Manusia menggunakan otot- otot tubunya mulai dari bangun pagi hingga kembali tidur. Otot tubuh yang sehat dan kuat membuat kamu bisa bergerak bebas dan menjalankan berbagai aktivitas dengan leluasa. Dalam menjaga otot tubuh tidak harus dengan mengolah tubuh di gym yang memakan banyak biaya.

Agar kamu terhindari dari gangguan pada otot, berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan otot yang mudah dilakukan.

1. Pertahankan berat badan ideal

Credit: Hipwee

Berat badan berlebih dapat memberikan tekanan yang lebih besar pada otot tubuh sehingga membuatnya bekerja lebih keras. Otot tubuh kamu pun menjadi cepat lelah dan tegang.

Untuk mencapai berat badan ideal, kamu perlu menjalani pola makanan bergizi seimbang serta membatasi asupan makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, kamu juga perlu rutin berolahraga minimal selama 30 menit sehari untuk membakar kalori ekstra yang menjadi penyebab bertambahnya berat badan.

2. Mencukupi kebutuhan air

Credit: Jawa Pos

Kekurangan asupan air dapat mengganggu penyerapan nutrisi oleh otot. Otot tubuh kamu akhirnya tidak dapat menyerap kalium dan magnesium yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan elektrolit.

Kekurangan cairan atau dehidrasi juga dapat mengganggu reaksi kimia yang diperlukan untuk menyebarkan asam amino ke seluruh sel otot. Dampak jangka panjangnya adalah berkurangnya massa otot sehingga kamu lebih mudah merasa lelah, khususnya saat melakukan aktivitas yang menguras energi.

3. Mempraktikkan postur tubuh yang benar

Credit: Hipwee

Salah satu cara sederhana dalam menjaga kesehatan otot yaitu dengan memiliki postur duduk yang baik. Bila kamu terbiasa duduk membungkuk, maka kamu harus segera menghentikan kebiasaan ini. Karena, postur tubuh yang salah dapat memberikan beban tambahan pada tulang dan otot sehingga keduanya harus bekerja lebih keras.

Saat berada dalam posisi duduk, cobalah untuk duduk dengan tegak sambil merilekskan pundak. Selama mengendarai mobil, gunakan sandaran jok untuk menopang punggung. Dan ketika berdiri, jangan membungkuk dan bertumpu pada lutut.

4. Melatih otot

Credit: JPNN.com

Semua jenis gerakan dalam olahraga memang dapat melatih otot kamu, tapi ada jenis latihan tertentu yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan otot, seperti jogging, berenang, dan badminton.

Cara menjaga kesehatan otot lainnya adalah dengan melakukan latihan ketahanan. Selain meningkatkan kekuatan, latihan ini juga dapat menambah massa otot tubuh dan memperkuat otot jantung. kamu dapat memulainya dengan latihan angkat beban secara bertahap.

5. Mengonsumsi makanan yang menyehatkan otot

Credit: Hipwee

Makanan yang menyehatkan otot tidak hanya harus kaya protein, tapi juga mengandung karbohidrat serta lemak dalam jumlah seimbang.

Contoh makanan kaya nutrisi yang bisa kamu coba adalah telur, salmon, tuna, dada ayam, daging merah, kacang dan polong-polongan, serta keju. Kamu juga dapat mengonsumsi bubuk protein bila perlu, tapi sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan tubuh Anda.

 

Featured Image  - Tribunnews