Selama pandemi, semua rencana liburan jadi terpaksa ditunda. Ini semua dilakukan untuk menekan angka penularan virus corona. Setelah berbulan- bulan di rumah saja, kamu pasti merasa jenuh ya? Rasanya ingin cepat- cepat bisa liburan, tapi masih belum berani untuk pergi ke luar kota atau negeri.

Eits, tenang! Kamu tetap bisa liburan kok, misalnya dengan staycation di hotel terdekat. Kamu bisa memilih hotel yang sedikit fancy nih, tapi bukannya untuk menghamburkan uang ya, tapi justru menginvestasikan uang tersebut untuk pengalaman berharga bareng keluargamu.

Nah, buat kamu yang berencana untuk staycation selama pandemi, yuk simak beberapa tips berikut ini untuk menyusun rencana, biar kegiatan liburan di hotel semakin menyenangkan!

5 Tips Bikin Rencana Staycation

5 Tips Cerdas Buat Rencana Staycation. Bisa Bikin Liburan Makin Asik / Credit: tribunnews.com

Kalau Memungkinkan, Pilih Saat Hari Kerja

Memang semua orang tidak bisa mengambil cuti kerja, apalagi di tengah situasi seperti ini. Tapi, jika memungkinkan, sebaiknya pilih weekday ya daripada akhir pekan. Karena, saat weekday biasanya hotel cenderung lebih sepi tamu, jadi kamu bisa tetap menerapkan physical distancing!

Pilih Lokasi yang Sesuai

Tujuan untuk staycation adalah untuk berleha- leha di hotel, sembari menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Jadi, sebelum memilih hotel, cari tahu dulu ya fasilitas apa saja yang sebenarnya ingin kamu nikmati. Seperti kolam renang, private pool, view yang bagus, bathub kamar mandi, dan lain sebagainya.

Cek Review Hotel Saat Memilih Lokasi

Setelah menemukan lokasi yang cocok, pastikan kamu membaca reviewnya terlebih dahulu ya. Pastikan bahwa hotel tersebut benar- benar memberi pelayanan yang baik atau tidak.

Namun, jika hotel pilihanmu mendapat banyak review buruk, coba cari hotel lain sebagai alternatif biar kegiatan staycation kamu tetap seru.

5 Tips Cerdas Buat Rencana Staycation. Bisa Bikin Liburan Makin Asik / Credit: tripzilla.id

Pilih Hotel yang Dekat Rumah

Staycation tak perlu di luar kota atau jauh dari lokasi tempat tinggalmu, lho. Kalau di kotamu ada hotel yang memang sesuai dengan kriteriamu, kenapa tidak? Karena selain lebih aman, pengeluaranmu juga jadi lebih terkendali dan pengeluaran untuk transportasi tidak terlalu besar.

Nikmat Setiap Fasilitas Hotel yang Ada

Pastikan kamu menikmati setiap fasilitas hotel yang ada ya. Terutama untuk amenities yang nggak perlu biaya tambahan untuk menggunakannya, fasilitas ini wajib kamu nikmati!

Nah, kecuali fasilitas yang memang membutuhkan biaya tambahan nih, kamu bisa pertimbangkan dulu apakah ingin mencobanya atau tidak. Kalau budget terbatas, kamu tak perlu memaksakan untuk mencoba, kok.

 

Featured Image - rukita.co