Hidup Berubah Sejak Pandemi, Ini 5 Kebiasaan Baru yang Sering Dilakukan

Hidup Berubah Sejak Pandemi, Ini 5 Kebiasaan Baru yang Sering Dilakukan

font size A Ǎ

Ada gradasi perubahan yang dirasa cukup signifikan terkait pandemi virus corona yang berkepanjangan ini. Walau sudah masuk di era atau fase new normal perubahan ini semakin kental terasa. Yang jelas banyak kalangan yang semakin sadar kalau kesehatan dan kebersihan adalah hal yang utama.

Kegiatan bersih-bersih, baik dimulai dari diri sendiri, keluarga sampai lingkungan rumah, terlihat kerap dilakukan oleh banyak kalangan. Kegiatan ini mereka lakukan karena terkait dengan cara-cara pencegahan paparan virus corona.

Berbagai poin di protokol kesehatan ditaati dan diterapkan dengan baik guna menghindarkan diri mereka dari paparan virus berbahaya tersebut. Mau tidak mau, banyak kalangan yang mesti keluar rumah untuk menggerakan roda perekonomiannya lagi, setelah sempat beku sesaat karena pembatasan sosial yang diterapkan di hampir seluruh kawasan.

 

 

Berdasarkan dari hal-hal tersebut, seperti yang dilansir dari situs detik.com dan insider, setidaknya ada 5 kebiasaan sehari-hari yang perubahannya sangat terasa karena pandemi virus corona. Penasaran apa saja perubahan tersebut? Sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

5 Perubahan Signifikan di Kehidupan Sehari-hari

Karena Pandemi Virus Corona

 

Hidup Berubah Sejak Pandemi, Ini 5 Kebiasaan Baru yang Sering Dilakukan

Hidup Berubah Sejak Pandemi, Ini 5 Kebiasaan Baru yang Sering Dilakukan. credit image: kompas.com

Tidak Lagi Berjabat Tangan

Dahulu, sebelum pandemi ini berlangsung, berjabat tangan adalah sebuah etika yang baik dilakukan di seluruh level pergaulan. Mulai dari pergaulan pertemanan, sampai ke bisnis perkantoran – jabat tangan merupakan simbol persetujuan untuk bekerja sama.

Namun, karena pandemi virus corona yang masih berkepanjangan ini dan fase new normal yang sekarang sedang dijalani – jabat tangan menjadi hal yang tidak perlu dilakukan. Banyak orang yang akhirnya memilih untuk tidak melakukannya lagi.

Hal ini diperjelas oleh Dr. Anthony Fauci, seorang pakar imunologi dari Amerika Serikat – menyatakan kalau berjabat tangan adalah salah satu kebiasaan yang bisa meningkatkan risiko penularan virus corona pada seseorang.

Oleh karena itu, banyak hal yang dilakukan untuk mengganti jabat tangan ini. Sebut saja seperti salam Namaste, atau salam siku.

 

Hidup Berubah Sejak Pandemi, Ini 5 Kebiasaan Baru yang Sering Dilakukan

Hidup Berubah Sejak Pandemi, Ini 5 Kebiasaan Baru yang Sering Dilakukan. credit image: kompas.com

Mengutamakan Kebersihan Tangan

Semenjak berbagai pihak yang terkait seperti WHO dan lembaga kesehatan lainnya mengumumkan kalau tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang mudah untuk menularkan virus corona, banyak orang yang sadar sekarang ini soal kebersihan tangannya.

Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun menjadi hal utama yang mesti dilakukan hampir di setiap tempat. Bahkan, untuk datang ke kedai kopi langganan, atau restoran favorit kamu di fase new normal ini – kamu bisa dengan mudah menemukan fasilitas untuk cuci tangan.

Hal ini tentu untuk mempermudah kebiasaan baru ini diterapkan. Lagipula, menjaga kebersihan tangan memang baik untuk kesehatan kamu. Bahkan, untuk kebersihan di tingkat selanjutnya – banyak kalangan yang juga mempersiapkan hand sanitizer untuk meyakinkan diri mereka agar tangan selalu bersih.

 

Peralihan Transaksi Fisik ke Virtual

Hal ini memang bukan hal baru. Namun sebelumnya, peralihan transaksi fisik atau menggunakan uang tunai ke transaksi virtual hanya dilakukan oleh beberapa kalangan yang memang mempunyai fasilitasnya.

Namun di fase new normal ini, terlihat hampir semua kalangan sekarang ini beralih ke transaksi virtual yang dinilai lebih aman. Hal ini mengacu ke uang tunai atau uang fisik di mana dikhawatirkan sudah dipegang oleh banyak orang yang tidak diketahui apakah ia mempunyai virus corona atau tidak.

Untuk menghindari hal tersebut, maka banyak kalangan yang sekarang beralih ke transaksi secara virtual.

 

Hidup Berubah Sejak Pandemi, Ini 5 Kebiasaan Baru yang Sering Dilakukan

Hidup Berubah Sejak Pandemi, Ini 5 Kebiasaan Baru yang Sering Dilakukan. credit image: alodokter.com

Tidak Lagi Berbagai Botol Minuman

Hal ini adalah hal yang lumrah dan biasa saja untuk dilakukan. Namun setelah pandemi virus corona yang berkepanjangan ini, tidak heran kalau berbagai botol minuman tidak lagi dilakukan. Hal ini tentu terkait dengan salah satu cara pencegahan terpapar virus tersebut.

Banyak kasus penularan yang terjadi mengatakan kalau kasus tersebut disebabkan oleh sesuatu hal yang digunakan beramai-ramai. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan segala peralatan untuk diri kamu sendiri ya.

 

Memilih Untuk di Rumah Dulu Sementara

Walau tetap ada yang melakukan perjalanan atau traveling – namun sepertinya sebagian besar kalangan menyatakan untuk memilih di rumah dulu sementara ketika tidak ada urgensi untuk keluar rumah. Hal ini menurut mereka adalah salah satu langkah yang cukup efektif untuk menghindarkan mereka dari paparan virus corona.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari kelima hal di atas – apakah kamu juga sudah melakukannya semua? Berbagai hal di atas memang perlu dilakukan sebagai langkah menghindarkan kamu dari kemungkinan atau potensi dan risiko terpapar virus corona.

 

Feature Image – alodokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!