Deretan Cara Pakai Masker Secara Tepat dan Kesalahan yang Perlu Dihindari

Deretan Cara Pakai Masker Secara Tepat dan Kesalahan yang Perlu Dihindari

font size A Ǎ

Salah satu langkah pencegahan penularan Covid-19 yang efektif adalah menggunakan masker secara tepat. Pada dasarnya, masker dapat membantu mengatasi penyebaran virus dalam bentuk droplets yang dikeluarkan saat seseorang terinfeksi batuk atau bersin. Nah, masker inilah dapat mengurangi jumlah virus yang dikeluarkan, sekaligus melindungi orang di sekitar dari penularan virus.

Ditambah lagi sekarang penularan Covid-19 dapat terjadi melalui udara atau airborne. Tentu saja, penggunaan masker semakin penting untuk dilakukan. Namun sayangnya, meskipun sudah menggunakan masker, masih banyak kesalahan yang masih sering dilakukan oleh masyarakat.

Lalu, bagaimana cara menggunakan masker secara tepat? dan berbagai kesalahan apa yang sebaiknya dihindari? Berikut ini ulasannya.

Langkah Menggunakan Masker Secara Tepat

Deretan Cara Pakai Masker Secara Tepat dan Kesalahan yang Perlu Dihindari

Deretan Cara Pakai Masker Secara Tepat dan Kesalahan yang Perlu Dihindari / Credit: healthline.com

Masker harus digunakan secara tepat, karena cara menggunakan masker yang salah justru dapat mempermudah penyebaran virus. WHO menjelaskan bahwa masker dapat efektif jika dibarengi dengan kebiasaan mencuci tangan secara rutin, atau menggunakan hand sanitizer yang mengandung minimal 60 persen alkohol.

Selain itu, WHO juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan masker yang tepat. Berikut ini langkah- langkahnya:

  • Cuci tangan sebelum menggunakan masker.
  • Tutup mulut dan hidung dengan masker. Pastikan tidak ada celah antar wajah yang terekspos.
  • Hindari menyentuh bagian depan masker saat menggunakannya. Jika tak sengaja tersentuh, segera cuci tangan untuk membersihkan virus, bakteri, atau kuman yang mungkin menempel pada tangan.
  • Ganti masker jika sudah dirasa lembab. Direkomendasikan untuk mengganti masker setiap 4 jam sekali.

 

Cara Melepas Masker

Deretan Cara Pakai Masker Secara Tepat dan Kesalahan yang Perlu Dihindari

Deretan Cara Pakai Masker Secara Tepat dan Kesalahan yang Perlu Dihindari / Credit: health.kompas.com

Sama seperti saat menggunakan masker, cara melepasnya pun harus dilakukan dengan benar. Berikut ini cara yang tepat:

  • Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker.
  • Hindari menyentuh bagian depan masker. Lepaskan melalui ikatan pada telinga atau bagian belakang kepala.
  • Jika kamu menggunakan masker bedah, buang masker ke tempat sampah. Tapi, kalau kamu menggunakan masker kain, segera cuci ya.
  • Cuci kembali tangan dengan air dan sabun.

 

Kesalahan yang Perlu Dihindari

Deretan Cara Pakai Masker Secara Tepat dan Kesalahan yang Perlu Dihindari

Deretan Cara Pakai Masker Secara Tepat dan Kesalahan yang Perlu Dihindari / Credit: sehatq.com

Saat ini, masih banyak kesalahan yang sering dilakukan masyarakat. Kesalahan ini perlu segera dihentikan ya, agar efektivitas masker tidak menurun. Berikut ini berbagai kesalahan tersebut:

  • Langsung pakai. Masih banyak yang menggunakan masker, tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Jadi, pastikan tanganmu sudah bersih sebelum mengenakan masker ya.
  • Menyentuh bagian depan masker. Saat melepas masker, masih banyak lho yang menyentuh bagian depan masker terlebih dahulu. Hal ini justru berisiko membuat kuman menempel pada tangan.
  • Masker diturunkan ke bawah dagu dan leher. Melepas masker mungkin terkadang dirasa repot, jadi untuk lebih mudahnya banyak yang menurunkan masker ke bawah dagu atau leher. Padahal, cara ini sangat tidak disarankan, karena bagian dalam masker bisa saja terkontaminasi oleh virus atau kuman yang menempel pada dagu.
  • Hanya menutup bagian mulut. Masih banyak yang mengenakan masker hanya pada bagian mulut aja, sementara bagian hidung masih terbuka. Padahal, hidung merupakan salah satu jalan masuk berbagai kuman dan virus penyebab penyakit.
  • Disimpan sembarangan. Sebaiknya, lipat dan simpan masker dengan baik dalam wadah yang bersih.
  • Tidak mengganti masker. Masker yang sudah digunakan dalam waktu lama akan terasa lembab dan basah. Kondisi ini justru dapat jadi tempat berkembang baiknya kuman, lho. Jadi, sebaiknya ganti masker paling tidak 4 jam sekali ya.

 

Selain menggunakan masker, terapkan pula protokol kesehatan, seperti jaga jarak dan cuci tangan secara rutin. Serta terapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, minum air putih yang cukup, tidur selama 7-8 jam semalam, dan optimalkan dengan minum multivitamin secara rutin, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 gram, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Niasinamide, Kalsium Pantotenat. Berbagai multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sekaligus membantu proses metabolisme. Hal ini terkait dengan bantuan vitamin B kompleks untuk mengubah makanan jadi energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas. Jadi, kamu semakin berenergi dan lebih produktif!

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang sudah tahu ya bagaimana cara menggunakan dan melepas masker secara tepat, sekaligus berbagai kesalahan yang wajib kamu hindari. Berdasarkan penjelasan di atas, menggunakan masker secara tepat memang penting untuk melindungi kamu dari paparan virus.

 

Featured Image - science.thewire.in


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!