5 Manfaat Positif Bacakan Cerita Dongeng Anak Sejak Dini

5 Manfaat Positif Bacakan Cerita Dongeng Anak Sejak Dini

Membacakan dongeng anak memang salah satu aktivitas klasik yang dilakukan oleh orang tua. Apakah kamu juga melakukan hal ini untuk si kecil? Ternyata membacakan dongeng anak ke si kecil bisa memberikan dampak positif untuk mereka, lho.

Terlebih untuk sekarang ini, membacakan cerita atau dongeng anak untuk si kecil sudah semakin mudah. Tidak perlu buku cerita fisik karena sekarang ada aplikasi khusus untuk si kecil yang sudah dipenuhi oleh banyak dongeng anak yang seru.

Aplikasi tersebut bahkan bisa kamu unduh dari gawai atau smartphone kamu sehingga lebih mudah dan praktis. Terlepas dari bagaimana caranya kamu membacakan dongeng anak kepada si kecil, kamu mesti tahu nih sebenarnya manfaat-manfaat dari aktivitas tersebut.

Penasaran ada manfaat apa saja untuk si kecil ketika kamu membacakan dongeng anak untuknya? Sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

5 Manfaat Membacakan Dongeng Anak untuk si Kecil

 

5 Manfaat Positif Bacakan Cerita Dongeng Anak Sejak Dini

5 Manfaat Positif Bacakan Cerita Dongeng Anak Sejak Dini. credit image: huffingtonpost.co.uk

 

Membuat Imajinasinya Berkembang Baik

Percaya atau tidak – ketika kamu mulai menceritakan dongeng anak kepada si kecil baik dari buku cerita atau aplikasi yang tersedia, si kecil juga mulai membiarkan imajinasinya menari-nari dengan bebas, lho. Segala cerita yang kamu ceritakan, dijadikan live action di dalam imajinasi si kecil.

Oleh karena itu, salah satu manfaat membacakan dongeng anak untuk si kecil adalah untuk mengasah imajinasinya, nih. Dalam tumbuh kembang anak – si kecil perlu melatih daya imajinasinya agar nalar dan pikirannya nanti juga terpacu. Jadi jangan ragu untuk meluangkan waktu biar bisa bacakan dongeng anak ya.

 

5 Manfaat Positif Bacakan Cerita Dongeng Anak Sejak Dini

5 Manfaat Positif Bacakan Cerita Dongeng Anak Sejak Dini. credit image: clevelandclinic.org

 

Membangkitkan Minat Baca

Untuk kamu yang menggunakan buku cerita fisik untuk membacakan dongeng anak buat si kecil – secara tidak langsung kamu sudah memicu minat baca kepada si kecil, lho. Hal ini terkait dengan rasa penasaran yang besar yang biasanya ada di dalam diri anak kecil.

Oleh karena itu, tidak perlu ragu menginvestasikan uang kamu untuk membelikan buku dongeng anak yang bagus agar si kecil bisa menikmati kualitas buku cerita atau buku dongeng yang bagus. Hal ini bisa menjadi awal si kecil suka baca buku lho nantinya.

 

Meningkatkan Daya Ingatnya

Selain bisa meningkatkan minat membaca buku sejak dini – membacakan cerita atau dongeng anak untuk si kecil bisa membantunya untuk meningkatkan daya ingat yang ada. Kamu jangan kaget kalau si kecil nanti lebih ingat dari kamu ketika kamu ada salah saat membacakan dongeng untuknya, lho.

Hal ini lagi-lagi didasari oleh rasa penasaran yang tinggi sehingga pada saat proses membaca dongeng anak, tidak ayal si kecil akan menanyakan hal-hal yang ia tidak tahu. Dari sini, proses meningkatnya daya ingat si kecil dimulai.

 

5 Manfaat Positif Bacakan Cerita Dongeng Anak Sejak Dini

5 Manfaat Positif Bacakan Cerita Dongeng Anak Sejak Dini. credit image: momjunction.com

 

Mengajarkan Kemampuan Berbahasa

Dalam buku cerita atau buku dongeng anak – tentu bahasa menjadi salah satu faktor utama menentukan berbagai hal positif yang bisa dirasakan oleh si kecil. Untuk itu, pastikan kamu mengetahui bahasa yang digunakan di buku dongeng anak tersebut sudah sesuai dengan usia si kecil.

Bahasa yang baik dalam buku cerita atau buku dongeng tersebut juga bisa meningkatkan kemampuan berbahasanya si kecil. Tutur kata yang positif bisa diikuti oleh si kecil sehingga penting sekali kamu memeriksa dulu kata-kata dan bahasa yang ada di buku tersebut sudah sesuai atau belum.

 

Menanamkan Nilai Hidup dan Etika

Budi pekerti yang baik adalah salah satu hal yang perlu ditanamkan di si kecil sejak dini. Hal ini menentukan bagaimana tumbuh kembangnya nanti. Oleh karena itu, membacakan dongeng anak kepadanya bisa menanamkan nilai hidup dan etika di dalam dirinya, lho.

Berbagai nilai kehidupan tentu secara tidak langsung tergambar dari cerita-cerita tersebut. Tugas kamu yang harus bisa mengkonversi cerita-cerita tersebut menjadi pengetahuan nilai-nilai kehidupan yang positif.

 

 

Terlepas dari lima manfaat dari membacakan dongeng anak untuk si kecil – pastikan juga si kecil mendapatkan manfaat dari multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang bagus untuk tumbuh kembang si kecil. Memiliki berbagai deretan manfaat, kamu bisa bantu si kecil punya daya tahan tubuh yang baik dengan memberikannya Enervon-C Plus Sirup.

Wah bagaimana nih? Dari berbagai hal yang sudah dijelaskan di atas – apakah kamu sudah paham semuanya? Jika iya, bisa kamu terapkan nih untuk kebiasaan membacakan dongeng anak untuk si kecil.

 

Feature Image – firstcry.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!