Berikut Ini Deretan Makanan Tinggi Serat yang Sebaiknya Ada di Menu Harianmu

Berikut Ini Deretan Makanan Tinggi Serat yang Sebaiknya Ada di Menu Harianmu

font size A Ǎ

Untuk menjaga kesehatan, ada berbagai nutrisi yang sebaiknya dipenuhi sehari- hari. Salah satunya adalah serat. Seperti yang diketahui, makanan tinggi serat dapat menjaga kesehatan dengan melancarkan pencernaan. Ini karena serat dapat mengikat air sehingga kotoran dalam tubuh dapat lebih mudah dikeluarkan.

Serat sendiri terbagi dalam dua jenis, yaitu serat yang larut air sehingga membentuk massa seperti gel. Dan serat tidak larut air yang mendukung sistem pencernaanmu, sehingga jenis serat ini dapat membantu mengurangi sembelit atau konstipasi.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini, ada sejumlah makanan tinggi serat yang sebaiknya kamu konsumsi secara rutin. Apa saja makanan tersebut? Berikut ini Ulasannya.

Deretan Makanan Tinggi Serat

Berikut Ini Deretan Makanan Tinggi Serat yang Sebaiknya Ada di Menu Harianmu

Berikut Ini Deretan Makanan Tinggi Serat yang Sebaiknya Ada di Menu Harianmu / Credit: delish.com

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang ditetapkan, wanita dewasa membutuhkan setidaknya 30 gram per hari. Sedangkan, laki- laki memerlukan 38 gram serat.

Makanan tinggi serat bisa kamu temukan dari berbagai sumber berikut ini:

Kelompok Buah- Buahan

Sebenarnya, semua jenis buah mengandung serat, namun ada beberapa buah- buahan yang memiliki serat lebih tinggi dibanding lainnya.

  • Alpukat, mengandung 6,7 gram serat setiap 100 gramnya.
  • Apel, dalam satu buah apel ukuran sedang mengandung 4,4 gram serat.
  • Pir, mengandung 5,5 gram serat dalam satu buahnya yang berukuran sedang.
  • Kelompok buah beri, termasuk stoberi dan raspberi. Dalam 100 gram raspberi mengandung 6,5 gram serat.
  • Pisang. Selain kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan kalium, pisang juga kaya akan serat. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 3,1 gram serat.

Kelompok Sayur- Sayuran

Sama halnya dengan buah, semua sayuran mengandung serat. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang lebih tinggi kandungan seratnya. Berikut ini jenis sayuran tersebut:

  • Brokoli, dalam setiap 100 gram brokoli terdapat 2,6 gram serat di dalamnya.
  • Wortel, terdapat 3,4 gram serat di setiap 1 gelas belimbing wortel.
  • Daun kale, terkenal karena berbagai kandungan vitamin di dalamnya, kale juga kaya akan serat lho. Dalam 100 gram kale mengandung 3,6 gram serat.
  • Bayam, mengandung 2,2 gram serat dalam 100 gram bayam.

Kelompok Kacang- Kacangan

  • Kacang merah, mengandung serat yang cukup tinggi yaitu 7 gram serat setiap 100 gramnya.
  • Kacang almond, mengandung 3,5 gram serat setiap 23 kacang almond.

Kelompok Makanan Pokok Tinggi Serat

Makanan pokok yang sudah pasti mengandung serat adalah sumber karbohidrat utama. Karena, serat sebenarnya termasuk salah satu jenis karbohidrat. Berikut ini jenis makanan pokok yang tinggi akan serat:

  • Oat, termasuk makanan pokok yang cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang dalam program diet. Bentuknya yang padat dapat membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, setiap 100 gram oat juga mengandung 10,6 gram serat yang bisa menahan lapar.
  • Beras merah, tidak seperti beras putih yang tidak mengandung banyak serat, beras merah mengandung 3,5 gram serat per satu gelasnya.

Berikut Ini Deretan Makanan Tinggi Serat yang Sebaiknya Ada di Menu Harianmu

Berikut Ini Deretan Makanan Tinggi Serat yang Sebaiknya Ada di Menu Harianmu / Credit: withaddedlove.com

Manfaat Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Setelah mengetahui berbagai sumber makanan tinggi serat, kamu juga perlu tahu nih apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi nutrisi ini.

Secara umum, makanan tinggi serat dibutuhkan tubuh untuk membantu pencernaan tetap lancar, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah terjadinya konstipasi. Selain itu, rutin mengonsumsi makanan tinggi serat dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjaga berat badan tetap stabil, karena membuatmu merasa cepat kenyang.

Makanan tinggi serat juga dapat melancarkan pergerakan usus, mengendalikan gula darah, dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan berbagai jenis kanker.

Berikut Ini Deretan Makanan Tinggi Serat yang Sebaiknya Ada di Menu Harianmu

Berikut Ini Deretan Makanan Tinggi Serat yang Sebaiknya Ada di Menu Harianmu / Credit: huffpost.com

Selain Serat, Jaga Kesehatan Tubuh Dengan Minum Enervon-C

Tak hanya memenuhi kebutuhan serat harian, agar kesehatanmu tetap terjaga kamu juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin, terutama vitamin C dan vitamin B kompleks. Untuk memenuhinya, kamu bisa minum multivitamin Enervon-C setiap hari.

Mengandung sejumlah vitamin yang baik untuk tubuh seperti Vitamin C 500 gram, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Niasinamide, Kalsium Pantotenat. Enervon-C dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu, sekaligus mengoptimalkan proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah jadi energi untuk beraktivitas seharian.

Nah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, sudah jelas ya bahwa makanan tinggi serat penting untuk kesehatan tubuhmu. Mulai sekarang, yuk coba masukkan makanan tinggi serat ke dalam menu harian kamu!

 

Featured Image - cyklopedia.cc


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!