Anak Main Gadget Secara Berlebihan? Ketahui Dampak Bagi Tumbuh Kembangnya!

Anak Main Gadget Secara Berlebihan? Ketahui Dampak Bagi Tumbuh Kembangnya!

font size A Ǎ

Di zaman sekarang ini, rasanya mustahil ya untuk menghindarkan anak main gadget. Karena, selain bermanfaat untuk mengenalkan anak pada teknologi, gadget juga sebenarnya bisa menambah wawasan si kecil selama penggunaannya tidak berlebihan.

Jika tidak, hal ini justru dapat memberikan dampak yang buruk bagi si kecil. Jangan sampai kegiatan ini dapat membuat anak kecanduan main gadget dan akhirnya tumbuh kembang dan kecerdasan anak jadi terganggu.

Nah, sebelum kamu membiarkan anak main gadget. Ada sejumlah dampak buruk yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu nih. Eits, bukannya mau nakut-nakutin ya! Tapi, hal ini bisa membantumu mengontrol anak saat main gadget dan ia jadi tidak kecanduan!

Apa saja dampak buruk tersebut? Berikut ini ulasannya.

6 Dampak Buruk Anak Main Gadget Berlebihan

Anak Main Gadget Secara Berlebihan? Ketahui Dampak Bagi Tumbuh Kembangnya!

Anak Main Gadget Secara Berlebihan? Ketahui Dampak Bagi Tumbuh Kembangnya! / Credit: modern-gadget.com

Menurunnya Perkembangan Otak

Pada lima tahun pertama kehidupan, otak si kecil mengalami perkembangan yang cukup cepat. Dilansir dari Kumparan, hasil sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang terlalu sering main gadget dapat mengalami penurunan perkembangan otak, serta membuatnya jadi kurang aware dengan lingkungan sekitar.

Bahaya Radiasi

Anak main gadget secara berlebihan dapat terpengaruh oleh bahaya sinar radiasi. Menurut hasil penelitian di Universitas Leeds, Nottingham menyatakan bahwa saraf anak yang masih berkembang dan tulang tengkorak masih tipis, membuat mereka rentan terkena radiasi dari gadget.

Jadi, penggunaan gadget yang berlebihan dan terlalu dekat dengan kepala kemungkinan dapat mengganggu perkembangan sel otak anak.

Menurunnya Kemampuan Interaksi

Anak- anak yang terlalu lama bermain gadget atau apapun yang berhubungan dengan teknologi, cenderung mengalami penurunan interaksi sosial. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan gangguan keterampilan komunikasi pada si kecil.

Risiko Obesitas

Anak yang main gadget terus menerus tidak dapat membakar kalori di tubuhnya. Ini karena ia hanya berdiam saja sembari menatap layar gadget.

Satu dari tiga anak di Amerika Serikat mengalami obesitas karena terlalu sering bermain gadget. Obesitas ini dapat meningkatkan risiko penyakit komplikasi seperti diabetes, serangan jantung, dan stroke.

Anak Main Gadget Secara Berlebihan? Ketahui Dampak Bagi Tumbuh Kembangnya!

Anak Main Gadget Secara Berlebihan? Ketahui Dampak Bagi Tumbuh Kembangnya! / Credit: healthline.com

Merusak Penglihatan

Ketika anak terlalu lama menatap layar handphone, penglihatannya mungkin saja bisa terganggu bahkan hingga rusak.

Menurut ahli kesehatan anak, penglihatan yang baik dapat diperoleh, jika anak menatap benda dari jarak yang bervariasi. Ketika anak bermain gadget, ia hanya akan menatap satu layar saja dalam jarak yang sama. Inilah yang mungkin dapat menyebabkan gangguan pada matanya.

Tempramental

Si kecil gemar bermain gadget dan jadi bersikap agresif? Mungkin, ini tanda ia sudah berlebihan dalam menggunakan gadget! Tantrum merupakan sikap umum dari agresifitas pada anak, terutama balita.

Sikap ini merupakan dampak buruk dari paparan gadget yang terlalu berlebihan. Jika hal ini dibiarkan terjadi, perilaku agresif ini bisa terbawa hingga ia tumbuh dewasa nanti.

Nah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, anak yang bermain gadget berlebihan dapat mengalami berbagai dampak buruk ya. Jadi, penting sekali bagi orang tua untuk membatasi penggunaannya, agar tumbuh kembang si kecil tidak terganggu.

 

Featured Image - thedigitalbridges.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!