Zinc Juga Dapat Jaga Imunitas, Ini 7 Sumber Makanan Terbaiknya

Zinc Juga Dapat Jaga Imunitas, Ini 7 Sumber Makanan Terbaiknya

font size A Ǎ

Menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19 adalah hal yang wajib dilakukan. Tujuannya, agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dan kamu jadi tidak mudah terserang berbagai macam virus penyebab penyakit. Menjaga kekebalan tubuh pun bisa dilakukan secara beragam. Misalnya, menjalani pola hidup sehat, rutin mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, hingga mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc.

Zinc merupakan salah satu mineral yang penting untuk tubuh. Kandungan zinc pada sejumlah makanan juga penting lho, untuk meningkatkan imunitas, memperkuat indra penciuman, dan membangun protein serta membantu proses pelepasan enzim.

Untuk itu, coba mulai sekarang penuhi kebutuhan zinc harianmu dengan rutin mengonsumsi sejumlah makanan berikut ini!

 

 

7 Makanan Kaya Akan Zinc

Zinc Juga Dapat Jaga Imunitas, Ini 7 Sumber Makanan Terbaiknya

Zinc Juga Dapat Jaga Imunitas, Ini 7 Sumber Makanan Terbaiknya / Credit: yogurtinnutrition.com

Susu dan Olahannya

Susu merupakan minuman sehat yang mengandung nutrisi penting yaitu kalsium, protein, dan zinc. Dilansir dari Diet and Fitness Today, susu mengandung 0,38 mg zinc dalam setiap 100 gramnya.

Selain susu, kamu bisa mengonsumsi produk olahannya seperti yogurt dan keju untuk memenuhi kebutuhan zinc tubuh. Untuk produk susu bisa kamu konsumsi secara rutin dan cara mengolahnya pun mudah.

Telur

Dalam satu butir telur setidaknya mengandung 5% dari kebutuhan zinc harianmu. Selain zinc, telur juga kaya akan vitamin B, lemak omega-3, selenium, dan kandungan baik lainnya. Sejumlah nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuhmu.

Kamu bisa mengolah telur menjadi berbagai macam makanan lezat, seperti telur rebus, omelet, scramble eggs, hingga campuran makanan lainnya.

Kacang-Kacangan

Tak hanya bisa dijadikan camilan sehat bagi kamu yang sedang diet, beberapa jenis kacang juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti kacang mete, kacang tanah, dan kacang almond yang mengandung 15% kebutuhan zinc harianmu, dalam setiap 28 gramnya.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa jadikan sebagai camilan atau dijadikan campuran salad.

Zinc Juga Dapat Jaga Imunitas, Ini 7 Sumber Makanan Terbaiknya

Zinc Juga Dapat Jaga Imunitas, Ini 7 Sumber Makanan Terbaiknya / Credit: foodnetwork.com

Seafood

Hampir semua orang pasti suka dengan berbagai olahan seafood. Ternyata, makanan ini juga kaya akan zinc, terutama kerang, tiram, udang, dan king crab. Misalnya saja, 6 tiram berukuran sedang mengandung sebanyak 32 mg zinc dari kebutuhan harianmu.

Lalu, untuk 100 gram king crab mengandung 7,6 mg kebutuhan zinc harian. Kemudian, udang dan kerang mengandung 14% kebutuhan zinc harian kamu.

Jadi, tak hanya nikmat saja ya, tapi sejumlah seafood tersebut juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Dark Chocolate

Cokelat jenis ini bisa dijadikan sebagai camilan sehat yang baik dikonsumsi secara rutin. Bahkan, dalam setiap 100 gram dark chocolate, mengandung 3,3 mg zinc yang bisa membantu jaga daya tahan tubuh kamu.

Selain zinc, dark chocolate juga kaya akan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Tapi, sebaiknya konsumsi dark chocolate dalam porsi yang kecil saja ya, karena kandungan kalorinya terbilang cukup tinggi.

Biji-Bijian

Sejumlah jenis biji-bijian seperti biji labu, wijen, dan lain sebagainya baik untuk dikonsumsi karena kaya akan zinc. Untuk mengonsumsi biji labu, bisa kamu panggang atau rebus terlebih dahulu. Sedangkan, untuk biji wijen bisa dijadikan sebagai taburan makanan.

Daging

Daging memang sudah dikenal sebagai makanan tinggi zinc, termasuk daging ayam, sapi, dan kambing. Dalam 100 gram daging sapi mengandung 4,8 mg zinc, lho.

Selain zinc, daging juga mengandung protein, iron, dan creatine yang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Zinc Juga Dapat Jaga Imunitas, Ini 7 Sumber Makanan Terbaiknya

Zinc Juga Dapat Jaga Imunitas, Ini 7 Sumber Makanan Terbaiknya / Credit: bbc.com

 

Tingkatkan Imunitas Dengan Minum Enervon Active

Nah, selain sejumlah makanan yang kaya akan zinc seperti yang sudah disebutkan, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan zinc harian dengan minum Enervon Active setiap hari ya!

Sejumlah kandungan baik dalam Enervon Active, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc secara efektif dapat menjaga daya tahan tubuh, sekaligus mengoptimalkan proses metabolisme.

Kaitannya dengan proses metabolisme ini merupakan peran vitamin B kompleks yang membantu mengubah makanan menjadi energi untuk tubuh. Jadi, selain tetap sehat, kamu juga semakin produktif lho!

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang sudah tahu apa saja ya makanan yang kaya akan zinc. Berdasarkan penjelasan di atas, sebaiknya kamu rutin mengonsumsi sejumlah sumber makanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan zinc dan menjaga daya tahan tubuh.

 

Featured Image - indvstrvs.com

Source - detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!