Stres Selama Pandemi Hilangkan Nafsu Makan? Begini 5 Cara Mengatasinya!

Stres Selama Pandemi Hilangkan Nafsu Makan? Begini 5 Cara Mengatasinya!

font size A Ǎ

Selama pandemi tak sedikit orang yang merasa cemas, bahkan hingga stres. Ini karena kita harus berhadapan dengan kondisi yang tidak pasti. Dalam menghadapi kondisi stres, setiap orang pasti memiliki caranya masing- masing. Ada yang malah makin nafsu makan ketika stres, tapi ada juga yang justru tidak ingin makan selama berjam-jam, hingga berhari- hari.

Hal tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh ya, terutama sistem imun. Menjaga kesehatan di tengah pandemi ini penting lho dilakukan, karena jika daya tahan tubuhmu sudah baik, risiko terjangkit virus corona pun menurun.

Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui secara pasti hal apa yang menyebabkan kamu stres dan jadi tidak nafsu makan. Lalu, kamu bisa terapkan berbagai kiat- kiat berikut ini.

 

5 Tips Atasi Nafsu Makan yang Menurun Akibat Stres

Stres Selama Pandemi Hilangkan Nafsu Makan? Begini 5 Cara Mengatasinya!

Stres Selama Pandemi Hilangkan Nafsu Makan? Begini 5 Cara Mengatasinya! / Credit: promises.com

Buat Jadwal Makan

Bagi kamu yang mengalami stres, mengembalikan nafsu makan memang terkadang sulit dilakukan. Untuk itu, buatlah jadwal makan atau mengatur alarm sebagai pengingat waktu untuk makan.

Lalu, mulai konsumsi makan yang kamu sukai atau dapat ditoleransi dan jangan lupa untuk minum air putih secara teratur agar tidak dehidrasi.

Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Dalam memilih makanan, pilih yang bisa kamu nikmati dan dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Saat stres, kadang hilangnya nafsu makan dapat dibarengi dengan rasa mual ketika mengonsumsi makanan.

Jika tiba-tiba kamu menginginkan makanan tertentu, usahakan untuk menuruti keinginan kamu itu ya. Bisa saja itu yang diperlukan tubuhmu untuk mengurangi rasa stres. Karena, makanan bisa membuat mood kembali baik.

Momen Makan yang Menyenangkan

Lingkungan memang cukup penting untuk mendukung nafsu makan. Untuk mengembalikan nafsu makanmu, coba makan bersama orang- orang terdekat, seperti keluarga, pasangan, atau teman,

Meskipun hanya melalui video call saja, tapi kamu masih bisa menyantap makanan bersama orang- orang terdekat. Cara ini dapat mengembalikan rasa positif, sehingga sedikit demi sedikit nafsu makan akan kembali.

Stres Selama Pandemi Hilangkan Nafsu Makan? Begini 5 Cara Mengatasinya!

Stres Selama Pandemi Hilangkan Nafsu Makan? Begini 5 Cara Mengatasinya! / Credit: momjunction.com

Selalu Bersyukur

Bersyukur ternyata memiliki peran penting dalam mengurangi stres, terutama yang berdampak pada menurunnya nafsu makan. Saat kamu stres, cobalah untuk tetap bersyukur, sehingga pikiranmu jadi lebih positif.

Terapi

Kiat yang satu ini penting dijalani agar kamu dapat memperoleh berbagai dukungan, selain dari keluarga, maupun teman dekat. Dengan dukungan terapis atau psikolog, kamu bisa belajar berbagai kemampuan baru untuk membantumu menghadapi stres.

Dengan begitu, pola hidup, termasuk makan, tidur, dan berbagai kegiatan sehari- hari dapat kembali normal.

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang sudah tahu ya bagaimana kiat- kiat untuk mengatasi tidak nafsu makan karena stres. Jika kamu sedang mengalami kondisi ini, kamu bisa lho menerapkan tips- tips tersebut untuk mengembalikan nafsu makan kamu. Selamat mencoba!

 

Featured Image - 1health.id

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!