4 Cara Mudah Membersihan Kulkas Agar Bebas Kuman

4 Cara Mudah Membersihan Kulkas Agar Bebas Kuman

TAGS : Kesehatan
font size A Ǎ

Selain membuat lemari es menjadi lebih awet, rutin membersihkan kulkas juga dapat menjaga makanan tetap bersih dan terhindar dari kuman penyakit. Namun, sayangnya masih banyak orang yang enggan untuk melakukan kegiatan ini.

Mungkin, kamu juga sudah gemas atau tidak tahan saat melihat kulkas yang berisi tumpukan makanan dan berniat untuk membersihkannya, tapi saking banyaknya isi kulkas kamu sampai bingung harus mulai darimana.

Berikut cara mudah untuk menjaga kulkas agar tetap bersih dan terawat.

1. Bereskan terlebih dahulu stok makanan sisa sebelum memasukkan yang baru

4 Cara Mudah Membersihan Kulkas Agar Bebas Kuman

Credit: Jawapos

Seringkali orang merasa bingung untuk membersihkan kulkas karena terlalu banyak persediaan makanan di dalamnya. Sebaiknya, kamu bersihkan kulkas terlebih dahulu sebelum belanja stok makanan selanjutnya.

Secara tidak langsung, cara ini juga dapat membuat kulkas selalu terjaga kebersihan dan kerapihannya karena rutin dibersihkan sebelum jadwal belanja datang. Semakin sering kulkas dibersihkan, semakin ringan pula beban kamu saat membersihkannya.

2. Bersihkan secara bertahap

4 Cara Mudah Membersihan Kulkas Agar Bebas Kuman

Credit: Hipwee

Sebelum kamu membersihkan bagian dalam kulkas yang merupakan bagian tempat menyimpan stok makanan dan minuman, bersihkan dahulu bagian luarnya dan jangan lupa untuk mencabut stok kontak sebelum kamu membersihkan lemari es.

Lap seluruh bagian luar kulkas, mulai dari depan, atas, hingga ke area belakang yang sering tersimpan banyak debu dan kotoran. Hindari menggunakan lap basah pada bagian kulkas yang banyak terdapat kabel listrik.

Setelah bagian luar kulkas beres, lanjutkan dengan membersihkan bagian dalamnya dengan mengosongkan makanan dan minuman terlebih dulu. Periksalah tanggal kedarluwarsa dari setiap produk makanan dan minuman, serta pilah kembali produk mana yang masih layak untuk dikonsumsi.

3. Bersihkan seluruh bagian dalam kulkas

4 Cara Mudah Membersihan Kulkas Agar Bebas Kuman

Credit: Suara

Setelah mengosongkan kulkas, kemudian kamu baru bisa benar- benar membersihkan bagian dalam kulkas. Semprotkan cairan pembersih ke seluruh bagian dalam lemari es, kemudian lap perlahan sampai noda dan kotoran hilang.

Cuci semua laci dan rak menggunakan sabun seperti sedang mencuci piring, lalu bilas hingga bersih. Pastikan sudah tidak ada lagi kotoran dan sabun yang tersisa. Diamkan hingga rak dan laci kering, sebelum memasukkannya kembali ke dalam kulkas.

4. Tata kembali makanan dan minuman sesuai tempatnya

4 Cara Mudah Membersihan Kulkas Agar Bebas Kuman

Credit: Hellosehat

Apabila semua 3 tahapan sebelumnya sudah kamu lakukan, sekarang saatnya untuk menyusun kembali makanan dan minuman yang telah dipilah dan sebaiknya pisahkan makanan serta minuman sesuai dengan jenisnya.

Misalnya letakkan daging mentah di dalam freezer agar tetap beku, sayur dan buah dalam laci paling bawah, botol minuman di rak tersendiri, sementara telur di wadah khusus supaya selalu segar dan tahan lama, dan makan lainnya sesuai jenisnya.

Untuk menghindari kontaminasi bakteri, kamu bisa memasukkan setiap makanan ke dalam wadah khusus. Cara ini juga akan membuat kulkas lebih rapi sehingga memudahkanmu saat mencari bahan makanan.

 

Featured Image - Qraved.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!