Ketahui Dampak Komplikasi dan Efek Jangka Panjang dari Virus Corona

Ketahui Dampak Komplikasi dan Efek Jangka Panjang dari Virus Corona

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini. Untuk meminimalisir penularan virus, kamu dapat menerapkan berbagai langkah pencegahan, termasuk menggunakan masker saat pergi ke tempat publik, menerapkan physical distancing, rutin cuci tangan, serta menjalani gaya hidup yang sehat.

Seperti yang sudah diketahui, Covid-19 dapat menyerang saluran pernapasan, terutama paru- paru. Tapi, belum lama ini, berbagai penelitian menunjukkan bahwa virus tersebut dapat menginfeksi dan merusak hampir seluruh organ tubuh. Bahkan, virus corona dapat menyebabkan efek komplikasi dan dampak jangka panjang.

Apa Saja Dampak Komplikasi yang Ditimbulkan Covid-19?

Ketahui Dampak Komplikasi dan Efek Jangka Panjang dari Virus Corona

Ketahui Dampak Komplikasi dan Efek Jangka Panjang dari Virus Corona / Credit: kompas.com

Laporan terbaru dari ahli penyakit menular dan vaksinolog, UC Berkeley, John Swartzberg, MD, menunjukkan bahwa virus corona dapat mempengaruhi kesehatan paru- paru, jantung, dan juga sistem saraf. Bahkan, peneliti pun melihat bahwa ada organ lain yang berisiko mengalami dampak dari virus ini, seperti saluran pencernaan, ginjal, dan hati.

Pada awal virus corona merebak, para ahli dan dokter mengamati berbagai komplikasi yang terjadi pada hampir semua pasien Covid-19, yaitu sesak napas. Selain itu, ada pula efek sitokin dari Covid-19 yang mempengaruhi sel- sel otot jantung.

Tak lama kemudian, Covid-19 juga terlihat menyerang sistem saraf pusat para pasiennya. Bukti menunjukkan bahwa virus bisa mempengaruhi neuron dan menyebabkan masalah psikologis, hingga kecacatan.

Covid-19 Juga Dapat Sebabkan Komplikasi Serius

Ketahui Dampak Komplikasi dan Efek Jangka Panjang dari Virus Corona

Ketahui Dampak Komplikasi dan Efek Jangka Panjang dari Virus Corona / Credit: sehatq.com

Untuk dampak yang lebih berat, virus corona dapat menyebabkan pembekuan pada darah. Dalam beberapa kasus, pasien Covid-19 mengalami kondisi dimana pembekuan darahnya tidak normal. Bahkan, beberapa pasien ada yang mengalami emboli paru, ketika gumpalan darah menyebar ke organ tersebut.

Selain itu, gumpalan darah yang dialami juga meningkatkan risiko stroke yang mempengaruhi sistem pembuluh darah di otak.

Efek komplikasi yang cukup serius juga ditemukan pada ginjal beberapa pasien, karena kelebihan sitokin. Dan di organ hati serta saluran pencernaan, karena Covid-19 dapat mengikat reseptor dan timbulkan gangguan serius.

Dampak Unik Covid-19 Pada Anak- Anak

Ketahui Dampak Komplikasi dan Efek Jangka Panjang dari Virus Corona

Ketahui Dampak Komplikasi dan Efek Jangka Panjang dari Virus Corona / Credit: today.com

Studi terbaru juga menunjukkan bahwa virus corona menyebabkan efek yang cukup unik pada anak- anak. Ditemukan bahwa beberapa pasien muda mengalami sindrom peradangan yang mempengaruhi kulit, persendian, ginjal, paru- paru, jantung, dan meningkatkan risiko kematian.

Tapi, tenang, ada cara yang dapat dilakukan untuk mencegah komplikasi serius ini. Yaitu dengan mengubah kebiasaan tidak sehat dalam gaya hidup sehari- hari, misalnya mengurangi konsumsi makanan tidak sehat yang bisa menyebabkan diabetes, hipertensi, dan obesitas. Ketiga penyakit tersebut dapat memperburuk kondisi pasien Covid-19.

 

Featured Image - onlinefirstaid.com

Source - detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!