Anak Sulit Fokus Saat Sekolah di Rumah? Ini 6 Cara Cerdas Untuk Meningkatkannya!

Anak Sulit Fokus Saat Sekolah di Rumah? Ini 6 Cara Cerdas Untuk Meningkatkannya!

font size A Ǎ

Tidak hanya kamu yang merasakan dampak dari pandemi yang berkepanjangan seperti ini. Tidak begitu bebas melakukan rutinitas, si kecil pun tidak bisa menghadiri kegiatan belajar di sekolah secara fisik. Hal ini terkait dengan adanya potensi munculnya klaster baru penyebaran virus corona di sekolah-sekolah.

Oleh karena itu, untuk sementara ini si kecil menempuh kegiatan belajar melalui dalam jaringan. Apakah berjalan dengan baik? Tidak juga, percaya atau tidak – distraksi yang ada di rumah jauh lebih besar daripada saat si kecil berada di sekolah.

Distraksi ini tentu mengganggu konsentrasi si kecil. Yang seharusnya ia sudah berada di depan layar komputer atau laptop untuk mengikuti kelas online – bisa jadi pada kenyataannya ia masih makan, tidur siang, atau bahkan main keluar rumah.

 

 

Tentu hal ini bisa kamu atasi dengan baik dan benar. Dilansir dari situs fimela – setidaknya ada beberapa cara untuk bantu si kecil mengembalikan daya konsentrasinya dengan baik agar bisa belajar dari rumah. Penasaran apa saja caranya? Sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya.

 

Cara Bantu si Kecil Untuk Kembalikan Daya Konsentrasinya

 

Anak Sulit Fokus Saat Sekolah di Rumah? Ini 6 Cara Cerdas Untuk Meningkatkannya!

Anak Sulit Fokus Saat Sekolah di Rumah? Ini 6 Cara Cerdas Untuk Meningkatkannya! credit image: alodokter.com

 

Ketahui Waktu Produktifnya

Tidak hanya kamu yang punya waktu produktif, nih – si kecil juga bisa punya waktu produktif. Waktu atau kondisi seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk mengajaknya belajar pelajaran sekolah. Biasanya, waktu produktif si kecil adalah pagi hari.

Kamu bisa membiasakan dirinya untuk seperti berangkat sekolah setiap harinya. Membuatnya tetap bangun pagi, mandi dan menggunakan seragam, sarapan pagi dan duduk rapi di depan layar komputer atau laptop untuk menerima pelajaran.

Dengan mengetahui waktu produktifnya, kamu bisa membuat si kecil lebih fokus, mudah menyerap materi pelajaran dengan baik dan tentunya membangun motivasinya untuk terus belajar dengan mudah.

 

Singkirkan Smartphone

Kalau si kecil belajar dengan smartphone nya – pastikan kamu mendampingi terus agar ia terkendalikan untuk tetap berada di mata pelajaran yang sedang dijelaskan secara virtual oleh gurunya. Jika tidak, bisa jadi buah simalakama, nih! Smartphone bisa jadi distraksinya yang paling besar.

Kalau si kecil menggunakan komputer atau laptop – pastikan kamu singkirkan hal-hal yang sekiranya bisa membuat ia terdistraksi seperti smartphone atau mainan-mainannya. Oleh karena itu, ajak si kecil belajar di luar kamar tidurnya.

 

Anak Sulit Fokus Saat Sekolah di Rumah? Ini 6 Cara Cerdas Untuk Meningkatkannya!

Anak Sulit Fokus Saat Sekolah di Rumah? Ini 6 Cara Cerdas Untuk Meningkatkannya! credit image: ayosemarang.com

 

Bantu Untuk Menenangkan Pikirannya

Kalau sudah terdistraksi – satu solusinya yaitu damping untuk menenangkan pikirannya. Kamu bisa bantu si kecil untuk bisa menerima dan paham pelajaran dengan mudah. Beritahu kalau aktivitas ini mesti dijalani karena pengganti datang untuk belajar ke sekolah.

 

Berikan Waktu Istirahat yang Cukup

Pastikan si kecil disiplin untuk menggunakan waktu istirahatnya, ya. Kamu perlu ingatkan jika waktu istirahatnya malah dibuat main atau pergi main keluar rumah. Kamu bisa ajarkan disiplin dan rasa tanggung jawab dari kondisi seperti ini.

Pastikan juga saat malam hari, si kecil tidak tidur larut malam karena besoknya ia akan mengulangi rutinitas yang sama, yaitu belajar dari rumah. Kamu harus disiplin untuk mengatur tidurnya agar ia mendapatkan istirahat yang cukup.

 

Anak Sulit Fokus Saat Sekolah di Rumah? Ini 6 Cara Cerdas Untuk Meningkatkannya!

Anak Sulit Fokus Saat Sekolah di Rumah? Ini 6 Cara Cerdas Untuk Meningkatkannya! credit image: popmama.com

 

Paham Cara Pikir si Kecil

Percaya atau tidak – si kecil punya cara tersendiri lho untuk mengatur dirinya agar ia bisa paham dengan mudah pelajaran yang dijelaskan secara virtual. Rekomendasi untuk kamu, beri ia waktu untuk bisa paham dengan sendirinya soal pelajaran sekolah.

 

Optimasi Peralatan yang Ada

Tidak menampik kalau belajar secara virtual ini membutuhkan peralatan yang memadai seperti smartphone atau komputer dan laptop. Kamu bisa mengoptimalkan peralatan yang ada terlebih dahulu. Jika si kecil tidak kamu belikan smartphone – pastikan punya mu dulu saja yang digunakan untuk belajar si kecil.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari penjelasan yang ada di atas – apakah kamu sudah paham semuanya? Jika iya, pastikan kamu bisa terapkan ke si kecil agar belajar di rumahnya semakin maksimal.

 

Feature Image – jabarekspres.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!