Perlu Diterapkan, Berikut 4 Tips Untuk Atur Modal Bisnis Rumahan

Perlu Diterapkan, Berikut 4 Tips Untuk Atur Modal Bisnis Rumahan

font size A Ǎ

Bisnis rumahan sekarang ini adalah salah satu hal yang cukup seksi untuk diperbincangkan. Fase new normal di tengah pandemi yang berkepanjangan ini, berbisnis menjadi hal yang cukup memberikan nilai positif untuk siapapun yang menjalankannya.

Apakah kamu sudah punya bisnis rumahan? Idenya banyak sekali, lho. Mulai dari bisnis makanan, snack, pakaian, sampai ke tanaman hias. Kamu bisa mulai dari sekarang. Tidak ada kata terlambat buat kamu yang siap untuk mencoba hal baru!

Namun tetap ada yang mesti kamu perhatikan sebelum mulai berbisnis. Salah satunya adalah pengelolaan modal. Kalau kamu tidak cermat dalam mengelola modal untuk bisnis rumahan – bisa jadi bisnis rumahan kamu tidak berlangsung lama, nih.

Oleh karena itu, agar bisnis rumahan kamu mempunyai jenjang yang panjang, pengelolaan modal menjadi salah satu hal yang fundamental untuk kamu cermati dan kamu terapkan. Pertanyaan selanjutnya adalah, apa saja yang perlu dicermati dalam mengelola modal bisnis rumahan?

 

 

Tenang, pertanyaan tersebut akan dijawab dengan sederhana di bahasan kali ini – yang setidaknya akan memberitahu kamu kalau ada 4 tips sederhana dan mendasar untuk mengelola modal bisnis rumahan dengan baik. Penasaran apa saja tipsnya? Selengkapnya dibahasan kali ini ya!

 

4 Tips Sederhana Untuk Atur Modal Bisnis Rumahan

 

Perlu Diterapkan, Berikut 4 Tips Untuk Atur Modal Bisnis Rumahan

Perlu Diterapkan, Berikut 4 Tips Untuk Atur Modal Bisnis Rumahan. credit image: medium.com

 

Kamu Tahu Rasio Modalnya

Rasio modal atau apa saja yang kamu perlu kelola dengan menggunakan modal bisnis rumahan tersebut adalah hal yang perlu kamu analisis dari sekarang. Termasuk aset lancar yang kamu punya. Misalnya ada uang tunai, persediaan dan piutang berdasarkan kewajiban, termasuk pembayaran ke pemasok, pembayaran pajak sampai ke pembayaran untuk bisnis jangka panjang.

Jika rasio ini kurang dari satu – maka diprediksi bisnis rumahan kamu tidak memiliki modal kerja untuk bisa membayar kewajiban jangka pendek. Hal ini terkait dengan standar yang sudah ada seperti rasio yang lebih besar dari satu, memprediksi kalau posisi keuangan bisnis rumahan kamu dalam kondisi yang baik.

 

Mengelola Persediaan yang Ada

Membeli atau menyediakan segala bahan-bahan untuk produksi memang harus kamu lakukan. Namun yang perlu kamu cermati adalah jumlah atau banyaknya yang mau kamu beli. Terlalu banyak persediaan akan mengikat uang tunai kamu.

Sehingga kamu akan kerepotan sendiri kalau mesti membayar atau membiayai hal lainnya. Namun, kalau persediaan terlalu sedikit – kamu juga tidak bisa mengembangkan bisnis rumahan tersebut dengan lancar. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan hitungan yang cukup matang agar persediaannya cukup.

Jika memang ternyata kamu menghabiskan sejumlah uang untuk inventaris – pertimbangkan untuk kemungkinan untuk menjual beberapanya dengan harga rendah atau diskon. Hal ini bisa membuat kamu mempunyai sejumlah uang tunai jika dibutuhkan segera.

 

Perlu Diterapkan, Berikut 4 Tips Untuk Atur Modal Bisnis Rumahan

Perlu Diterapkan, Berikut 4 Tips Untuk Atur Modal Bisnis Rumahan. credit image: medium.com

 

Mengelola Faktur

Piutang usaha atau tagihan dan faktur adalah salah satu hal yang mesti kamu cermati dengan baik nih. Mengelola faktur adalah salah satu kunci untuk meningkatkan modal kerja yang sekarang kamu miliki. Dengan kelancaran mengelola faktur, arus kas bisnis rumahan kamu akan lebih cepat bergerak dan menghindari kebangkrutan yang bisa saja terjadi.

Hindari membayar lebih awal dari tanggal pembayaran, maksimalkan fungsi dari inventaris dan sebaiknya kamu memiliki lebih dari satu vendor untuk bantu mempercepat perkembangan bisnis rumahan kamu.

 

Buat Rencana Jangka Panjang

Berbagai risiko siap menghantui kamu dalam mengelola bisnis rumahan. Semua hal tersebut bisa saja terjadi pada bisnis rumahan kamu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu menyiapkan rencana jangka panjang.

Termasuk bahkan rencana untuk menambah atau mengubah produk bisnis rumahan kamu yang bisa saja terjadi karena permintaan dari konsumen. Pastikan kamu mencermati segala rencana jangka panjang beserta berbagai risikonya juga. Jadi kamu punya prediksi bagaimana bisnis rumahan kamu ke depannya nanti.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari keempat tips mendasar yang ada di atas – apakah kamu sudah paham semuanya? Jika iya, bisa kamu cermati dengan baik dan terapkan di bisnis rumahan yang kamu miliki sekarang.

Buat kamu yang baru mau mulai bisnis rumahan – kamu sekarang sudah tahu bagaimana mengelola modal bisnis rumahan, sehingga kamu bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dalam menjalankan bisnis rumahan. Selamat mencoba ya!

 

Feature Image – aturduit.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!