Kantor Wajib Miliki Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Ketahui 7 Alasannya

Kantor Wajib Miliki Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Ketahui 7 Alasannya

Kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, baik di kantor, proyek dan tempat kerja lainnya adalah salah satu hal yang utama dan penting. Semua orang yang ada di tempat kerja, tentu mendamba tempat kerja yang aman dan nyaman.

Oleh karena itu, kesehatan dan keselamatan kerja jadi salah satu hal yang utama untuk diwujudkan. Perusahaan sebagai tempat kerja untuk banyak orang dan kalangan, mesti memikirkan hal ini jika tidak ingin terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Perusahaan menjadi yang bertanggung jawab penuh soal kesehatan dan keselamatan kerja para pegawai atau karyawan yang kerja di tempat tersebut. Oleh karena itu, wajib untuk para perusahaan mesti memerhatikan pekerjanya.

 

 

Terkait dengan hal-hal tersebut, dilansir dari situs ekrut.com – menceritakan setidaknya ada 7 alasan penting mengapa kesehatan dan keselamatan kerja menjadi hal yang utama untuk diwujudkan. Penasaran apa saja deretan alasan tersebut? Sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

7 Alasan Untuk Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja

 

Kantor Wajib Miliki Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Ketahui 7 Alasannya

Kantor Wajib Miliki Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Ketahui 7 Alasannya. credit image: cio.com

 

Jaga Reputasi dan Produktivitas Perusahaan

Mengunggah pengalaman kerja di internet adalah hal yang umum sekarang dilakukan. Terlebih akses internet yang sudah bisa dimiliki dengan mudah, hampir semua orang bisa mengunggah atau mengunduh apa saja di internet.

Termasuk cerita-cerita tidak mengenakan yang dialami di tempat kerja. Misalnya, tempat kerja atau perusahaan yang tidak memiliki tunjangan kesehatan yang mumpuni, atau keselamatan kerja yang tidak terjamin, tentu ini akan jadi peluru yang enak untuk dinaikan ke internet.

Sehingga semua orang bisa konsumsi cerita tersebut dan alhasil, tempat kerja atau perusahaan mempunyai reputasi yang buruk. Jika reputasi sudah buruk – tidak ayal kalau produktivitas juga menurun. Siapa yang mau kerja tapi tidak dijamin kesehatan dan keselamatannya?

 

Membuat Karyawan Lebih Mawas Diri

Tempat kerja seperti proyek lapangan dan sejenisnya tentu memiliki risiko kesehatan dan keselamatan kerja yang lebih besar dibandingkan dengan yang berada di kantoran. Oleh karena itu, dengan perusahaan mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pekerjanya – secara tidak langsung ini juga memberitahu para pekerjanya akan pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja.

 

Kantor Wajib Miliki Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Ketahui 7 Alasannya

Kantor Wajib Miliki Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Ketahui 7 Alasannya. credit image: getabstract.com

 

Mengurangi Stress Pada Karyawan

Kesehatan dan keselamatan kerja tidak hanya berlaku pada jenis pekerjaan seperti proyek lapangan dan sejenisnya – tempat kerja kantoran juga memiliki risiko kesehatan dan keselamatan kerja yang cukup tinggi. Misalnya pengaturan jam kerja yang tidak beres akan membuat para karyawan mudah melakukan lembur.

Satu – dua kali mungkin lembur masih normal – namun jika sudah terlalu sering, tentu ini akan jadi pertanyaan tersendiri. Apakah perusahaan benar-benar membiarkan karyawannya lembur sampai berlarut-larut? Tentu stress dan penyakit mental lainnya akan mudah menghinggapi para karyawan tersebut.

 

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Karyawan atau para pekerja tentu akan semangat jika diperhatikan oleh atasan, diperhatikan oleh bos, dan tentu diperhatikan oleh perusahaan. Jika para karyawan sudah tahu kalau kesehatan dan keselamatannya dijamin dengan baik, pasti mereka juga akan naik performanya.

Rasa nyaman mampu membuat karyawan atau para pekerja tentu jadi semangat untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan benar sehingga ini akan menguntungkan untuk perusahaan.

 

Kantor Wajib Miliki Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Ketahui 7 Alasannya

Kantor Wajib Miliki Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Ketahui 7 Alasannya. credit image: medium.com

 

Menurunkan Kerugian Perusahaan

Percaya atau tidak – tidak akan ada ruginya jika perusahaan memerhatikan para karyawan atau pekerjanya. Justru malah akan menurunkan angka kerugian pada perusahaan karena produktivitas karyawan akan naik.

Tapi kalau perusahaan tidak memerhatikan karyawan, tidak heran jika perusahaan malah merugi. Ingat jika para pekerja atau karyawan adalah investasi terbesar dan terbaik untuk para perusahaan.

 

Meningkatnya Loyalitas Karyawan

Selain bisa menurunkan kerugian perusahaan – menjamin kesehatan dan keselamatan para karyawan atau para pekerja bisa meningkatkan loyalitas mereka pada perusahaan. Ini adalah hal yang positif untuk perusahaan. Namun untuk bisa seperti ini – jelas perusahaan mesti memerhatikan karyawannya dulu.

 

Potensi Bisnis di Masa Mendatang

Terlepas dari hal-hal di atas, satu yang cukup jelas untuk perusahaan jika memerhatikan karyawannya di faktor kesehatan dan keselamatan kerja, adalah potensi bisnis yang menjanjikan di masa mendatang. Tentu akan banyak yang mau bekerja sama pada perusahaan tersebut karena kebaikan menjamin kesehatan dan keselamatan para pegawai dan pekerjanya.

 

 

Wah bagaimana nih? Apakah sudah cukup jelas dengan berbagai penjelasannya? Jika kamu adalah pengelola perusahaan – pastikan hal-hal di atas menjadi acuan kamu untuk membuat karyawan atau pekerja di tempat kamu nyaman ya!

 

Feature Image – gethppy.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!