Manajemen Waktu Kamu Berantakan? Ini Sejumlah Faktor Penyebabnya

Manajemen Waktu Kamu Berantakan? Ini Sejumlah Faktor Penyebabnya

font size A Ǎ

Seperti yang sudah diketahui, waktu adalah hal yang berharga. Kita tidak boleh menyia-nyiakan waktu, terutama dalam urusan pekerjaan dan kehidupan sehari- hari. Biar seimbang, kamu perlu menerapkan manajemen waktu yang baik, sehingga kamu tetap dapat menyelesaikan semua tugas dengan tepat waktu dan tetap bisa menikmati waktu bersama keluarga, teman- teman, hingga quality time untuk diri kamu sendiri.

Tapi, menerapkan manajemen waktu tak semudah membalikkan telapak tangan, lho. Ada berbagai hal yang seringkali dianggap sepele, namun justru dapat membuat manajemen waktu jadi berantakan.

Apa saja hal- hal tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

6 Faktor Penyebab Manajemen Waktu Berantakan

Manajemen Waktu Kamu Berantakan? Ini Sejumlah Faktor Penyebabnya

Manajemen Waktu Kamu Berantakan? Ini Sejumlah Faktor Penyebabnya / Credit: corporatefinanceinstitute.com

Tidak Menentukan Prioritas

Agar manajemen waktu bisa bisa berjalan dengan baik, tetapkan prioritas utamamu dengan tepat. kamu harus bisa menentukan hal apa saja yang harus dilakukan terlebih dahulu dan lain sebagainya.

Hindari menunda kewajiban dan malah mengerjakan hal yang kurang penting dahulu ya. Jika kamu melakukan ini, nanti kamu bisa kehabisan waktu untuk melakukan kegiatan penting. Dan akibatnya, jadwalmu jadi berantakan.

 

Kurang Fokus

Tidak semua orang bisa menerapkan metode multitasking, kalau kamu termasuk yang kurang mampu menerapkannya, sebaiknya hindari hal ini ya. Karena, nanti pekerjaanmu bisa berantakan, buang- buang waktu untuk memperbaikinya, dan kamu jadi kurang fokus.

Jadi, coba jaga fokus kamu pada satu pekerjaan yang penting dan singkirkan berbagai hal lain yang kurang penting.

 

Terlalu Banyak Mengambil Kewajiban

Manajemen waktu juga bisa berantakan kalau kamu memaksakan diri untuk mengambil banyak kewajiban, misalnya meng-iyakan semua pekerjaan, padahal masih banyak yang belum selesai.

Hal ini justru membuatmu tak memiliki waktu untuk mengerjakan tugas yang lebih penting. Jadi, lebih baik melakukan satu kegiatan dengan baik, daripada dua kegiatan tapi berentakan ya.

 

Kurang Memperhatikan Kesehatan

Kalau kamu ngga bisa menjaga kesehatan, manajemen waktu juga bisa berantakan, lho! Kenapa? Karena, kalau kamu sakit, sebagian besar kegiatanmu pasti akan terbengkalai.

Usahakn untuk selalu beristirahat di sela- sela kesibukan ya, makan yang teratur, dan rutin olahraga. Selain itu, kamu bisa minum multivitamin Enervon Active secara rutin, lho! Kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, dan zinc nya dapat bantu jaga daya tahan tubuh dan membuatmu tetap berenergi meski kegiatanmu sedang padat.

Manajemen Waktu Kamu Berantakan? Ini Sejumlah Faktor Penyebabnya

Manajemen Waktu Kamu Berantakan? Ini Sejumlah Faktor Penyebabnya / Credit: ccl.org

 

Tidak Bisa Menolak Ajakan

Terkadang ada saja gangguan dari luar yang bisa membuat jadwal kamu berantakan. Misalnya, diajak untuk pergi bareng teman, padahal kamu sudah memiliki jadwal untuk belajar di rumah.

Di situasi seperti ini, kamu butuh keberanian untuk menolak ya. Karena, jika kamu tidak berani menolak dan akhirnya meng-iyakan ajakan tersebut, yang ada rencanamu jadi gagal!

 

Tidak Merapihkan Tempat Tinggal

Manajemen waktu juga bisa berantakan lho kalau kamu tidak merapihkan tempat tinggalmu. Mengapa demikian?

Karena, ketika kamu ingin mengerjakan sesuatu dan membutuhkan barang tertentu yang dibutuhkan, kamu tak bisa menemukannya karena rumah atau kamarmu yang terlalu berantakan. Akibatnya, waktu bisa habis hanya untuk mencari barang tersebut! Jadi, coba rutin merapihkan tempat tinggalmu secara rutin ya.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan sejumlah penjelasan di atas, agar manajemen waktumu dapat berjalan dengan baik, coba untuk menghindari keenam hal tersebut. Selamat mencoba!

 

Featured Image - businessknowhow.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!