5 Tips Tetap Aman Saat Road Trip di Tengah Pandemi Covid-19

5 Tips Tetap Aman Saat Road Trip di Tengah Pandemi Covid-19

font size A Ǎ

Travel di era new normal untuk sebagian kalangan memang masih diragukan. Tapi buat kamu yang sudah rindu sekali untuk melakukan perjalanan, ada tipe traveling yang direkomendasikan untuk kamu nih, yaitu Road Trip. Tenang, ada tips-tips untuk road trip aman di tengah pandemi virus corona, lho.

Beberapa waktu lalu, saat banyak kawasan melakukan pembatasan sosial atau dikenal juga dengan istilah PSBB, keluar rumah menjadi tantangan tersendiri bagi hampir semua kalangan. Bagaimana mana tidak, banyak orang yang takut terinfeksi virus berbahaya ini.

Terlebih beberapa waktu lalu juga, WHO dan lembaga kesehatan terkait lainnya mengumumkan kalau virus corona bisa bertahan di udara selama beberapa waktu. Alhasil banyak kalangan yang semakin khawatir untuk melakukan aktivitas lagi di luar rumah.

Namun, salah satu dampak pembatasan tersebut adalah melemahnya perekonomian banyak kalangan. Oleh karena itu, di era new normal ini – banyak yang akhirnya melanjutkan menggerakan roda perekonomiannya dengan melanjutkan rutinitas.

 

 

Hal tersebut pun termasuk dengan syarat yang sudah ditentukan oleh berbagai pihak terkait. Siapapun yang ingin melakukan aktivitas rutinnya lagi di luar rumah, wajib menerapkan protokol kesehatan. Berbagai poin di protokol kesehatan dinilai menjadi cara pencegahan yang efektif untuk terhindar dari paparan virus corona.

Termasuk untuk aktivitas traveling. Disinyalir, ‘harga’ untuk melakukan traveling diprediksikan naik sehingga aktivitas ini akan terbilang cukup mahal untuk dilakukan. Tapi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika kamu rindu sekali dengan jalan-jalan, kamu bisa melakukan road trip.

Apakah road trip menjadi tipe traveling yang aman? Jika melakukan berbagai tips di bawah ini, kamu bisa tetap terhindar dari paparan virus berbahaya itu. Namun, perlu diingat juga kalau aktivitas ini memang mempunyai resiko dan potensi tersendiri terkait infeksi virus tersebut.

Road trip dinyatakan lebih aman ketimbang kamu mesti traveling menggunakan transportasi umum seperti kereta atau pesawat terbang. Dilansir dari situs holamigo, berikut 5 tips aman saat melakukan road trip walau di tengah pandemi Covid-19.

 

5 Tips Aman Ketika Road Trip

Di Tengah Pandemi Covid-19

 

5 Tips Tetap Aman Saat Road Trip di Tengah Pandemi Covid-19

5 Tips Tetap Aman Saat Road Trip di Tengah Pandemi Covid-19. credit image: cnnindonesia.com

Pertimbangkan Segala Resikonya

Tips pertama sebelum kamu berangkat menjalani road trip – ada satu langkah di mana kamu sudah benar-benar mesti memperhitungkannya dan memahaminya dengan baik. Seperti yang sudah sempat disebutkan di atas, pergi ke luar rumah atau traveling ke sebuah tempat tentu memiliki resiko tersendiri terkait infeksi virus corona.

Oleh karena itu, kamu mesti mempertimbangkan segala resiko yang ada. Pertimbangan ini termasuk saat memilih daerah atau kawasan mana saja yang mau dikunjungi. Kamu bisa mencari tahu apakah target destinasi kamu berada di zona aman, atau bahkan zona merah dan zona hitam.

Jika memang target destinasi kamu ternyata masih berada di dalam zona merah atau bahkan zona hitam, ada baiknya kamu mempersiapkan alternatif destinasi lain untuk dikunjungi.

