangan dipakai lagi ya.

Tidak Bau Keringat

Bau keringat seringkali timbul setelah berolahraga, hal ini juga bisa membuatmu tidak nyaman dan merasa terganggu. Oleh karena itu, pilih baju yang memiliki teknologi tertentu, sehingga bau keringat jadi tidak menyengat dan tetap segar. Jadi, kalau bau badan masih fresh, tentu saja kamu tetap semangat berolahraga.

3 Tips Jitu Pilih Outfit Olahraga yang Nyaman Selama Pandemi. Patut Dicoba! / Credit: spiritualityhealth.com

Nah, selain ketiga tips di atas, ada beberapa pertimbangan lainnya ketika memilih baju olahraga, misalnya memilih kain baju yang tepat sehingga tidak terjadi iritasi pada kulit.

Seorang asisten profesor dermatologi Ichan School of Medicine at Mount Sinai, Angela Lamb, MD, mengatakan bahwa memilih kain yang tepat juga dapat membantu mencegah terjadinya folliculitis, yaitu peradangan dan infeksi di daerah folikel rabut yang bisa terjadi ketika kamu menggunakan pakaian yang ‘tidak bisa bernapas’.

Selain itu, pertimbangkan soal warna. Meskipun terlihat sepele, tetapi salah memilih warna juga dapat memicu reaksi alergi, lho. Bagi yang memiliki kulit sensitif atau eksim, disarankan untuk menghindari kain sintetis berwarna gelap, karena pewarna yang digunakan bisa saja menyebabkan alergi.

Dan jika kamu menggunakan baju olahraga untuk pertama kalinya, jangan lupa untuk mencuci baju olahraga terlebih dahulu sebelum digunakan ya. Hal ini dilakukan untuk menghindari ruam atau iritasi.


Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, agar kegiatan olahragamu semakin nyaman, terapkan tips- tips tersebut dalam memilih outfit olahraga ya!

 

Featured Image - runnersworld.com

Source - cnnindonesia.co