Hobi Berkebun, Yuk Kenali Tanaman Monstera yang Berdaun Unik!

Hobi Berkebun, Yuk Kenali Tanaman Monstera yang Berdaun Unik!

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, ada berbagai macam hobi dan tren baru yang bermunculan. Mulai dari tren sepeda yang menjamur dimana-mana, hingga berkebun atau sekedar menanam tanaman hias di rumah. Nah, salah satu jenis tanaman yang sedang digandrungi adalah tanaman hias Monstera.

Dikutip dari The Sill, Monsteran juga sering disebut ‘Swiss Cheese Plant’ karena bentuk lubang- lubang pada daunnya yang terbentk secara alami. Banyak orang memilih tanaman hias ini karena dianggap dapat menambah nilai estetika ruangan.

Nah, untuk kamu yang masih belum terlalu kenal sama jenis tanaman hias Monstera, namun berniat untuk menanamnya, berikut ini sekilas informasi mengenai Monstera dan bagaimana cara merawatnya.

Apa Itu Tanaman Hias Monstera?

Hobi Berkebun, Yuk Kenali Tanaman Monstera yang Berdaun Unik!

Hobi Berkebun, Yuk Kenali Tanaman Monstera yang Berdaun Unik! / Credit: dekoruma.com

Monstera merupakan tanaman tropis yang termasuk dalam keluarga Arace. Monstera terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu Monstera Deliciosa Borsigiana yang memiliki ciri khas postur tanaman lebih kecil dan tumbuh lebih cepat. Jenis Monstera ini cocok untuk kamu yang memiliki ruang terbatas.

Lalu, ada Monstera Deliciosa Variegata yang termasuk jarang dipilih untuk dekorasi rumah. Karena jenis ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tubuh dan memiliki ciri bercak hitam pada daunnya.

Dan tipe ketiga, yaitu Monstera Deliciosa Albovariegata dengan dua rupa daunnya yang khas. Dalam selembar daun, tipe Monstera ini memiliki variasi seperti ‘yin-yang’. Sisi kanan daun berwarna hijau, sementara sisi kirinya berwarna putih secara keseluruhan.

Tips Merawat Tanaman Hias Monstera

Hobi Berkebun, Yuk Kenali Tanaman Monstera yang Berdaun Unik!

Hobi Berkebun, Yuk Kenali Tanaman Monstera yang Berdaun Unik! / Credit: dewimagazine.com

Tanaman hias Monstera termasuk yang tidak sulit dirawat, karena dapat hidup dan tumbuh dengan mudah. Agar pertumbuhan tanaman lebih optimal, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

1. Cukupi Asupan Sinar Matahari

Sebenarnya, Monstera tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Karena, paparan sinar matahari dapat membuat daunnya berubah jadi kuning dan layu. Jadi, sebaiknya gunakan filter penghalang tips seperti tirai jendela. Atau kamu bisa menggeser posisi tanaman Monstera dengan membelakangi sisi matahari.

2. Teknik dan Waktu Penyiraman

Monstera tidak perlu disiram setiap hari, kamu hanya perlu melakukannya setiap 1-2 kali dalam seminggu.

Lalu, periksa struktur tanah pada pot tanaman ya. Karena, Monstera lebih menyukai tekstur tanah yang gambut dan dapat menyerap air dengan mudah. Tanah yang keras atau menggumpal dapat menyebabkan air tidak terserap dengan baik, sehingga dapat memicu risiko pembusukan tanaman.

3. Atur Temperatur Ruangan

Monstera dapat tumbuh dalam suhu ruangan normal, seperti 18-30 derajat celcius pada siang hari dan 15 derajat celcius di malam hari. Jadi, pastikan suhu ruanganmu sudah sesuai ya agar tanaman Monstera bisa tumbuh dengan optimal.

4. Pilih Wadah yang Sesuai

Saat menanam Monstera, pilihlah wadah atau pot yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Dan berikan lubang kecil atau sirkulasi di setiap sisi potnya. Dan untuk media tanam, gunakan campuran tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1.

5. Pangkas Daun Kering

Ketika ada beberapa batang atau daun yang terlihat tidak sehat, kamu bisa segera memangkasnya ya. Hal ini dilakukan agar bagian tanaman yang lainnya tidak ikut tertular.

Nah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah mengenal ya tanaman hias Monstera dan bagaimana cara merawatnya. Kalau kamu tertarik menanam tanaman hias ini, kamu sudah bisa mulai dengan tips yang direkomendasikan di atas!

 

Featured Image - dekoruma.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!