 

5 Tips Tetap Aman Saat Road Trip di Tengah Pandemi Covid-19

5 Tips Tetap Aman Saat Road Trip di Tengah Pandemi Covid-19. credit image: freepik.com

Menyiapkan Berbagai Peralatan Kesehatan

Walau kamu akan berada di dalam mobil untuk beberapa waktu saat menjalani road trip – kamu tidak bisa menyepelekan segala peralatan kesehatan yang mesti kamu miliki dan bawa. Lebih baik kamu persiapkan dari awal berbagai perlengkapan itu.

Sebut saja masker (tentu jumlah yang kamu bawa bisa disesuaikan dengan jumlah orang yang ikut road trip dan berapa lama kamu akan melakukan perjalanan tersebut), hand sanitizer, face shield, sarung tangan, cairan disinfektan dan lainnya.

Berbagai peralatan kelengkapan itu mesti kamu bawa ke manapun kamu pergi. Ingat, mencegah sangat lebih baik daripada nanti mengobati.

 

Pastikan Peserta Road Trip Tidak ada yang Sakit

Jika seluruh perlengkapan sudah siap berada di dalam mobil, kini tips selanjutnya yang bisa kamu pastikan adalah tidak ada peserta road trip yang ikut dalam perjalanan dengan keadaan tidak fit bahkan sakit. Jika ada, pastikan ia tidak ikut dalam perjalanan kamu.

Hal ini mengacu kepada pengetahuan di mana virus corona akan semakin mudah untuk menginfeksi seseorang yang sedang sakit, tidak fit – atau daya tahan tubuhnya yang sedang lemah. Untuk itu, walau kamu tidak sakit – kamu perlu sesuatu hal yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh atau sistem imun kamu tetap kuat.

 

5 Tips Tetap Aman Saat Road Trip di Tengah Pandemi Covid-19

5 Tips Tetap Aman Saat Road Trip di Tengah Pandemi Covid-19. credit image: enervon.co.id

Salah satu yang direkomendasikan adalah mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C yang siap bantu jaga daya tahan tubuh kamu terus optimal sehingga tidak gampang sakit. Mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh, Enervon-C bisa kamu andalkan.

Untuk kamu yang akan melakukan perjalanan Enervon-C juga hadir dalam bentuk effervescent. Cocok sekali untuk kamu minum dengan air dingin dan tentunya akan dengan cepat menyegarkan tubuh kamu. Enervon-C bisa bantu jaga daya tahan tubuh kamu biar tidak mudah sakit.

 

Eliminasi Tempat-Tempat Untuk Mampir

Untuk mengisi bahan bakar kendaraan, tentu kamu harus mampir ke pom bensin. Namun cukup mampir ke sana saja dan tidak mampir ke tempat-tempat lainnya ya. Memang sih mengasyikan, tapi kamu perlu mengeliminasi kebiasaan ini terkait dengan pandemi virus corona ini.

Jika kamu merasa lapar atau haus – lebih baik kamu sudah persiapkan bekal untuk perjalanan sehingga kamu bisa makan dan minum di dalam mobil saja.

 

Waspada Di Fasilitas Umum

Seperti yang tadi sudah dijelaskan – mampir ke pom bensin boleh-boleh saja. Namun namanya fasilitas umum di tengah pandemi seperti ini, tidak salah kalau kamu tetap waspada di sana. Seperti terus menggunakan masker, saling menjaga jarak dan pastikan kamu tidak mudah sentuh permukaan barang yang ada di fasilitas umum tersebut.

Jika iya, kamu mesti membawa hand sanitizer untuk memastikan tangan kamu tetap bersih dan ingat jangan mudah menyentuh bagian muka ketika kamu tahu tangan kamu belum bersih.

 

 

Jadi bagaimana nih? Dari deretan tips untuk road trip di tengah pandemi Covid-19 ini – apakah kamu sudah paham semuanya? Jika iya, bisa kamu terapkan dengan baik dan benar ya!

 

Feature Image – telegraph.co.uk


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!