9 Kiat Jitu Bersihkan Karang Gigi di Rumah Selama Pandemi Covid-19

9 Kiat Jitu Bersihkan Karang Gigi di Rumah Selama Pandemi Covid-19

font size A Ǎ

Saat pandemi Covid-19, kamu pasti sangat mengurangi bahkan menghindari untuk pergi ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan, termasuk dokter gigi. Tujuannya, agar penularan virus dapat diminimalisir. Namun, jika sudah lama tak pergi ke dokter gigi, lama-lama gigi jadi menguning karena karang gigi.

Karang gigi merupakan plak yang telah mengeras. Jika tidak dibersihkan, karang gigi yang menumpuk pada gigi atas dan gusi dapat merusak gigi, lho.

Lalu, bagaimana ya biar karang gigi bisa dibersihkan tanpa harus pergi ke dokter gigi di tengah pandemi ini? Tenang! Kamu bisa kok bersihkan karang gigi sendiri di rumah. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan.

8 Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah

9 Kiat Jitu Bersihkan Karang Gigi di Rumah Selama Pandemi Covid-19

9 Kiat Jitu Bersihkan Karang Gigi di Rumah Selama Pandemi Covid-19 / Credit: alphadentalgroup.com.au

Sikat Gigi Secara Teratur

Direkomendasikan untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut yang cukup kecil untuk masuk ke mulut kamu. Pastikan untuk bersihkan permukaan yang sulit dijangkau, seperti dibelakang gigi dan juga geraham belakang.

Gunakan Sikat Gigi Elektrik

Dilansir dari Detik.com, sebuah studi menemukan bahwa sikat gigi elektrik, dapat menghilangkan karang gigi lebih maksimal daripada sikat gigi biasa. Namun, sebaiknya pilih sikat gigi elektrik yang sudah melewati uji kualitas dan keselamatan ya.

Gunakan Pasta Gigi dengan Flouride

Fluoride dapat membantu memperbaiki kerusakan email atau lapisan paling luar gigi. Beberapa produk pasta gigi yang mengandung fluoride atau triclosan dapat membantu melawan bakteri pada plak gigi.

Dental Floss

Selain menyikat gigi dua kali sehari, kamu juga bisa menggunakan benang gigi untuk maksimalkan pembersihan karang di antara gigi kamu. Selain itu, benang gigi juga dapat mengurangi tartar, yaitu lapisan plak yang sudah mengeras.

9 Kiat Jitu Bersihkan Karang Gigi di Rumah Selama Pandemi Covid-19

9 Kiat Jitu Bersihkan Karang Gigi di Rumah Selama Pandemi Covid-19 / Credit: thejakartapost.com

Kumur Setiap Hari

Gunakan obat kumur dengan antiseptik setiap hari untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan karang gigi.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Bakteri pada mulut dapat timbul karena makanan manis dan bertepung. Ketika gigi terkena jenis makanan tersebut, gigi akan melepas asam berbahaya yang dapat menimbulkan karang gigi.

Jadi, coba batasi konsumsi makanan manis ya dan perbanyak makan makanan sehat. Selain itu, usahakan untuk sikat gigi dan minum yang banyak setelah makan untuk mengurangi timbulnya karang gigi.

Berkumur dengan Minyak

Untuk cara yang satu ini, mungkin masih banyak orang yang belum tahu ya. Tapi ternyata, berkumur dengan minyak kelapa atau zatun dapat membantu menguatkan gigi, mencegah kerusakan gigi, dan menghilangkan karang gigi.

Kumur dengan menggunakan minyak kelapa atau zaitun selama 20-30 menit. Kedua minyak tersebut diklaim bermanfaat karena mengandung asam lemak, seperti asam laurat, yaitu zat dengan efek antiinflamasi.

Gunakan Baking Soda

Untuk alternatif lainnya, kamu dapat gunakan soda kue untuk membersihkan karang gigi. Seorang peneliti dari Trusted Source menemukan bahwa orang yang menyikat gigi dengan pasta gigi dengan kandungan soda kue, memiliki jumlah plak yang lebih sedikit, dibanding dengan yang tidak.

Soda kue efektif untuk menghilangkan plak karena bersifat sebagai pembersih alami.

Nah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, kamu bisa mencoba menerapkan kiat- kiat tersebut ya untuk mengurangi karang gigi. Silahkan mencoba!

 

Featured Image - carillondental.com

Source - detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!