Indikasi Gejala Corona, Ini Suhu Tubuh Normal Manusia Berdasarkan Usianya

Indikasi Gejala Corona, Ini Suhu Tubuh Normal Manusia Berdasarkan Usianya

font size A Ǎ

Saat ini, ada sejumlah langkah antisipasi penularan virus corona di tempat umum, seperti mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan, termasuk menggunakan masker, jaga jarak, dan menggunakan hand sanitizer atau cuci tangan sebelum memasuki gedung.

Yang tak kalah penting, yaitu memeriksa suhu tubuh individu yang mengunjungi pusat perbelanjaan atau bandara. Dari suhu tubuh, dapat diketahui apakah kondisi tubuhnya sedang sehat atau kurang fit. Tapi, ada hal yang wajib diketahui nih, suhu tubuh normal masing- masing orang berbeda, lho. Hal ini tergantung dari usia, jenis kelamin, dan aktivitas hariannya.

Nah, untuk lebih lengkapnya berikut ini daftar suhu tubuh normal manusia berdasarkan faktor usia. Wajib kamu ketahui!

 

 

Suhu Tubuh Normal Berdasarkan Usia

Indikasi Gejala Corona, Ini Suhu Tubuh Normal Manusia Berdasarkan Usianya

Indikasi Gejala Corona, Ini Suhu Tubuh Normal Manusia Berdasarkan Usianya / Credit: gooddoctor.co.id

Suhu Tubuh Normal – Dewasa

Untuk orang dewasa, suhu tubuh normal biasanya berkisar antara 36,5 sampai 37,5 derajat celcius ya. Jika orang dewasa sudah menunjukkan angka 38 derajat celcius pada suhu tubuhnya, maka ini bisa dikategorikan demam.

Lalu, saat suhu tubuh sudah mencapai 39,5 derajat celcius, masuk ke dalam kategori demam tinggi. Dan suhu 41 derajat, termasuk demam sangat tinggi.

Suhu Tubuh Normal – Anak-Anak

Hampir mirip dengan suhu tubuh normal orang dewasa, anak- anak berumur 3-10 tahun biasanya memiliki suhu tubuh sekitar 35,5 hingga 37,5 derajat celcius. Dan jika suhu tubuh si kecil sudah melebihi batas normal, baru bisa dikatakan sebagai demam ya.

Suhu Tubuh Normal – Bayi

Normalnya, bayi berusia 0-2 tahun memiliki suhu tubuh sekitar 36,6 hingga 37 derajat celcius. Suhu tubuh ini bisa meningkat saat ia sedang tumbuh gigi.

Suhu tubuh bayi memang lebih tinggi dibanding orang dewasa. Apalagi, jika pengukuran suhu dilakukan melalui telinga atau ketika. Hal ini disebabkan karena bayi memiliki area permukaan tubuh yang lebih luas dibanding anak-anak atau orang dewasa.

Selain itu, tubuh bayi juga aktif secara metabolik, sehingga dapat menghasilkan panas yang lebih tinggi. Dan tubuh bayi juga tak banyak mengeluarkan keringat saat mulai hangat. Jadi, jangan heran ya kalau suhu tubuh normal bayi terbilang cukup tinggi.

Indikasi Gejala Corona, Ini Suhu Tubuh Normal Manusia Berdasarkan Usianya

Indikasi Gejala Corona, Ini Suhu Tubuh Normal Manusia Berdasarkan Usianya / Credit: alodokter.com

Suhu Tubuh Memang Berbeda- Beda Tergantung Usianya

Wajib kamu ingat ya, kalau suhu tubuh normal masing- masing orang bergantung pada usia, jenis kelamin, kesehatan, dan aktivitas fisik yang dilakukan. Selain itu, alat pengukur yang digunakan juga bisa memberikan hasil yang berbeda-beda, lho. Tergantung dari jenis alat pengukur dan bagian tubuh mana yang digunakan untuk memeriksa suhu tubuh.

Meski demikian, alat pengukur suhu tubuh juga seringkali kurang akurat. Mengapa begitu?

  • Bisa jadi termometer tidak digunakan pada bagian tubuh yang tepat.
  • Baterai termometer lemah.
  • Terlalu cepat mengangkat termometer dari tubuh.
  • Tidak mengikut petunjuk yang benar.
  • Mulut terbuka saat diukur suhu tubuhnya.
  • Pengambilan suhu 1 jam setelah olahraga atau mandi air hangat.
  • Dan, pengambilan suhu dilakukan 20 menit setelah mengonsumsi minuman panas atau dingin.

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya suhu tubuh normal berdasarkan faktor usia? Jangan lupa, untuk jaga kesehatan dan menghindarimu dari penularan virus, selalu terapkan protokol kesehatan dan terapkan hidup sehat serta bersih ya!

 

Featured Image - honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!